Pages

Selasa, 24 September 2024

MAteri Ajar: selasa, 24 september 2024

 


 Hari / Tanggal : Selasa / 24 september 2024

Kelas / Fase : 5 / C

Mata Pelajaran : IPAS, Pendidikan Pancasila dan Matematika

👉👉Tujuan Pembelajaran (TP) :

Tujuan Pembelajaran :

1.Siswa dapat memerapkan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekitar

2.Siswa memahami perkalian bilangan cacah sampai dengan 100.000

3. Siswa dapat memahami rantai makanan

  • Media yang digunakan
  • Diorama rantai makanan


  • LCD proyektor

  • Assalamualaikum wr.wb

    Apa kabar anak sholih/Sholihah?
    Sudah siap belajar hari ini ?

    Sebelum kita belajar jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa..

    IPAS

    Capaian Pembelajaran IPAS

    Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; gelombang bunyi dan cahaya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; krisis energi dan upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya; sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah di provinsi tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar

    Capaian Pembelajaran Matematika

    apaian Pembelajaran : Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang.
    Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.
    Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
    Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000


    pendidikan pancasila

    Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

    Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem terdiri dari 2 komponen, yaitu komponen biotik yang beranggotakan makhluk hidup dan komponen abiotik yang isinya makhluk tidak hidup. Contoh : ekosistem sawah, ekosistem pantai, ekosistem air tawar, ekosistem padang rumput, dll.
















    L      LATIHAN 

             1. Makhluk hidup yang memperoleh energi dari cahaya matahari dalam jaring-jaring makanan yaitu ....

    A.      A. produsen        B. konsumen tingkat 1        C. konsumen tingkat 2        D. pengurai 

             2. Perhatikan gambar di bawah!

          Pada piramida makanan di atas, makhluk hidup yang menerima paling sedikit energi ditunjukkan oleh nomor....
          A. 1                  B. 2            C. 3            D. 4
                  
           3.  Komponen rantai makanan berikut yang tidak terdapat pada piramida makanan yaitu ....

              A. produsen            B. konsumen tingkat 1            C. konsumen tingkat 2    D. dekomposer 

            4.   Siswa kelas 5 melaksanakan percobaan agar lebih mudah memahami transfer energi pada jaring-jaring makanan. Berdasarkan gambar di atas, banyaknya batu pada toples yang berlabelkan konsumen 1 yaitu....
           A. 10                B. 12                C. 14                D. 15 

    Pend. Pancasila

    Lambang negara indonesia adalah garuda pancasila



    Gotong royong merupakan salah satu pengamalan dari sila ketiga Pancasila yakni 'Persatuan Indonesia'.

    Selain itu, gotong royong juga merupakan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan sebagai makhluk sosial karena manusia tak bisa hidup sendirian. Tiap manusia selalu butuh orang lain di kehidupan sehari-hari.

    Setelah melihat vidio diatas

    cobalah refleksikan kedalam kehidupan kita sehari-hari dengan ketentuan sebagai berikut :

    Contoh soal:

    1. Tentukan satu masalah sehari-hari yang dihadapi di lingkungan sekitar.

    2. Sikap atau bentuk gotong royong apa yang akan dilakukan jika menghadapi masalah tersebut.

    Jawab 

    1. Lingkungan yang kotor

    2. Dengan cara melaksanakan gotong royong bersih-bersih lingkungan


    MATEMATIKA

    C

    Minggu kemarin kita sudah belajar tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Hari ini kita akan belajar perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000

    Yuk simak video berikut ini :
    Yuk kita coba kerjakan soal dibawah ini dengan susun kebawah ya..
    1. 18.000 x 12 =
    2. 23.534 x 16 =
    3. 45. 789 x 18 = 
    4. 56.734 x 19 =

    Kerjakan latihan berikut!

    1. Sila berikut yang sesuai dengan nilai Pancasila, sila ke-4 adalah ....

    1. Gotong royong memperbaiki jalan raya
    2. Tidak membeda-bedakan antara orang kaya dengan orang miskin
    3. Beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing
    4. Melaksanakan hasil musyawarah dengan penuh tanggung jawab

    2. Berikut ini adalah sikap cinta pada Tanah Air, kecuali ....
    1. Belajar tarian tradisional dengan teman
    2. Tidak suka dengan kebudayaan sendiri
    3. Membuat tas buatan dalam negeri
    4. Tidak membuang sampah di sungai

    3. Diana mengikuti pemilihan ketua OSIS di sekolah. Diana mengutamakan sikap musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama. Sikap Diana tersebut mencerminkan nilai Pancasila sila ....
    a.  Kesatu Kedua           B. Ketiga     C. Keempat


    4.Berikut adalah pengamalan Pancasila sila kedua, yaitu ....
    1. Beribadah tepat waktu
    2. Menjaga persatuan dan kesatuan
    3. Bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok
    4. Saling menyayangi dan mengasihi sesama teman tanpa membeda-bedakan

      5. Berikut adalah hal-hal yang harus dihindari sebagai generasi penerus bangsa, kecuali ....

    1. Tawuran
    2. Belajar dengan sungguh-sungguh
    3. Selalu main game online
    4. Malas belajar

    KESIMPULAN :
    Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, dari 17 siswa yang hadir sebagian besar sidah memahami tentang nilai -nilai pancasila


    PENUTUP
  • Bagaimana sudah paham dengan pembelajaran hari ini? Apakah anak sholeh sholehah senang belajar hari ini? Alhamdulillah kalau sudah paham semua, Miss Puji akhiri pembelajaran hari ini.
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

        Hari / Tanggal : Selasa/ 19 november 2024 Kelas / Fase : 5 / C Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan, IPAS, Matematika 👉👉Tujuan Pe...