Selasa, 14 Februari 2023

Materi ajar: selasa, 14 februari 2023


Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema 7 : Peristiwa dalam Kehidupan

Sub Tema 3 : Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Pembelajaran ke  : 1

Muatan Terpadu : IPA ( KD 3. 7, 4.7), Bahasa Indonesia (KD 3.9, 4. 9

TUJUAN PEMBELAJARAN

- Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat membuat undangan dengan penggunaan ejaan yang tepat dengan penuh percaya diri.

- Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat mengamati perubahan wujud benda yang dipengaruhi oleh kalor atau panas dengan penuh tanggung jawab.

1. Apersepsi 

Alhamdulillah pada pelajaran sebelumnya kita sudah melaksanakan penilian harian tema 7 subtema 2 yaitu tentang : Peristiwa-peristiwa Penting Seputar Proklamasi Kemerdekaan, Mengelompokkan Informasi Teks Narasi Sejarah Menggunakan Peta Pikiran, Kalor Mengubah Suhu dan Wujud Benda, Gerak Tari dengan Pola LantaiTindakan Heroik Mendukung Proklamasi, Proses Pembentukan NKRI, Mengidentifikasi Teks Narasi sejarah melalui Pertanyaan, Menuliskan Kesimpulan Teks Narasi Sejarah, Bhineka Tunggal Ika dalam Hidup Bermasyarakat, Unsur-Unsur pola tari Mempresentasikan Informasi Penting Teks Narasi sejarah, Menentukan Informasi Penting Teks Narasi Sejarah, Faktor yang Memengaruhi Perubahan wujud Benda, Makna Kepahlawanan dalam lagu “Perjuangan”, Pola Lantai.
Hari ini kita akan belajar materi tentang tema 7 subtema 3 pembelajaran 1.

Sebelumnya, tonton dulu video dibawah ini ya


2. Materi Ajar 

IPA ( KD 3. 7, 4.7)

PERUBAHAN WUJUD BENDA

1.      Membeku

Membeku merupakan peristiwa perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Dalam peristiwa ini, zat melepaskan energi panas. Pendinginan yang cepat akan berdampak pada temperatur kriogenik. Kriogenik ini adalah ilmu yang mempelajari materi dengan temperatur sangat rendah. Ini dapat menyebabkan suatu zat membeku di bawah titik bekunya. Contoh benda pada sifat ini bisa dengan air yang didiinginkan yang dimasukan ke dalam freezer. Benda itu akan membeku dan menjadi es batu.


2.      Mencair

Mencair adalah perubahan wujud dari padat menjadi cair. Peristiwa ini memerlukan energi panas dengan suhu tinggi. Benda yang telah mencair itu sepenuhnya disebut sebagai benda cair. Air Terjun Niagara Membeku Contoh benda mencair itu air yang membeku (es) dipanaskan dan berubah menjadi air.


Mengkristal ini suatu proses perubahan gas menjadi padat dan peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh dari proses ini bisa dilihat berubahnya uap menjadi salju.


Bahasa Indonesia (KD 3. 5, 4. 5)

Mengidentifikasi Surat Undangan

Surat undangan merupakan surat yang berisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan haruslah efektif, yaitu singkat, padat, dan jelas. Tujuannya agar orang yang membacanya dapat segera mengerti isinya.

Surat undangan dibedakan atas 3 jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Undangan resmi

Undangan yang mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya dipergunakan untuk kepentingan kedinasan.

2. Undangan setengah resmi

Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi.

3. Undangan tidak resmi

Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun, undangan perayaan kelahiran.

Bagian bagian dari Surat Resmi

1. Kepala Surat

2. Nama dan alamat tujuan

3. Isi Surat

4. Penutup Surat

5. Tempat dan Tanggal Surat

6. Pembuat Surat


Pengertian Surat Undangan Resmi

 

Disini  surat undangan resmi merupakan surat undangan yang dikeluarkan oleh pihak organisasi yang biasanya ditunjukan kepada organisasi lain atau perseorangan. Selain itu juga anda harus memahami apa fungsi surat.

[Contoh] Surat Undangan yang Resmi

Terdapatnya perbedaan dengan surat yang tidak resmi bahwa, dalam penulisan surat resmi ini penulisannya harus memakai Bahasa baku dan penulisannya juga harus sesuai dengan EYD.

Kriteria Surat Undangan Resmi

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam pembuatan surat undangan resmi yakni sebagai berikut :

    Kop surat

    Tanggal pembuatan surat

    Nomor surat

    Hal (undangan)

    Lampiran

    Alamat tujuan

    Salam pembuka

    Isi surat

    Salam penutup

    Pengirim

    Tembusan

    Inisial


3. Membuat Undangan Tidak Resmi

 Surat Udangan Ulang Tahun

                                                              Semarang 21 Oktober 2018


Buat. Diana

Di Tempat


Salam Sejahtera

Teman-temanku yang cantoh dan tampan aku mengundang kalian untuk datang ke pesta ulang tahunnku yang akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal : Sabtu, 24 Oktober 2018

Waktu : 08.00

Tempat : Dirumahku Jalan Soedirman 24, Lampung

Acara : Merayakan Pesata Ulang Tahun


Aku Menunggu Kedatangan Kalian Semua

Temanmu,


 


                                                                          Karmin


4. Evaluasi :

Buatlah salah satu contoh Surat Undangan Tidak Resmi !

Di tulis di buku latihan Tematik !


5. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami faktor-faktor yang mempengaruhi wujud benda, besok kita akan belajar tema 7 subtema 3 pembelajaran berikutnya, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..

 Wassalamualaikum.wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...