Selasa, 04 Januari 2022

Materi Ajar : Rabu, 05 Januari 2022

 MATERI AJAR

Kelas              : III
Tema 5           : Cuaca
Sub Tema 1    : Keadaan cuaca
Hari/Tanggal  :Rabu, 05 Januari 2022
Pembelajaran : 3

Tujuan Pembelajaran :

1.  Dengan kegiatan membaca teks, siswa dapat menentukan kosakata berkaitan dengan keadaan cuaca secara benar.

2. Dengan kegiatan menyanyi, siswa mampu menunjukkan pola irama yang sama pada sebuah lagu dan dapat menirukan nyanyian dengan benar.


Vidio pembelajaran 

Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Mari kita lanjutkan pelajaran hari ini:


Ayo Berlatih

Siti membantu Ibu menyiapkan sarapan. Siti juga menyiapkan bekal untuk sekolah. Ayah menyakskan berita prakiraan cuaca di televisi. Menurut berita, cuaca akan cerah siang hari ini. Sore hari, cuaca diperkirakan mendung. Hujan akan turun pada malam harinya.

  Ibu memasak nasi goreng untuk sarapan hari ini. Yuk, kita bantu Siti membaginya untuk anggota keluarga. Siti membagi nasi goreng untuk anggota keluarga. Masing-masing mendapat 3 sendok nasi.

    Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar. Ibu memotongnya menjadi 8 bagian. Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong. Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.

   Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng. Satu buah timun dipotong menjadi 16 bagian. Setiap anggota keluarga mendapatkan 4 potong timun. ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapat empat perenam belas bagian timun.


Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan. Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian. Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing mendapat 2 dari 6 potong. 

Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.

Ayo Membaca

Edo menghampiri teman-teman saat istirahat. Edo menunukkan sebuah cerita pada buku yang dibawanya. Yuk, kita membaca dengan nyaring. Cerita tentang cuaca yang ada di buku Edo. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang disuarakan keras. Jadi, keraskan suaramu saat membaca nyaring. Suaramu harus terdengar oleh teman-teman di kelas.

Persahabatan Matahari dan Awan

Matahari telah lama bersahabat dengan Awan. Mereka saling membantu satu sama lain. Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah. 

Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari.
“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan. 
“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari.
“Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan.
“Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah  aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.

“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca  cerah itu,” ujar Awan.

“Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka  memanfaatkannya untuk bermain.”

Ayo Mengamati

Beni sangat senang membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan. Yuk, kita bantu Beni menemukan kata-kata yang berhubungan dengan  keadaan cuaca dari cerita itu? 
Jadi kosa kata yang terdapat dari cerita Persahabatan Matahari dan Awan adalah :

cerah - sinar - hujan - matahari - awan - terik

Ayo Bernyanyi

Awan memang baik hati. Ia memahami keadaan hati Matahari, sahabatnya. Yuk, kita bernyanyi lagu
Awan Putih. Tentu akan membuat Awan merasa senang. Perhatikan iramanya agar lagu terdengar  indah.

Teks lagu Awan Putih dapat dilihat di buku tematik halaman 25 dan link lagu ada dibawah ya



Untuk mendengarkan lagu di atas dapat mengklik link di bawah ini ya nak 👇




Baiklah nak, bagaimana dengan lagu di atas? 
Sekarang jawab pertanyaan ibu guru ya nak, Siapakah pencipta lagu Awan Putih? 
Kalian dapat menjawab pertanyaan pada kolom komentar sebagai absen kehadiran ya nak 
Silhkan dijawab dengan tepat dan benar 👍

Tugasmu!

Setelah kalian mengetahui pencipta lagu Awan Putih dan telah kalian jawab pada kolom komentar, sekarang tugasmu adalah menyanyikan lagu Awan Putih tersebut. 
Anak-anak boleh mengirmkan berupa video atau Voice Note saat menyanyikan lagu Awan Putih dan kirim ke miss puji atau di grup kelas ya nak. 
Selamat bernyanyi ... 

7 komentar:

  1. Assalammualaikum miss
    Sintiha ariska puteri
    Pencipta lagu awan putih : At mahmud

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Miss
    Abizard Kinan Zayan
    Pencipta Lagu awan Putih : AT Mahmud

    BalasHapus
  3. Assalamualikum...
    Muhammad fatahillah
    Pencipta lagu awan putih adalah A.T.Mahmud

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum miss
    M fazlie rabbi, kelas 3B
    Pencipta lagu awan putih, AT Mahmud.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Miss
    Evelin Allura Rivan
    Kelas 3B,
    Lagu awan putih di ciptakan oleh AT Mahmud.

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum mrs puji
    Ghania Madina Arrani
    Kelas 3B
    No abs 9
    Pencipta Lagu Awan Putih adalah AT Mahmud

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    Nazwa calysta youhert
    Kls:3B
    No absen 16
    Pencipta lagu awan putih adalah AT Mahmud

    BalasHapus

MATERI AJAR RABU, 15 MEI 2024   Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajaran  ...