Pages

Senin, 25 Agustus 2025

 

Hari/Tanggal : SENIN, 28 Agustus 2025

Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan

MATERI AJAR : PANCASILA DAN BAHASA INDONESIA


 MAPEL P PANCASILA


ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :

Pendidikan Pancasila
Murid mampu memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

 TUJUAN PEMBELAJARAN :

Peserta didik dapat memahami makna dan nilai-nilai Pancasila serta proses perumusannya

sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan ideologi Negara. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
Murid memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang MaHA Esa.


Latihan Soal!

  1. Siapa yang memimpin sidang perumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945?
    a. Soekarno
    b. Mohammad Hatta
    c. Soepomo
    d. Ki Hajar Dewantara

  2. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh siapa?
    a. Soekarno
    b. Mohammad Yamin
    c. Soepomo
    d. Ki Hajar Dewantara

  3. Apa tujuan dari perumusan Pancasila?
    a. Untuk membuat undang-undang baru
    b. Untuk menjadi dasar negara Indonesia
    c. Untuk membuat sekolah baru
    d. Untuk memilih presiden

  4. Berikut ini adalah sila pertama Pancasila, yaitu…
    a. Kemanusiaan yang adil dan beradab
    b. Ketuhanan yang Maha Esa
    c. Persatuan Indonesia
    d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan

  5. Sila kedua Pancasila adalah "Kemanusiaan yang adil dan beradab". Maknanya adalah...
    a. Menolong sesama dengan adil dan sopan
    b. Selalu menang sendiri
    c. Tidak peduli dengan orang lain
    d. Hanya mementingkan diri sendiri

  6. Apa arti sila ketiga Pancasila, "Persatuan Indonesia"?
    a. Saling bekerja sama dan menjaga persatuan bangsa
    b. Selalu bertengkar dengan teman
    c. Mengabaikan teman-teman
    d. Hidup sendiri tanpa teman

  7. Sila keempat Pancasila adalah "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan". Maknanya...
    a. Membuat keputusan bersama dengan bijaksana
    b. Tidak mau mendengarkan pendapat orang lain
    c. Mengambil keputusan sendiri tanpa musyawarah
    d. Menang sendiri tanpa memperhatikan teman

  8. Contoh penerapan sila kedua "Kemanusiaan yang adil dan beradab" adalah...
    a. Membantu teman yang sedang kesulitan
    b. Memukul teman yang berbeda pendapat
    c. Mengabaikan orang yang membutuhkan bantuan
    d. Suka membuli teman di sekolah

  9. Apa contoh penerapan sila ketiga "Persatuan Indonesia"?
    a. Bermain bersama teman dari berbagai suku dan agama
    b. Menolak bermain dengan teman yang berbeda suku
    c. Membuat kelompok sendiri tanpa mengajak orang lain
    d. Saling bertengkar dengan teman

  10. Bagaimana cara menerapkan sila pertama "Ketuhanan yang Maha Esa" dalam kehidupan sehari-hari?
    a. Selalu berdoa dan menghormati agama orang lain
    b. Tidak pernah berdoa sama sekali
    c. Mengganggu orang yang sedang beribadah
    d. Melupakan agama dan kepercayaan

BAHASA INDONESIA

ELEMEN: MENYIMAK

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid dapat mengidentifikasi ide pokok (gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar)

MATERI AJAR : KALIMAT TRANSITIF DAN INTRANSITIF

Kalimat transitif memerlukan objek, sedangkan kalimat intransitif tidak memerlukan objek. 

SIMAK VIDIO DIBAWAH INI :




Kalimat Transitif:

  • Membutuhkan objek: Kata kerja dalam kalimat transitif membutuhkan objek untuk melengkapi maknanya, contoh: "Ibu membeli apel". 
  • Dapat diubah menjadi kalimat pasif: Karena adanya objek, kalimat transitif bisa diubah menjadi kalimat pasif, contoh: "Apel dibeli ibu". 
  • Contoh: "Ayah membaca koran," "Kakak menulis surat". 

Kalimat Intransitif:
Tidak membutuhkan objek: Kata kerja dalam kalimat intransitif tidak memerlukan objek untuk melengkapi makna, contoh: "Kucing tidur". 

Tidak dapat diubah menjadi kalimat pasif: Karena tidak ada objek, kalimat intransitif tidak bisa diubah menjadi kalimat pasif, contoh: "Tidur dikucing" (tidak baku). 

Contoh: "Adik menangis," "Anak-anak berlarian". 

Perbedaan dalam Struktur Kalimat:
  • Kalimat Transitif:
    Biasanya berpola S-P-O (Subjek-Predikat-Objek) atau bisa juga S-P-O-K (Subjek-Predikat-Objek-Keterangan). 

  • Kalimat Intransitif:
  • Bisa berpola S-P (Subjek-Predikat) atau S-P-K (Subjek-Predikat-Keterangan), contoh: "Adik tidur nyenyak". 

  • Contoh Perbedaan dalam Kalimat:
  • Kalimat Transitif

    Kalimat Intransitif

    Ibu memasak nasi (Objek: nasi)

    Ibu memasak (tanpa objek)

    Kakak menyiram bunga (Objek: bunga)

    Kakak tertidur (tanpa objek)

    Mereka bermain bola (Objek: bola)

    Mereka tertawa (tanpa objek)



LATIHAN SOAL
1. Manakah yang termasuk kalimat transitif?
A. Dia tidur di kamar.
B. Ibu memasak nasi.
C. Anak-anak bermain di taman.
D. Burung terbang di langit.
Jawaban: B
2. Manakah yang termasuk kalimat intransitif?
A. Ayah membaca koran.
B. Kakak menyiram tanaman.
C. Rani berjalan kaki.
D. Adik menulis surat.
Jawaban: C
3. Dalam kalimat “Dia mendengarkan musik,” kata “mendengarkan” termasuk kalimat apa?
A. Transitif
B. Intransitif
C. Induktif
D. Deduktif
Jawaban: A
4. Pilih kalimat intransitif di bawah ini:
A. Ibu menyiapkan makan malam.
B. Rina melukis gambar.
C. Dia memasukkan kunci ke dalam saku.

KESIMPULAN:

Alhamdulillah soleh soleha sudah mempelajari nilai nilai pancasila butir kedua, guru memberikan vidio pembelajaran
Contoh nilai nilai pancasila dan dari 19 siswa yang masuk 2 orang masih belum paham dalam memahami nilai pancasila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Hari/Tanggal : Selasa, 26 Agustus 2025 Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan MATERI AJAR : PAN...