Hari/Tanggal : Rabu, 06 Agustus 2025
Mata Pelajaran : B Indonesia & Matematika
Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan
MATERI AJAR : MATEMATIKA , SBDP DAN IPAS
MATERI
MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran (TP)
Murid mampu membaca, menuliskan, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.
Membandingkan bilangan
Membandingkan bilangan cacah menggunakan simbol >, < dan =. Langkah langkahnya meliputi membandingkan jumlah digit terdahulu, lalu jika sama, membandingkan nilai tempat dari digit yang paling kiri.
- Perhatikan jumlah digit: Bilangan dengan lebih banyak digit akan selalu lebih besar.
- Bandingkan nilai tempat: Jika jumlah digit sama, bandingkan nilai tempat dari digit yang paling kiri (ratusan ribu, puluhan ribu, ribuan, ratusan, puluhan, satuan).
- Gunakan simbol:
- > (lebih dari): Contoh: 125 > 120
- < (kurang dari): Contoh: 120 < 125
- = (sama dengan): Contoh: 125 = 125
- Jumlah digit: Keduanya memiliki 5 digit.
- Bandingkan nilai tempat:
- Angka puluhan ribu sama (4).
- Angka ribuan sama (5).
- Angka ratusan berbeda (6 pada 45.678 dan 7 pada 45.789).
- Kesimpulan: Karena 7 lebih besar dari 6, maka 45.789 > 45.678.
IPAS
TUJUAN PEMBELAJARAN
Mengidentifikasi bentuk dan fungsi pancaindra manusia serta cara menjaga kesehatannya.
Materi :
1 Struktur sederhana mata adalah:
Kornea: Lapisan bening yang melindungi mata.
Pupil: Lubang kecil tempat cahaya masuk.
Iris: Bagian berwarna mata yang mengatur besar kecilnya pupil.
Lensa: Memfokuskan cahaya ke retina.
Retina: Menangkap cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal ke otak.
Saraf optik: Mengirimkan sinyal gambar ke otak.
Fungsi: Melihat dan mengenali bentuk, warna, dan gerakan.
- Kesatuan: Kesatuan memastikan bahwa semua elemen dalam gambar bekerja bersama sebagai satu kesatuan yang utuh.
- Keseimbangan: Keseimbangan memastikan bahwa gambar tidak berat sebelah dan terlihat stabil.
- Proporsi: Proporsi memastikan bahwa ukuran relatif dari objek dalam gambar sesuai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar