Mata Pelajaran :
IPAS
B.INDONESIA
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
Capaian Pembelajaran IPAS
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; gelombang bunyi dan cahaya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; krisis energi dan upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya; sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah di provinsi tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar
APERSEPSI
Assalamualaikum soleh soleha hari ini kita akan mempelajari tentang sifat-sifat cahaya
Sebelumnya simak vidio dibawah ini ya
MATERI
IPAS
Telinga merupakan organ di tubuh kita yang berfungsi sebagai alat pendengaran.
Dengan telinga, kita dapat mendengarkan lagu, suara guru yang menjelaskan materi di kelas, sampai suara kucing mengeong.
Sebagai sistem pendengaran yang dimiliki oleh manusia, telinga terdiri atas tiga bagian yang saling berkaitan antara satu sama lain.
Ketiga bagian yang dimiliki oleh telinga ini berfungsi untuk menangkap suara dan mengirimkannya ke otak.
Lalu, apa saja bagian-bagian yang dimiliki oleh telinga?
Berikut ini penjelasan mengenai bagian-bagian telinga dan fungsinya
1. Telinga Bagian Luar
Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga dan saluran telinga.
a) Daun telinga atau pinna
Daun telinga terdiri dari tulang rawan dan kulit.
Daun telinga merupakan bagian dari telinga yang dapat dilihat dari luar tanpa menggunakan alat khusus dan berfungsi untuk menangkap suara dari lingkungan sekitar.
b) Saluran telinga
Saluran telinga merupakan jalur yang menghubungkan lubang telinga hingga gendang telinga. Saluran telinga memiliki beberapa fungsi, seperti:
- Memproduksi cairan yang melapisi saluran telinga yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan membantu mencegah infeksi
Kata hubung adalah kata untuk menghubungkan kata dengan kata, klausa dengan klausa, dan kalimat dengan kalimat.
Jenis Kata Hubung Antarkalimat
Sebagai informasi, konjungsi antarkalimat terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya, lo.
Berdasarkan buku Bahasa Indonesia kelas 5 SD, berikut ini jenis konjungsi antarkalimat dan contohnya:
1. Kata Hubung Kelanjutan Peristiwa
- Setelah itu
- Sesudah itu
- Sebelum itu
- Selanjutnya
- Kemudian
Contoh kalimat:
- Ketua kelas melerai perselisihan yang terjadi saat istirahat. Setelah itu, ia mengajak semuanya untuk berunding.
Kami membuat papan petunjuk tentang mencegah perundungan. Kemudian, kami menempelnya di papan pengumuman.
- Langkah pertama adalah menyiapkan bumbu. Selanjutnya, panaskan minyak dan masukkan nasi ke dalam penggorengan.
2. Kata Hubung Sebab Akibat
Contoh kata hubung:
Dengan demikian
Oleh karena itu
Oleh sebab itu
Akibatnya
Contoh kalimat:
- Kita harus menaati peraturan. Dengan demikian, lingkungan sekolah menjadi lebih tertib dan aman
soal:
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memberi tanda silang (x) pada jawaban a, b, c, atau d!
1) Lita tetap berangkat ke sekolah _ ia masih sakit.
a. Karena
b. Seperti
c. Meskipun
d. Jika
2.Dika mengikuti pentas drama musikal _ pemeran utama.
a. Atau
b. Sebagai
c. Yaitu
d. Untuk
3) Nindi suka sekali membeli jajanan _ jajanan yang rasanya asam dan pedas.
a. Kecuali
b. Agar
c. Akibatnya
d. Yakni
4) Kakak sedang menyiram tanaman _ adik mencuci sepeda.
a. Seperti
b. Supaya
c. Sebagai
d. Sedangkan
KESIMPULAN
Alhamdulillah dari 17 siswa ada 2 oarang siswa yang belum.mengerti tentabg kata pemghubung dan sudah diberikan bimbingan langsung tentang kata pemghunung
Bagaimana sudah paham dengan pembelajaran hari ini? Apakah anak sholeh sholehah senang belajar hari ini? Alhamdulillah kalau sudah paham semua, Miss Puji akhiri pembelajaran hari ini.
Wassalamualaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar