Rabu, 01 Februari 2023

Materi ajar: Rabu, 1 februari 2023

 


Satuan Pendidikan      : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
Kelas / Semester         : V/ 2
Tema 7                        :  Peristiwa Dalam Kehidupan 
Subtema 1                  :  Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan 
Pembelajaran ke 4 :   B. Indonesia ( KD. 3.5), PKN (KD. 3.3)
Tujuan Pembelajaran : 
1. Dengan membaca, peserta didik dapat menjelaskan sistem tanam paksa pemerintahan kolonial Belanda secara benar.

2. Dengan membaca, peserta didik dapat menjelaskan berbagai perlawanan terhadap pemerintahan kolonial Belanda di berbagai daerah secara benar.

1. Apersepsi 
Alhamdulillah Selasa kemarin kita sudah mempelajari materi tentang masa penjajahan kolonial Belanda 

lets start our lesson today with pray 
Sebelumnya silahkan simak video pembelajaran dibawah ini ya


2. Materi Ajar

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.5, 4. 5)

Menggali informasi Teks Narasi Sejarah secara lisan

Untuk menggali informasi dari teks lisan, kamu perlu mendengarkan teks yang dibacakan dengan saksama. Setelah itu, catatlah informasi penting teks, sseperti nama peristiwa, tokoh, tempat, dan penyebab terjadinya peristiwa. Dengan mencatatnya, kamu dapat membaca kembali dan mengingat semua informasi penting yang telah kamu dengar. Kamu juga dapat menjawab pertanyaan yang disajikan sesuai dengan isi teks yang telah kamu dengar.

Membuat Pertanyaan Teks Narasi

Selain dengan menjawab pertanyaan dan mengelompokkan informasi, kamu juga dapat menggali informasi teks narasi sejarah dengan membuat pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks tersebut. Pertanyaan teks yang baik dibuat menggunakan kata Tanya.

Muatan PKN (KD 3.3)

Muatan PKN (KD 3.3)

Bangsa Indonesia mengalami penderitaan akibat penjajahan mulai awal abad ke-17 sampai abad ke-20. Pada masa penjajahan, bangsa Indonesia telah berusaha sekuat tenaga untuk mengusir penjajah dan bercita-cita menjadibangsa yang merdeka, bebas dari penjajahan. Berbagai bentuk perlawananterhadap penjajah yang dilakukan oleh para raja, bangsawan, tokoh masyarakat,

dan tokoh agama dilakukan dengan cara mengangkat senjata. Namun, pada umumnya, bentuk perlawanan semacam itu mengalami kegagalan. Adapun faktor penyebab gagalnya perjuangan bangsa Indonesia dalammengusir penjajah adalah sebagai berikut.

a. Perjuangan bersifat kedaerahan.

b. Perlawanan tidak dilakukan secara serentak.

c. Masih bergantung pada pimpinan (jika pemimpin tertangkap,perlawanan terhenti).

d. Kalah dalam persenjataan.

e. Belanda menerapkan politik adu domba (devide et impera).

Berdasarkan pengalaman tersebut, kaum terpelajar ingin berjuang dengancara yang lebih modern, yaitu menggunakan kekuatan organisasi. 

3. Contoh soal 

Siapakah jendral Sudirman?

Dikenal sebagai salah satu pahlawan Indonesia, jasa-jasanya sangat dikenang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Jenderal Besar Soedirman menurut Ejaan Soewandi dibaca Sudirman, Ia merupakan salah satu orang yang memperoleh pangkat bintang lima selain Soeharto dan A.H Nasution. Jenderal besar Indonesia ini lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916. Ayahnya bernama Karsid Kartawiuraji dan ibunya bernama Siyem. Namun ia lebih banyak tinggal bersama pamannya yang bernama Raden Cokrosunaryo setelah diadopsi. Ketika Sudirman pindah ke Cilacap di tahun 1916, ia bergabung dengan organisasi Islam Muhammadiyah dan menjadi siswa yang rajin serta aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Kemampuannya dalam memimpin dan berorganisasi serta ketaatan dalam Islam menjadikan ia dihormati oleh masyarakat. Jenderal Sudirman merupakan salah satu tokoh besar di antara sedikit orang lainnya yang pernah dilahirkan oleh suatu revolusi. Saat usianya masih 31 tahun ia sudah menjadi seorang jenderal. Meski menderita sakit paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatar belakang seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan.

4. Evaluasi

Ceritakan secara singkat tentang riwayat hidup (biografi) dan perjuangan para pahlawan (1 saja) kita dalam menghadapi penjajah.

5. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga sholeh sholehah sudah memahami tentang materi subtema 1 di pembelajaran ke 4, dan besok kita akan mempelajari materi di pembelajaran 5 ya nak, dan jangan lupa untuk tetap mengerjakan sholat sunnah dan wajib serta muroja'ah juz 30 🤗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...