Jumat, 17 Februari 2023

Materi ajar: Jumat, 17 Februari 2023

 Tema 7 subtema 3 kelas 5, Jum'at (17 Februari 2023)

Tema 7 subtema 3 kelas 5, Jum'at (17 Februari 2023


Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
Tema 7                  : Peristiwa dalam Kehidupan
Sub Tema 3            : Peristiwa Mengisi Kemerdekaan
Pembelajaran ke    : 4
Muatan Terpadu      : PPKn ( KD 3. 3, 4.3) dan IPS (KD 3. 4, 4.4)

TUJUAN PEMBELAJARAN :

- Setelah membaca materi peserta didik dapat mengenal nilai-nilai luhur Pancasila yang berkembang di masyarakat dengan penuh kepedulian.

- Setelah membaca materi peserta didik dapat mengetahui peristiwa lahirnya Pancasila dengan penuh tanggung jawab.

- Setelah membaca materi peserta didik dapat mengidentifikasi makna Pancasila dalam keragaman budaya bangsa dengan penuh kepedulian.


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Good morning my student 🤗
How are you today ?
Before studying let us pray 

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

1. Apersepsi
Alhamdulillah pada pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari materi Surat Pribadi & Surat Dinas, hari ini di pembelajaran yang ke 4 kita akan mempelajari mata pelajaran IPS dan PPKN. Simak materi hari ini sampai selesai ya anak sholeh sholehah 🤗
. Materi Ajar 

IPS (KD 3. 4, 4. 4)

Sejarah Lahirnya Pancasila

Sejarah Singkat Lahirnya Hari Pancasila Sampai Ditetapkan Menjadi Dasar Negara 

Lambang negara pemersatu bangsa!

Hari Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni di setiap tahunnya. Pancasila merupakan dasar ideologi-ideologi negara Indonesia. Pancasila sangat penting bagi bangsa Indonesia karena berperan sebagai pemersatu bangsa. Pancasila juga membimbing para pejuang mencapai Indonesia berdaulat.

Oleh karena itu sebagai warga negara yang baik, sebaiknya kita memahami latar belakang terbentuknya Pancasila. Berikut sejarah singkat lahirnya Pancasila.

1. Bermula dari Pidato Ir. Soekarno yang menyampaikan gagasan mengenai dasar negara

 

Pada tanggal 29 Mei Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mengadakan rapat dengan tema dasar negara. Sayangnya, hingga beberapa hari rapat berlangsung belum bisa menemukan titik terang mengenai dasar negara. 

Ir. Soekarno diberikan kesempatan memberikan pidato pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidatonya tersebut beliau menyampaikan gagasan mengenai dasar negara Indonesia dengan sebutan Pancasila. Mendengar pidato yang disampaikan, BPUPKI memutuskan untuk membentuk panitia kecil guna menyusun dasar negara dengan pedoman pidato yang disampaikan oleh Ir. Soekarno.

2. Terbentuknya Panitia 9 diketuai oleh Ir. Soekarno

pun yang bertentangan dengan cita-cita luhur pendiri NKRI. Pancasila dulu kini dan nanti. Merdeka!


3. Contoh evaluasi


Nilai-nilai yang terkadung dalam Pancasila sangat penting dalam membangun persatuan dan kesatuan sebagai satu bangsa. Kelima butir Pancasila harus ‘dihafal' karena inilah pedoman kita sebagai bangsa Indonesia. Pancasila adalah pedoman hidup sehari-hari, dimana hidup itu dilaksanakan dalam aneka perbuatan.


4. Evaluasi


Presentasikan materi sejarah singkat lahirnya Pancasila dengan gaya dan tekstur ananda sholeh sholehah sendiri 


5. Penutup


Demikian pembelajaran hari ini semoga ananda sholeh sholehah sudah memahami materi sejarah lahirnya pancasila dan nilai - nilai luhur pancasila besok kita masih belajar di tema 7 subtema 3 masuk ke pembelajaran 5, apabila ada pertanyaan tentang materi pembelajaran yang masih belum paham bisa langsung ditanyakan ke pak Hendri ya..


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...