Pages

Minggu, 10 Agustus 2025

Hari/Tanggal : SENIN, 10 Agustus 2025

Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan

MATERI AJAR : PANCASILA DAN BAHASA INDONESIA


 MAPEL P PANCASILA


ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :

Pendidikan Pancasila
Murid mampu memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

 TUJUAN PEMBELAJARAN :

Peserta didik dapat memahami makna dan nilai-nilai Pancasila serta proses perumusannya

sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan ideologi Negara. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
Murid memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang MaHA Esa.

MA  MATERI AJA: MAKNA DAN PERUMUSAN NILAI-NILAI PANCASILA
        Pancasila adalah dasar negara kita, Indonesia. Pancasila terdiri dari dua kata, yaitu "Panca" yang artinya lima dan "Sila" yang artinya dasar atau asas. Jadi, Pancasila berarti lima dasar yang menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia.

Pancasila pertama kali dirumuskan oleh para pendiri bangsa kita. Mereka bermusyawarah dan berpikir keras agar bangsa Indonesia memiliki pedoman yang kuat. Hasilnya adalah lima dasar yang sangat hebat!


Sila ke-1: Ketuhanan Yang Maha Esa

  • Lambang: Bintang emas.

  • Makna: Kita semua percaya kepada Tuhan. Setiap orang boleh beribadah sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing. Kita juga harus saling menghormati teman yang berbeda agama.

  • Contoh Penerapan:

    1. Berdoa sebelum dan sesudah belajar.

    2. Menghormati teman yang sedang beribadah, misalnya tidak berisik saat ada teman yang sedang sholat.

    3. Tidak mengejek teman yang memiliki agama berbeda.


Sila ke-2: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

  • Lambang: Rantai emas.

  • Makna: Kita harus bersikap baik, adil, dan saling menolong sesama manusia. Kita tidak boleh semena-mena atau jahat kepada orang lain.

  • Contoh Penerapan:

    1. Membantu teman yang terjatuh dari sepeda.

    2. Berbagi makanan dengan teman.

    3. Tidak membeda-bedakan teman, entah dari mana asalnya atau bagaimana penampilannya.


Sila ke-3: Persatuan Indonesia

  • Lambang: Pohon beringin.

  • Makna: Kita harus bersatu, rukun, dan tidak mudah bertengkar. Indonesia memiliki banyak suku, budaya, dan bahasa, tetapi kita semua adalah satu bangsa.

  • Contoh Penerapan:

    1. Bekerja sama membersihkan kelas.

    2. Bermain dengan teman tanpa membedakan suku atau daerah.

    3. Mengikuti upacara bendera dengan tertib.

Sila ke-4: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

  • Lambang: Kepala banteng.

  • Makna: Setiap masalah harus diselesaikan dengan musyawarah atau berdiskusi. Kita harus mendengarkan pendapat teman dan mengambil keputusan bersama.

  • Contoh Penerapan:

    1. Saat memilih ketua kelas, kita bermusyawarah dan mengambil suara terbanyak.

    2. Berdiskusi dalam kelompok untuk mengerjakan tugas sekolah.

    3. Menghargai pendapat teman meskipun berbeda dengan pendapat kita.


Sila ke-5: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

  • Lambang: Padi dan kapas.

  • Makna: Semua orang harus diperlakukan sama dan adil. Tidak ada yang boleh diperlakukan istimewa. Semua harus mendapatkan hak dan kewajiban yang sama.

  • Contoh Penerapan:

    1. Membagi tugas piket dengan adil.

    2. Mendapatkan kesempatan yang sama untuk berbicara di depan kelas.

    3. Tidak curang saat bermain agar semua teman merasa adil.



BAHASA INDONESIA

ELEMEN: MENYIMAK

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid dapat mengidentifikasi ide pokok (gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar)

MATERI AJAR : KALIMAT TRANSITIF DAN INTRANSITIF

Kalimat transitif memerlukan objek, sedangkan kalimat intransitif tidak memerlukan objek. 

SIMAK VIDIO DIBAWAH INI :




Kalimat Transitif:

  • Membutuhkan objek: Kata kerja dalam kalimat transitif membutuhkan objek untuk melengkapi maknanya, contoh: "Ibu membeli apel". 
  • Dapat diubah menjadi kalimat pasif: Karena adanya objek, kalimat transitif bisa diubah menjadi kalimat pasif, contoh: "Apel dibeli ibu". 
  • Contoh: "Ayah membaca koran," "Kakak menulis surat". 

Kalimat Intransitif:
Tidak membutuhkan objek: Kata kerja dalam kalimat intransitif tidak memerlukan objek untuk melengkapi makna, contoh: "Kucing tidur". 

Tidak dapat diubah menjadi kalimat pasif: Karena tidak ada objek, kalimat intransitif tidak bisa diubah menjadi kalimat pasif, contoh: "Tidur dikucing" (tidak baku). 

Contoh: "Adik menangis," "Anak-anak berlarian". 

Perbedaan dalam Struktur Kalimat:
  • Kalimat Transitif:
    Biasanya berpola S-P-O (Subjek-Predikat-Objek) atau bisa juga S-P-O-K (Subjek-Predikat-Objek-Keterangan). 

  • Kalimat Intransitif:
  • Bisa berpola S-P (Subjek-Predikat) atau S-P-K (Subjek-Predikat-Keterangan), contoh: "Adik tidur nyenyak". 

  • Contoh Perbedaan dalam Kalimat:
  • Kalimat Transitif

    Kalimat Intransitif

    Ibu memasak nasi (Objek: nasi)

    Ibu memasak (tanpa objek)

    Kakak menyiram bunga (Objek: bunga)

    Kakak tertidur (tanpa objek)

    Mereka bermain bola (Objek: bola)

    Mereka tertawa (tanpa objek)



LATIHAN SOAL
1. Manakah yang termasuk kalimat transitif?
A. Dia tidur di kamar.
B. Ibu memasak nasi.
C. Anak-anak bermain di taman.
D. Burung terbang di langit.
Jawaban: B
2. Manakah yang termasuk kalimat intransitif?
A. Ayah membaca koran.
B. Kakak menyiram tanaman.
C. Rani berjalan kaki.
D. Adik menulis surat.
Jawaban: C
3. Dalam kalimat “Dia mendengarkan musik,” kata “mendengarkan” termasuk kalimat apa?
A. Transitif
B. Intransitif
C. Induktif
D. Deduktif
Jawaban: A
4. Pilih kalimat intransitif di bawah ini:
A. Ibu menyiapkan makan malam.
B. Rina melukis gambar.
C. Dia memasukkan kunci ke dalam saku.

KESIMPULAN:

Alhamdulillah soleh soleha sudah mempelajari nilai nilai pancasila butir kedua, guru memberikan vidio pembelajaran
Contoh nilai nilai pancasila dan dari 19 siswa yang masuk 2 orang masih belum paham dalam memahami nilai pancasila




K























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Hari/Tanggal : Selasa, 26 Agustus 2025 Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan MATERI AJAR : PAN...