Hari / Tanggal : Senin / 23 september 2024
Kelas / Fase : 5 / C
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Matematika
Tujuan Pembelajaran :
1.Siswa dapat memerapkan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekitar
2.Siswa memahami perkalian bilangan cacah sampai dengan 100.000
Assalamualaikum wr.wb
Sudah siap belajar hari ini ?
Sebelum kita belajar jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa..
Capaian Pembelajaran Matematika
apaian Pembelajaran : Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang.
Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000
pendidikan pancasila
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Pend. Pancasila
Gotong royong merupakan salah satu pengamalan dari sila ketiga Pancasila yakni 'Persatuan Indonesia'.
Selain itu, gotong royong juga merupakan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan sebagai makhluk sosial karena manusia tak bisa hidup sendirian. Tiap manusia selalu butuh orang lain di kehidupan sehari-hari.
Setelah melihat vidio diatas
cobalah refleksikan kedalam kehidupan kita sehari-hari dengan ketentuan sebagai berikut :
Contoh soal:
1. Tentukan satu masalah sehari-hari yang dihadapi di lingkungan sekitar.
2. Sikap atau bentuk gotong royong apa yang akan dilakukan jika menghadapi masalah tersebut.
Jawab
1. Lingkungan yang kotor
2. Dengan cara melaksanakan gotong royong bersih-bersih lingkungan
MATEMATIKA
C
Yuk simak video berikut ini :
Kerjakan latihan berikut!
1. Sila berikut yang sesuai dengan nilai Pancasila, sila ke-4 adalah ....
- Gotong royong memperbaiki jalan raya
- Tidak membeda-bedakan antara orang kaya dengan orang miskin
- Beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing
- Melaksanakan hasil musyawarah dengan penuh tanggung jawab
- Belajar tarian tradisional dengan teman
- Tidak suka dengan kebudayaan sendiri
- Membuat tas buatan dalam negeri
- Tidak membuang sampah di sungai
- Beribadah tepat waktu
- Menjaga persatuan dan kesatuan
- Bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok
- Saling menyayangi dan mengasihi sesama teman tanpa membeda-bedakan
5. Berikut adalah hal-hal yang harus dihindari sebagai generasi penerus bangsa, kecuali ....
- Tawuran
- Belajar dengan sungguh-sungguh
- Selalu main game online
- Malas belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar