Minggu, 19 Februari 2023

Materi Ajar, Senin 20 Februari 2023 ( Tema 7 Subtema 3 pembelajaran 5)

 


Satuan Pendidikan      : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema 7                       : Peristiwa dalam Kehidupan

Sub Tema 3               :  Peristiwa  Mengisi Kemerdekaan 

Pembelajaran ke-      : 5

Muatan Terpadu       : Bahasa Indonesia ( KD 3. 9, 4.9),  IPA (KD 3.7, 4. 7), SBdP (KD 3. 4, 4.4)

 
1. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang sejarah lahirnya pancasila, hari ini kita akan memasuki tema 7 subtema 3 pembelajaran 5
Sebelumnya, tonton dulu vidio dibawah ini ya



2. Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat membuat surat undangan tidak resmi dengan penuh tanggung jawab. 2. Dengan mencoba, siswa membuat undangan tidak resmi dengan penuh tanggung jawab. 
3. Dengan bercerita, siswa  berbagi  pengalamannya  dalam membuat undangan dengan penuh percaya diri. 
4. Dengan melakukan percobaan, siswa dapat menganalisis peristiwa pengembunan sebagai salah satu bentuk atau jenis perubahan wujud benda.

3. Materi Ajar
(Bahasa Indonesia , 3.9 dan 4.9)
Surat Undangan 
Surat undangan merupakan surat yang berisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan haruslah efektif, yaitu singkat, padat, dan jelas. Tujuannya agar orang yang membacanya dapat segera mengerti isinya. Surat undangan dibedakan atas 3 jenis, yaitu sebagai berikut.
1. Undangan resmi
Undangan yang mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya dipergunakan untuk kepentingan kedinasan.
2. Undangan setengah resmi
Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi.
3. Undangan tidak resmi
Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun, undangan perayaan kelahiran.
 Berikut ini adalah contoh undangan tidak resmi



(IPA, 3.7 dan 4.7)
Pernahkah kamu mengalami peristiwa berikut ini?  Pada saat meminum air es, kamu akan menjumpai adanya titik-titik air di dinding tempat air es tersebut.  Tahukah kamu bahwa titik-titik air tersebut terjadi karena adanya peristiwa pengembunan udara yang berada di sekitar tempat es tersebut? Udara mengalami peristiwa pengembunan karena udara di sekeliling gelas atau plastik melepaskan kalor atau panas kepada es di dalam wadahnya. Hal tersebut karena suhu udara di luar gelas atau plastik lebih besar atau tinggi dibandingkan dengan suhu es dalam gelas atau plastik. Peristiwa pengembunan lain yang sering kita jumpai, yaitu ketika pada pagi hari, kita melihat ada titik-titik air di dedaunan. Sekitar rumah kita pun basah. Air sering menetes dari atas genting. Titik-titik air tersebut merupakan embun yang berasal dari uap air yang mengembun menjadi titik-titik air.

4. Contoh soal 
1. sebutkan jenis-jenis undangan 
jawab : undangan resmi, undangan  setengah resmi dan undangan tidak resmi
2. sebutkan perubahan wujud yang terjadi saat mengembun?
jawab . proses pengembunan dalam kehidupan sehari-hari terjadi dari gas menjadi cair

5. Evaluasi 

ceritakan secara singkat pengalamanmu membuat undangan dengan dipadukan dengan seni lukis daerah

6. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami tentang jenis-jenis undangan dan proses peristiwa mengembun besok kita akan belajar tentang tema 7 subtema 3 pembelajaran 6 apabila ada pertanmyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..
 Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...