Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak
👉👉Tujuan Pembelajaran (TP) :
Peserta didik dapat memahami unsur instristik suatu cerita
Hello how are you today, semoga hari ini soleh soleha tetap bersemangat ya...
Tujuan pembelajaran hari ini anak-anak Bu Guru dapat mengidentifikasi unsur instristik suatu cerita,
Sebelumnya perhatikan vidio dibawah ini
Media yang digunakan
LCD proyektor
Bahasa Indonesia
Unsur intrinsik adalah unsur pembangun dari dalam cerpen. Unsur intrinsik adalah unsur penting yang tidak boleh dilewatkan dalam karya sastra. Komponen-komponennya terdiri dari tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat.
Salah satu unsur intrinsik cepen adalah tokoh. Tokoh utama cerita dapat berupa manusia, hewan, atau benda yang mengalami permasalahan di dalam cerita. Plot adalah rangkaian kejadian dalam sebuah cerita yang mempunyai hubungan sebab-akibat. Plot menggambarkan bagaimana tokoh cerita menyelesaikan permasalahannya. Tindakan atau perbuatan tokoh dipengaruhi oleh watak atau sifatnya.
Pada cerita “Aku Anak Indonesia”, kalian mengetahui bahwa tokoh Juna memiliki sifat ramah, senang berteman, dan menikmati menjadi pusat perhatian. Ia mencairkan keraguan Hana dengan komentar-komentar lucunya. Nah, bagaimana sifat tokoh yang lain? Apa yang mereka lakukan dalam cerita?
Semua tindakan tokoh ini membangun adegan-adegan yang terangkai dalam plot cerita. Hubungan antara sifat tokoh dan apa yang dilakukannya dalam cerita membantumu menyimpulkan runtutan alur cerita.
Plot cerita “Aku Anak Indonesia” menggambarkan cara Hana mengatasi permasalahannya. Tindakan Hana merupakan bagian dari plot. Tindakan Hana juga menunjukkan sifatnya. Akhir cerita menggambarkan penyelesaian masalah Hana.
No.
Nama Tokoh
Sifat Tokoh
Tindakannya
1.
Hana
Mandiri, berani, dan terbuka, tetapi kadang suka cemas
Cemas menghadapi hari pertama sekolahnya, tetapi dia berangkat sekolah sendiri, berani berpendapat dan memperkenalkan dirinya secara terbuka.
2.
Juna
Ceria, ramah, suka menjadi pusat perhatian
Mengacungkan tangan dan bertanya kepada Hana di depan kelas.
3.
Ibu Pertiwi
Penuh perhatian dan berwawasan luas
Membesarkan hati dan memberikan penjelasan yang baik.
4.
Salim
Aktif dan percaya diri
Menanggapi pertanyaan guru secara cepat dan berteriak spontan saat melihat sesuatu yang mengejutkannya
Soal :Sekarang, tentukan permasalahan yang dihadapi Hana dan akhir permasalahan di akhir cerita “Aku Anak Indonesia”.
1.Permasalahan Hana
Hana cemas menghadapi menghadapi hari pertama sekolahnya karena ia baru pindah dari luar negeri.
2. Tindakan Hana
Secara terbuka Hana memperkenalkan diri dan berbagi dengan teman-temannya.
3. Penyelesaian Masalah Hana
Ibu guru membantu Hana mengatasi kekhawatirannya dengan memperkenalkannya kepada teman-temannya sebagai anak Indonesia. Hana juga mau belajar memperlancar bahasa Indonesianya. Ayah Hana juga membantu agar Hana dapat lebih cepat akrab dengan teman-temannya.
Contoh soal:
Sebutkan 5 unsur intristik suatu cerita?
Jawab:
1.tokoh
2.penokohan
3.latar
4.alur
5.amanat
KESIMPULAN
Alhamdulillah siswa siswi sudah paham dalam pembelaaran hari ini
Bagaimana sudah paham dengan pembelajaran hari ini? Apakah anak sholeh sholehah senang belajar hari ini? Alhamdulillah kalau sudah paham semua, Miss Puji akhiri pembelajaran hari ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar