Pages

Rabu, 20 Agustus 2025

 

Hari/Tanggal : Rabu, 20 Agustus 2025

Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan, praktek

MATERI AJAR : MATEMATIKA , SBDP DAN IPAS


MATERI

MATEMATIKA

Alur Tujuan Pembelajaran

Melalui benda konkret peserta didik dapat menyatakan hasil dengan uang ribuan sebagai satuan dengan benar.

Tujuan Pembelajaran

- Murid mampu Melalui benda konkret peserta didik dapat menyatakan hasil dengan uang ribuan sebagai satuan dengan benar.

Materi :

Mengenal dan Menggunakan Uang Ribuan sebagai Satuan dengan Benda Konkret

Peserta didik dapat menyatakan hasil penghitungan dengan uang pecahan ribuan (misalnya Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000) sebagai satuan dengan tepat menggunakan benda konkret.

Penjelasan:

  • Benda konkret adalah benda nyata yang dapat dilihat dan disentuh, misalnya uang mainan atau kertas yang dibuat menyerupai uang.

  • Dengan menggunakan benda konkret, siswa dapat lebih mudah memahami nilai uang ribuan dan bagaimana menghitungnya.

Menyatakan Hasil dengan Uang sebagai Satuan

A. Pengertian

  • Uang sebagai satuan berarti kita menggunakan uang untuk mengukur atau menyatakan jumlah nilai suatu barang atau hasil penghitungan.

  • Misalnya, jika kita membeli 3 permen dengan harga Rp 1.000 per permen, total yang harus dibayar adalah 3 × Rp 1.000 = Rp 3.000.

  • Jadi, uang digunakan sebagai satuan untuk menyatakan hasil perhitungan.

B. Pecahan Uang Ribuan

  • Uang ribuan terdiri dari pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, dan seterusnya.

  • Kita dapat menggunakan pecahan ini untuk menghitung jumlah uang total dengan cara mengalikan jumlah lembar uang dengan nilai pecahannya.

C. Cara Menyatakan Hasil dengan Uang sebagai Satuan

  1. Tentukan harga satuan barang (misalnya Rp 1.000 per buah).

  2. Hitung jumlah barang yang dibeli.

  3. Kalikan jumlah barang dengan harga satuan.

  4. Nyatakan hasilnya dalam bentuk uang (contoh: Rp 5.000).

D. Contoh Soal dan Penyelesaian

  1. Jika 5 pensil masing-masing berharga Rp 2.000, berapa total uang yang harus dibayar?
    Jawab: 5 × Rp 2.000 = Rp 10.000

  2. Ani membeli 3 buku seharga Rp 7.000 per buku. Berapa uang yang harus Ani siapkan?
    Jawab: 3 × Rp 7.000 = Rp 21.000


E. Kegiatan Praktik dengan Benda Konkret

  • Gunakan uang mainan pecahan ribuan untuk menghitung total uang yang diperlukan dalam membeli beberapa barang.

  • Contoh: Siswa diberi 4 lembar uang Rp 1.000 dan diminta menghitung totalnya: 4 × Rp 1.000 = Rp 4.000.

Pengenalan Uang Ribuan

  1. Tunjukkan uang mainan: Perlihatkan berbagai uang kertas ribuan kepada siswa, dimulai dari yang terkecil hingga terbesar. Contohnya, tunjukkan uang Rp1.000, lalu Rp2.000, Rp5.000, dan Rp10.000.

  2. Jelaskan nilai nominal: Jelaskan bahwa setiap lembar uang memiliki nilai yang berbeda. Misalnya, "Ini adalah uang seribu rupiah. Nilainya satu, tapi dibaca seribu."

  3. Latihan berhitung: Ajak siswa menghitung uang ribuan. "Jika kita punya dua lembar uang seribu rupiah, berapa totalnya?"


Tahap 2: Menghubungkan Benda dengan Uang Ribuan

  1. Tentukan harga benda: Siapkan beberapa benda konkret dan tentukan harganya dalam kelipatan ribuan.

    • Satu pensil = Rp2.000

    • Satu penghapus = Rp1.000

    • Satu buku tulis = Rp5.000

    • Satu kotak pensil warna = Rp10.000

  2. Bermain jual-beli sederhana: Ajak siswa bermain peran. Anda berperan sebagai penjual, dan siswa sebagai pembeli.

    • "Adi, kamu ingin membeli buku tulis. Berapa uang yang harus kamu berikan kepada ibu?"

    • Siswa harus memilih uang mainan yang sesuai, yaitu Rp5.000.

  3. Latihan soal: Berikan soal-soal sederhana, misalnya:

    • "Berapa harga pensil dan penghapus jika digabungkan?" (Rp2.000 + Rp1.000 = Rp3.000).

    • "Jika kamu punya uang Rp10.000 dan membeli pensil warna, berapa uang yang tersisa?" (Rp10.000 - Rp10.000 = Rp0).


Tahap 3: Menyatakan Hasil dengan Uang Ribuan

  1. Gunakan kata "ribuan": Setelah siswa memahami konsep nilai uang, ajarkan cara menyatakan suatu jumlah dengan satuan ribuan.

    • "Harga satu penghapus adalah satu ribuan rupiah."

    • "Harga satu pensil adalah dua ribuan rupiah."

    • "Harga satu buku tulis adalah lima ribuan rupiah."

  2. Latihan menulis: Minta siswa untuk menuliskan harga setiap benda di kertas.

    • Benda: Pensil, Harga: Rp2.000

    • Nyatakan dalam satuan ribuan: 2 ribuan


Evaluasi

Berikan tugas mandiri kepada siswa untuk mengukur pemahaman mereka. Misalnya, siapkan 3 benda konkret dengan harga yang berbeda. Minta siswa untuk:

  1. Menuliskan harga setiap benda.

  2. Menyatakan harga benda tersebut dalam satuan ribuan.

  3. Menghitung total harga jika membeli 2 benda.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

IPAS

TUJUAN PEMBELAJARAN

mmurid dapat memahami perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari

perhatikan vidio dibawah ini



Materi :

1  Contoh Perubahan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari:

Pentingnya Perubahan Energi:
  • Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi dapat berubah bentuk, sesuai dengan hukum kekekalan energi. 
  • Memahami perubahan energi membantu kita memanfaatkan energi secara efisien untuk berbagai keperluan, seperti penerangan, memasak, transportasi, dan lain-lain. 
  • Banyak alat dan benda di sekitar kita bekerja karena adanya perubahan energi. 
Sumber Energi:
  • Sumber energi adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi, baik yang dapat diperbaharui (seperti matahari, angin, air) maupun yang tidak dapat diperbaharui (seperti bahan bakar fosil). 
  • Manusia memanfaatkan berbagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 
Contoh Soal Perubahan Energi Kelas 4:
  • Sebutkan contoh perubahan energi listrik menjadi energi gerak!
  • Bagaimana energi matahari dapat dimanfaatkan?
  • Jelaskan perbedaan antara energi yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui! 

SENI RUPA

TUJUAN PEMBELAJARAN

Mengidentifikasi berbagai unsur rupa (titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang) yang ada di lingkungan sekitar.

Materi

Unsur-unsur seni rupa dalam gambar pemandangan mencakup titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, ruang dan gelap terang. Prinsip-prinsip seni rupa seperti kesatuan, keseimbangan, dan proporsi juga berperan penting dalam menciptakan komposisi yang harmonis dalam gambar pemandangan. 
Dalam menggambar pemandangan, semua unsur ini bekerja sama untuk menciptakan gambar yang indah dan bermakna. Misalnya, garis digunakan untuk membentuk gunung dan pohon, warna digunakan untuk menggambarkan langit dan pepohonan, dan gelap terang digunakan untuk menciptakan kesan matahari terbit atau terbenam. 
Selain unsur-unsur, prinsip-prinsip seni rupa juga penting untuk diperhatikan dalam menggambar pemandangan. Prinsip-prinsip ini membantu menciptakan komposisi yang seimbang, harmonis, dan menarik. Beberapa prinsip yang relevan dalam gambar pemandangan adalah: 
  • Kesatuan: Kesatuan memastikan bahwa semua elemen dalam gambar bekerja bersama sebagai satu kesatuan yang utuh.
  • Keseimbangan: Keseimbangan memastikan bahwa gambar tidak berat sebelah dan terlihat stabil.
  • Proporsi: Proporsi memastikan bahwa ukuran relatif dari objek dalam gambar sesuai.
Dengan memahami unsur dan prinsip seni rupa, serta berlatih secara teratur, seseorang dapat mengembangkan kemampuan untuk menciptakan gambar pemandangan yang indah dan ekspresif. 
Contoh gambar seni rupa




SOAL : 
BUATLAH GAMBAR SEDERHANA MENGGUNAKAN PRINSIP SENI RUPA
PENUTUP
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 
REFLEKSI / KESIMPULAN
Alhamdulillah kita tadi sudah membuat karya seni rupa menggunakan unsur titik, garis, bidang dan ruang , setiap anak menggunakan imajinasinya untuk menggambar karyanya sendiri dan dipelajaran matematika sudah belajar tentang membandingkan bilangan, alhamdulillah dari 21 siswa yang hadir ada 1 orang yang blm memahaminperbedaan tanda bilangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Hari/Tanggal : Selasa, 26 Agustus 2025 Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan MATERI AJAR : PAN...