Hari / Tanggal : Selasa / 24 september 2024
Kelas / Fase : 5 / C
Mata Pelajaran : IPAS, Pendidikan Pancasila dan Matematika
Tujuan Pembelajaran :
1.Siswa dapat memerapkan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekitar
2.Siswa memahami perkalian bilangan cacah sampai dengan 100.000
3. Siswa dapat memahami rantai makanan
Assalamualaikum wr.wb
Sudah siap belajar hari ini ?
Sebelum kita belajar jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa..
IPAS
Capaian Pembelajaran IPAS
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; gelombang bunyi dan cahaya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; krisis energi dan upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya; sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah di provinsi tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar
Capaian Pembelajaran Matematika
apaian Pembelajaran : Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang.
Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000
pendidikan pancasila
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem terdiri dari 2 komponen, yaitu komponen biotik yang beranggotakan makhluk hidup dan komponen abiotik yang isinya makhluk tidak hidup. Contoh : ekosistem sawah, ekosistem pantai, ekosistem air tawar, ekosistem padang rumput, dll.
L LATIHAN
1. Makhluk hidup yang memperoleh energi dari cahaya matahari dalam jaring-jaring makanan yaitu ....
A. A. produsen B. konsumen tingkat 1 C. konsumen tingkat 2 D. pengurai
2. Perhatikan gambar di bawah!
A. produsen B. konsumen tingkat 1 C. konsumen tingkat 2 D. dekomposer
Pend. Pancasila
Lambang negara indonesia adalah garuda pancasila
Gotong royong merupakan salah satu pengamalan dari sila ketiga Pancasila yakni 'Persatuan Indonesia'.
Selain itu, gotong royong juga merupakan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan sebagai makhluk sosial karena manusia tak bisa hidup sendirian. Tiap manusia selalu butuh orang lain di kehidupan sehari-hari.
Setelah melihat vidio diatas
cobalah refleksikan kedalam kehidupan kita sehari-hari dengan ketentuan sebagai berikut :
Contoh soal:
1. Tentukan satu masalah sehari-hari yang dihadapi di lingkungan sekitar.
2. Sikap atau bentuk gotong royong apa yang akan dilakukan jika menghadapi masalah tersebut.
Jawab
1. Lingkungan yang kotor
2. Dengan cara melaksanakan gotong royong bersih-bersih lingkungan
MATEMATIKA
C
Yuk simak video berikut ini :
Kerjakan latihan berikut!
1. Sila berikut yang sesuai dengan nilai Pancasila, sila ke-4 adalah ....
- Gotong royong memperbaiki jalan raya
- Tidak membeda-bedakan antara orang kaya dengan orang miskin
- Beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing
- Melaksanakan hasil musyawarah dengan penuh tanggung jawab
- Belajar tarian tradisional dengan teman
- Tidak suka dengan kebudayaan sendiri
- Membuat tas buatan dalam negeri
- Tidak membuang sampah di sungai
- Beribadah tepat waktu
- Menjaga persatuan dan kesatuan
- Bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok
- Saling menyayangi dan mengasihi sesama teman tanpa membeda-bedakan
5. Berikut adalah hal-hal yang harus dihindari sebagai generasi penerus bangsa, kecuali ....
- Tawuran
- Belajar dengan sungguh-sungguh
- Selalu main game online
- Malas belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar