Hari/Tanggal : jumat, 15 Agustus 2025
Mata Pelajaran : IPAS
Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan
MATERI IPAS
GURU DAN MURID AKAN MELAKUKAN PERCOBAAN TENTANG ENERGI PANAS MENJADI ENERGI GERAK
Capaian Pembelajaran IPAS :Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Tujuan pembelajaran : murid dapat memahami perubahan energi dalam ehidupan sehari-hari
perhatian vidio ini
- Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Ada berbagai bentuk energi, seperti energi cahaya, panas, bunyi, listrik, gerak, dan kimia.
- Ini adalah proses perubahan suatu energi menjadi bentuk energi lain.
- Energi listrik menjadi energi panas: Setrika, oven, hair dryer.
- Energi listrik menjadi energi gerak: Kipas angin, blender.
- Energi listrik menjadi energi cahaya: Lampu, proyektor.
- Energi listrik menjadi energi bunyi: Radio, bel sekolah, speaker.
- Energi matahari (cahaya) menjadi energi kimia: Fotosintesis pada tumbuhan.
- Energi matahari (cahaya) menjadi energi listrik: Panel surya.
- Energi gerak menjadi energi bunyi: Alat musik (gitar, drum), bel sekolah.
- Energi gerak menjadi energi listrik: Kincir angin, dinamo sepeda.
- Energi kimia menjadi energi gerak: Pembakaran bahan bakar pada kendaraan.
- Energi listrik menjadi energi panas: Setrika, oven, hair dryer.
- Matahari, air, angin, listrik, makanan, dan minyak bumi adalah contoh sumber energi.
- Memahami perubahan energi membantu siswa memahami bagaimana alat-alat di sekitar kita bekerja dan bagaimana kita memanfaatkan energi dalam kehidupan sehari-hari.
- Di rumah: Lampu (listrik jadi cahaya), kipas angin (listrik jadi gerak), setrika (listrik jadi panas), radio (listrik jadi bunyi).
- Di sekolah: Proyektor (listrik jadi cahaya), bel sekolah (listrik jadi bunyi), komputer (listrik jadi cahaya dan bunyi).
- Pada kendaraan: Bensin (kimia jadi panas dan gerak).
- MATEMATIKA
MATEMATIKA
Alur Tujuan Pembelajaran
- Melalui benda konkret peserta didik dapat menyatakan hasil dengan uang ribuan sebagai satuan dengan benar.
Tujuan Pembelajaran
- Murid mampu Melalui benda konkret peserta didik dapat menyatakan hasil dengan uang ribuan sebagai satuan dengan benar.
Materi :
Mengenal dan Menggunakan Uang Ribuan sebagai Satuan dengan Benda Konkret
Peserta didik dapat menyatakan hasil penghitungan dengan uang pecahan ribuan (misalnya Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000) sebagai satuan dengan tepat menggunakan benda konkret.
Penjelasan:
Benda konkret adalah benda nyata yang dapat dilihat dan disentuh, misalnya uang mainan atau kertas yang dibuat menyerupai uang.
Dengan menggunakan benda konkret, siswa dapat lebih mudah memahami nilai uang ribuan dan bagaimana menghitungnya.
Menyatakan Hasil dengan Uang sebagai Satuan
A. Pengertian
Uang sebagai satuan berarti kita menggunakan uang untuk mengukur atau menyatakan jumlah nilai suatu barang atau hasil penghitungan.
Misalnya, jika kita membeli 3 permen dengan harga Rp 1.000 per permen, total yang harus dibayar adalah 3 × Rp 1.000 = Rp 3.000.
Jadi, uang digunakan sebagai satuan untuk menyatakan hasil perhitungan.
B. Pecahan Uang Ribuan
Uang ribuan terdiri dari pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, dan seterusnya.
Kita dapat menggunakan pecahan ini untuk menghitung jumlah uang total dengan cara mengalikan jumlah lembar uang dengan nilai pecahannya.
C. Cara Menyatakan Hasil dengan Uang sebagai Satuan
Tentukan harga satuan barang (misalnya Rp 1.000 per buah).
Hitung jumlah barang yang dibeli.
Kalikan jumlah barang dengan harga satuan.
Nyatakan hasilnya dalam bentuk uang (contoh: Rp 5.000).
D. Contoh Soal dan Penyelesaian
Jika 5 pensil masing-masing berharga Rp 2.000, berapa total uang yang harus dibayar?
Jawab: 5 × Rp 2.000 = Rp 10.000Ani membeli 3 buku seharga Rp 7.000 per buku. Berapa uang yang harus Ani siapkan?
Jawab: 3 × Rp 7.000 = Rp 21.000
E. Kegiatan Praktik dengan Benda Konkret
Gunakan uang mainan pecahan ribuan untuk menghitung total uang yang diperlukan dalam membeli beberapa barang.
Contoh: Siswa diberi 4 lembar uang Rp 1.000 dan diminta menghitung totalnya: 4 × Rp 1.000 = Rp 4.000.
Pengenalan Uang RibuanTunjukkan uang mainan: Perlihatkan berbagai uang kertas ribuan kepada siswa, dimulai dari yang terkecil hingga terbesar. Contohnya, tunjukkan uang Rp1.000, lalu Rp2.000, Rp5.000, dan Rp10.000.
Jelaskan nilai nominal: Jelaskan bahwa setiap lembar uang memiliki nilai yang berbeda. Misalnya, "Ini adalah uang seribu rupiah. Nilainya satu, tapi dibaca seribu."
Latihan berhitung: Ajak siswa menghitung uang ribuan. "Jika kita punya dua lembar uang seribu rupiah, berapa totalnya"
Latihan soal :
1. 2.345 =
2. 18.789 =
3. Tujuh belas ribu tiga ratus dua puluh lima=
4. Dua ribu tiga
5. Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar
2.345. 5.678. 3.113. 1.111
Kesimpulan/ penutup :
Alhamdulillah hari ini soleh soleha sudah mengetahui tentang perubahan energi dan macam-macam perubahan energi, murid menonton vidio pembelajaran dan mengerjakan soal perubahan energi dari soal yang dikerjakan ada 2 siswa yang masih kurang memahami tentang perubahan energi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar