Hari/Tanggal : Kamis, 14 Agustus 2025
Mata Pelajaran : IPAS & Matematika
Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan, Project based learning
MATERI IPAS
GURU DAN MURID AKAN MELAKUKAN PERCOBAAN TENTANG ENERGI PANAS MENJADI ENERGI GERAK
Capaian Pembelajaran IPAS :Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Tujuan pembelajaran : murid dapat memahami perubahan energi dalam ehidupan sehari-hari
perhatian vidio ini
Alat dan Bahan
- Lilin
- Korek
api
- Kertas
karton atau HVS
- Gunting
- Benang
- Pensil
- Penggaris
. Kegiatan Inti (50 menit)
- Eksplorasi
(20 menit):
- Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
- Guru
membagikan alat dan bahan kepada setiap kelompok.
- Guru
menjelaskan langkah-langkah pembuatan spiral dari kertas.
- Gambarlah
spiral pada kertas.
- Guntinglah
kertas mengikuti pola spiral yang telah dibuat.
- Buatlah
lubang kecil di bagian tengah spiral dan ikat dengan benang.
- Eksperimen
(20 menit):
- Guru
mendemonstrasikan cara meletakkan kertas spiral di atas lilin yang
menyala.
- Guru
memastikan siswa melakukan percobaan dengan hati-hati.
- Setiap
kelompok diminta untuk meletakkan kertas spiral yang telah dibuat di atas
lilin yang menyala (sekitar 5-10 cm di atas api).
- Siswa
diminta mengamati apa yang terjadi pada kertas spiral.
- Diskusi
dan Analisis (10 menit):
- Guru
membimbing siswa untuk mendiskusikan hasil pengamatan.
- Guru
mengajukan pertanyaan pancingan, "Mengapa kertas spiral bisa
berputar?"
- Guru menjelaskan bahwa panas dari lilin memanaskan udara di sekitarnya. Udara yang panas menjadi lebih ringan dan bergerak ke atas, mendorong kertas spiral sehingga berputar. Ini adalah contoh perubahan energi panas menjadi energi gerak
- MATEMATIKA
MATEMATIKA
Alur Tujuan Pembelajaran
- Melalui benda konkret peserta didik dapat menyatakan hasil dengan uang ribuan sebagai satuan dengan benar.
Tujuan Pembelajaran
- Murid mampu Melalui benda konkret peserta didik dapat menyatakan hasil dengan uang ribuan sebagai satuan dengan benar.
Materi :
Mengenal dan Menggunakan Uang Ribuan sebagai Satuan dengan Benda Konkret
Peserta didik dapat menyatakan hasil penghitungan dengan uang pecahan ribuan (misalnya Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000) sebagai satuan dengan tepat menggunakan benda konkret.
Penjelasan:
Benda konkret adalah benda nyata yang dapat dilihat dan disentuh, misalnya uang mainan atau kertas yang dibuat menyerupai uang.
Dengan menggunakan benda konkret, siswa dapat lebih mudah memahami nilai uang ribuan dan bagaimana menghitungnya.
Menyatakan Hasil dengan Uang sebagai Satuan
A. Pengertian
Uang sebagai satuan berarti kita menggunakan uang untuk mengukur atau menyatakan jumlah nilai suatu barang atau hasil penghitungan.
Misalnya, jika kita membeli 3 permen dengan harga Rp 1.000 per permen, total yang harus dibayar adalah 3 × Rp 1.000 = Rp 3.000.
Jadi, uang digunakan sebagai satuan untuk menyatakan hasil perhitungan.
B. Pecahan Uang Ribuan
Uang ribuan terdiri dari pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, dan seterusnya.
Kita dapat menggunakan pecahan ini untuk menghitung jumlah uang total dengan cara mengalikan jumlah lembar uang dengan nilai pecahannya.
C. Cara Menyatakan Hasil dengan Uang sebagai Satuan
Tentukan harga satuan barang (misalnya Rp 1.000 per buah).
Hitung jumlah barang yang dibeli.
Kalikan jumlah barang dengan harga satuan.
Nyatakan hasilnya dalam bentuk uang (contoh: Rp 5.000).
D. Contoh Soal dan Penyelesaian
Jika 5 pensil masing-masing berharga Rp 2.000, berapa total uang yang harus dibayar?
Jawab: 5 × Rp 2.000 = Rp 10.000Ani membeli 3 buku seharga Rp 7.000 per buku. Berapa uang yang harus Ani siapkan?
Jawab: 3 × Rp 7.000 = Rp 21.000
E. Kegiatan Praktik dengan Benda Konkret
Gunakan uang mainan pecahan ribuan untuk menghitung total uang yang diperlukan dalam membeli beberapa barang.
Contoh: Siswa diberi 4 lembar uang Rp 1.000 dan diminta menghitung totalnya: 4 × Rp 1.000 = Rp 4.000.
Pengenalan Uang RibuanTunjukkan uang mainan: Perlihatkan berbagai uang kertas ribuan kepada siswa, dimulai dari yang terkecil hingga terbesar. Contohnya, tunjukkan uang Rp1.000, lalu Rp2.000, Rp5.000, dan Rp10.000.
Jelaskan nilai nominal: Jelaskan bahwa setiap lembar uang memiliki nilai yang berbeda. Misalnya, "Ini adalah uang seribu rupiah. Nilainya satu, tapi dibaca seribu."
Latihan berhitung: Ajak siswa menghitung uang ribuan. "Jika kita punya dua lembar uang seribu rupiah, berapa totalnya?"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar