Pages

Rabu, 06 Agustus 2025

 

Hari/Tanggal : Rabu, 06 Agustus 2025

Mata Pelajaran : B Indonesia & Matematika

Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan

MATERI AJAR : MATEMATIKA , SBDP DAN IPAS


MATERI

MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran (TP) 

Murid mampu membaca, menuliskan, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat. 

Membandingkan bilangan

Membandingkan bilangan cacah menggunakan simbol >, < dan =. Langkah langkahnya meliputi membandingkan jumlah digit terdahulu, lalu jika sama, membandingkan nilai tempat dari digit yang paling kiri. 


Langkah-langkah membandingkan bilangan:
  1. Perhatikan jumlah digit: Bilangan dengan lebih banyak digit akan selalu lebih besar. 
  2. Bandingkan nilai tempat: Jika jumlah digit sama, bandingkan nilai tempat dari digit yang paling kiri (ratusan ribu, puluhan ribu, ribuan, ratusan, puluhan, satuan). 
  3. Gunakan simbol:
    • > (lebih dari): Contoh: 125 > 120
    • < (kurang dari): Contoh: 120 < 125
    • = (sama dengan): Contoh: 125 = 125 
Contoh:
Membandingkan 45.678 dan 45.789: 
  1. Jumlah digit: Keduanya memiliki 5 digit.
  2. Bandingkan nilai tempat:
    • Angka puluhan ribu sama (4).
    • Angka ribuan sama (5).
    • Angka ratusan berbeda (6 pada 45.678 dan 7 pada 45.789).
  3. Kesimpulan: Karena 7 lebih besar dari 6, maka 45.789 > 45.678.

IPAS

TUJUAN PEMBELAJARAN

Mengidentifikasi bentuk dan fungsi pancaindra manusia serta cara menjaga kesehatannya. 

Materi :

1  Struktur sederhana mata adalah:

  • Kornea: Lapisan bening yang melindungi mata.

  • Pupil: Lubang kecil tempat cahaya masuk.

  • Iris: Bagian berwarna mata yang mengatur besar kecilnya pupil.

  • Lensa: Memfokuskan cahaya ke retina.

  • Retina: Menangkap cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal ke otak.

  • Saraf optik: Mengirimkan sinyal gambar ke otak.

  • Fungsi: Melihat dan mengenali bentuk, warna, dan gerakan.



SENI RUPA

TUJUAN PEMBELAJARAN

Mengidentifikasi berbagai unsur rupa (titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang) yang ada di lingkungan sekitar.

Materi

Unsur-unsur seni rupa dalam gambar pemandangan mencakup titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, ruang dan gelap terang. Prinsip-prinsip seni rupa seperti kesatuan, keseimbangan, dan proporsi juga berperan penting dalam menciptakan komposisi yang harmonis dalam gambar pemandangan. 
Dalam menggambar pemandangan, semua unsur ini bekerja sama untuk menciptakan gambar yang indah dan bermakna. Misalnya, garis digunakan untuk membentuk gunung dan pohon, warna digunakan untuk menggambarkan langit dan pepohonan, dan gelap terang digunakan untuk menciptakan kesan matahari terbit atau terbenam. 
Selain unsur-unsur, prinsip-prinsip seni rupa juga penting untuk diperhatikan dalam menggambar pemandangan. Prinsip-prinsip ini membantu menciptakan komposisi yang seimbang, harmonis, dan menarik. Beberapa prinsip yang relevan dalam gambar pemandangan adalah: 
  • Kesatuan: Kesatuan memastikan bahwa semua elemen dalam gambar bekerja bersama sebagai satu kesatuan yang utuh.
  • Keseimbangan: Keseimbangan memastikan bahwa gambar tidak berat sebelah dan terlihat stabil.
  • Proporsi: Proporsi memastikan bahwa ukuran relatif dari objek dalam gambar sesuai.
Dengan memahami unsur dan prinsip seni rupa, serta berlatih secara teratur, seseorang dapat mengembangkan kemampuan untuk menciptakan gambar pemandangan yang indah dan ekspresif. 
Contoh gambar seni rupa




SOAL : 
BUATLAH GAMBAR SEDERHANA MENGGUNAKAN PRINSIP SENI RUPA
PENUTUP
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 
REFLEKSI / KESIMPULAN
Alhamdulillah kita tadi sudah membuat karya seni rupa menggunakan unsur titik, garis, bidang dan ruang , setiap anak menggunakan imajinasinya untuk menggambar karyanya sendiri dan dipelajaran matematika sudah belajar tentang membandingkan bilangan, alhamdulillah dari 21 siswa yang hadir ada 1 orang yang blm memahaminperbedaan tanda bilangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Hari/Tanggal : Kamis, 07 Agustus 2025 Mata Pelajaran : B Indonesia & Matematika Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT Metode Pembelajar...