Selasa, 21 Februari 2023

Materi Ajar, Selasa 21 februari 2023 (Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6)

 


Satuan Pendidikan      : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema 7                       : Peristiwa dalam Kehidupan

Sub Tema 3               :  Peristiwa  Mengisi Kemerdekaan 

Pembelajaran ke-      : 6

Muatan Terpadu       : Bahasa Indonesia ( KD 3. 9, 4.9),  PKN  (KD 3.9, 4. 9), SBdP (KD 3. 4, 4.4)

 
1. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang jenis-jenis undangan, hari ini kita akan memasuki tema 7 subtema 3 pembelajaran 6
Sebelumnya, tonton dulu vidio dibawah ini ya nak 



2. Tujuan Pembelajaran
 1. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi cara-cara menghargai jasa para pahlawan dengan penuh kepedulian.
2. Dengan berlatih, siswa dapat menanggapi berbagai permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh tanggung jawab.
3. Dengan berlatih, siswa dapat membuat gambar ragam daerah dengan penuh tanggung jawab.


3. Materi Ajar 
 Muatan Bahasa Indonesia (3.3 dan  4.3)

Bangsa  yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan. Pepatah itu mengingatkan kita untuk selalu menghargai jasa para pahlawan. Para pahlawan telah berjuang dengan mengorbankan harta, benda, jiwa, bahkan nyawanya untuk meraih kemerdekaan seperti yang sekarang ini kita nikmati. Berkat pengorbanan dan pengabdiannya, bangsa kita bisa terlepas dari penjajahan dan menjadi negara yang merdeka, bebas, dan berdaulat. 
Untuk menjadi pahlawan pembangunan, kamu dapat menerapkan nilai-nilai kepahlawanan yang telah ditunjukkan mereka. Berikut nilai-nilai kepahlwanan yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari mu. 
1. Rela Berkorban 
Sikap rela berkorban adalah sikap yang lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Sikap rela berkorban dapat dibiasakan di lingkungan rumah, keluarga, dan masyarakat. Kita harus peduli kepada orang lain. 
2. Berjiwa Besar 
Berjiwa besar adalah sikap yang mau menerima segala yang terjadi dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Berjiwa besar dapat diwujudkan dengan mau menerima kekalahan dengan ikhlas, meminta maaf dan memberi maaf


Muatan PKN (3.9 dan 4.9)
Ayo Belajar dari Masalah
1. Bel tanda masuk berbunyi. Semua siswa masuk kelas. Ketika akan masuk kelas, tidak sengaja Bambang menginjak kaki Heru. Bambang minta maaf kepada Heru. Tetapi, Heru justru memarahi Bambang. Heru menganggap Bambang sengaja menginjak kakinya. Persoalan sepele tersebut menjadi besar. Jika kamu menjadi Heru, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Bambang?
Jawab : Jika menjadi Heru, sebaiknya memberi maaf kepada Bambang, karena dalam hal ini Bambang tidak sengaja. Sikap  memberi maaf juga termasuk sikap yang memiliki nilai kepahlawanan yaitu Berjiwa besar artinya mau memberi maaf dan meminta maaf jika melakukan kesalahan yang disengaja ataupun tidak


Muatan SBdP (3.4 dan 4.4)
Berikut ini adalah contoh  lukisan- lukisan yang menggambarkan keanekaragaman kesenian yang ada di Indonesia. 

 


4. Evaluasi 
Buatlah cerita tentang pengorbanan orang tua terhadapmu sebagai perwujudan sikap rela berkorban!


6. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami materi nilai-nilai kepahlawanan  kita akan belajar review materi subtema 3 ya nak,  apabila ada pertanmyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..
 Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...