Hari/Tanggal : jumat, 22 Agustus 2025
Mata Pelajaran : IPAS
Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan
MATERI IPAS
ULANGAN HARIAN 1
Capaian Pembelajaran IPAS :Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Tujuan pembelajaran : murid dapat memahami perubahan energi dalam ehidupan sehari-hari
perhatian vidio ini
- Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Ada berbagai bentuk energi, seperti energi cahaya, panas, bunyi, listrik, gerak, dan kimia.
- Ini adalah proses perubahan suatu energi menjadi bentuk energi lain.
- Energi listrik menjadi energi panas: Setrika, oven, hair dryer.
- Energi listrik menjadi energi gerak: Kipas angin, blender.
- Energi listrik menjadi energi cahaya: Lampu, proyektor.
- Energi listrik menjadi energi bunyi: Radio, bel sekolah, speaker.
- Energi matahari (cahaya) menjadi energi kimia: Fotosintesis pada tumbuhan.
- Energi matahari (cahaya) menjadi energi listrik: Panel surya.
- Energi gerak menjadi energi bunyi: Alat musik (gitar, drum), bel sekolah.
- Energi gerak menjadi energi listrik: Kincir angin, dinamo sepeda.
- Energi kimia menjadi energi gerak: Pembakaran bahan bakar pada kendaraan.
- Energi listrik menjadi energi panas: Setrika, oven, hair dryer.
- Matahari, air, angin, listrik, makanan, dan minyak bumi adalah contoh sumber energi.
- Memahami perubahan energi membantu siswa memahami bagaimana alat-alat di sekitar kita bekerja dan bagaimana kita memanfaatkan energi dalam kehidupan sehari-hari.
ULANGAN IPAS 1
1 . Siti mengamati
saat ibunya sedang menjemur pakaian. Pakaian yang basah lama-kelamaan menjadi
kering. Perubahan energi apa yang terjadi dalam proses tersebut?
A. Energi cahaya menjadi
energi gerak
B. Energi panas dari matahari mengubah air menjadi uap
C. Energi listrik mengeringkan pakaian
D. Energi gerak mengubah air menjadi es
2. Sekolah ingin
menggunakan alat yang ramah lingkungan untuk menghasilkan listrik dari sinar
matahari. Alat yang paling tepat digunakan adalah...
A.
Dinamo
B. Panel surya
C. Setrika listrik
D. Kompor listrik
3.
Di bawah ini,
manakah alat yang paling efisien untuk mengubah energi matahari menjadi energi
listrik?
A. Kaca
pembesar
B. Panel surya
C. Kompor gas
D. Dinamo sepeda
4.Ani
menggunakan blender untuk membuat jus. Setelah beberapa menit, bagian bawah
blender terasa hangat. Apa kesimpulan yang tepat dari peristiwa tersebut?
A. Blender mengubah energi
listrik menjadi energi cahaya saja
B. Blender mengubah energi listrik menjadi energi gerak dan panas
C. Blender tidak mengalami perubahan energi
D. Blender hanya menghasilkan energi panas
5. Bayu mengamati bahwa
televisi, radio, dan setrika semua menggunakan listrik, tetapi hasil akhirnya
berbeda-beda. Apa kesimpulan yang dapat Bayu buat?
A. Semua alat listrik hanya
menghasilkan panas
B. Energi listrik dapat diubah menjadi berbagai bentuk energi
C. Semua alat listrik mengubah energi menjadi cahaya
D. Energi listrik tidak bisa berubah bentuk
6.
Perhatikan gambar berikut!
Peralatan berikut yang mempunyai
perubahan energi yang sama dengan alat yang tampak pada gambar adalah ....
A. televisi,
radio, dan lampu senter
B. bel
listrik, radio, dan mikrofon
C. kipas
angin, blender, dan mesin cuci
D. solder, microwave, dan kompor listrik
7. Proses tanaman menggunakan energi cahaya dari matahari
untuk memproduksi makanannya sendiri agar bertahan hidup disebut…..
a.memasak
b. klorofil
c. fotosintesis
d. proses perubahan energi
8. Fotosintesis terjadi pada bagian tumbuhan yaitu pada…
A. batang
B. akar
C. daun
D. buah
9. Hasil fotosintesis pada tumbuhan menghasilkan
a. karbondioksida dan karbohidrat c.
oksigen dan karbohidrat
b. air dan oksigen d.
karbondioksida dan oksigen
10. Manusia dan hewan sangat bergantung terhadap tumbuhan. Hal ini
dikarenakan…
A. tumbuhan menghasilkan Oksigen yang sangat bermanfaat untuk pernapasan
B. tumbuhan menghasilkan karbondioksida untuk pernapasan manusia dan
hewan
C. tumbuhan menghasilkan glukosa yang sangat bermanfaat untuk pernapasan
manusia dan hewan
D. tumbuhan bisa memasak makanan sendiri
JAWABLAH
PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN BENAR ( ESSAY)
1.
Ceritakan
perubahan energi pada gambar diatas!
Perubahan
energi …….. Þ energi ………Þ energi …….
2.
Tuliskan
2 benda yang bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi cahaya?
3.
Tuliskan
2 contoh pemanfaatan energi kimia dalam kehidupan sehari-hari
4.
Apa yang terjadi
jika tumbuhan tidak melakukan fotosintesis?
5.
Tuliskan 4
bahan-bahan yang diperlukan dalam fotosintesis?
Kesimpulan/ penutup :
Alhamdulillah hari ini soleh soleha sudah mengetahui tentang perubahan energi dan macam-macam perubahan energi, murid menonton vidio pembelajaran dan mengerjakan soal perubahan energi dari soal yang dikerjakan ada 2 siswa yang masih kurang memahami tentang perubahan energi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar