Selasa, 08 Agustus 2023

Materi Ajar:Rabu, 9 Agustus 2023


 

TEMA 1                                 : Organ Gerak Hewan dan Manusia

SUB TEMA 3                         : Lingkungan dan Manfaatnya

PEMBELAJARAN  2           : IPA dan SBdP

 1. Sapaan 

Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

2. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang ide pokok, hari ini kita akan belajar tentang kelainan tulang pada manusia.

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..
pembelajaran 2

3.           Tujuan Pembelajaran

1.           Peserta didik dapat memahami kelainan tulang sebagai salah satu organ gerak manusia dengan benar.

2.      Peserta didik dapat membuat komik dengan baik dan benar.

ü 

4.        Materi Ajar

IPA

        (KD 3.1)

Sistem gerak pada manusia tersusun atas rangka dan otot. Rangka merupakan alat gerak pasif yang tersusun atas tulang-tulang dengan berbagai bentuk. Sedangkan otot merupakan alat gerak aktif. Sistem gerak manusia terkadang mengalami gangguan maupun kelainan dan penyakit. hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya kelainan sejak lahir, karena makanan, kebiasaan yang salah, maupun kecelakaan. Berikut di antara gangguan maupun kelainan dan penyakit pada sistem gerak manusia.

Fraktura/Patah Tulang
Kelainan pada tulang akibat kecelakaan, baik kendaraan bermotor atau jatuh. Dibedakan menjadi 2 yaitu fraktura yang tertutup (patah tulang yang tidak sampai merobek kulit/otot) dan fraktura yang terbuka (patah tulang yang merobek/ menembus kulit/otot).

Meskipun kuat dan lentur, tulang-tulang pun bisa mengalami fraktura. Jika tulang patah tetapi bagian ujung yang patah tidak menembus kulit, maka itu disebut dengan fraktura tertutup. Tetapi jika ujung tulang yang patah keluar menembus kulit, maka itu disebut dengan fraktura terbuka.

Osteoporosis
Kelainan pada tulang yang disebabkan karena adanya pengeroposan tulang. Hal ini karena tubuh sudah tidak mampu lagi menyerap dan menggunakan kalsium secara normal. Osteoporosis terjadi karena kekurangan mineral. Osteoporosis umumnya terjadi pada orang dewasa.

Orang dewasa biasanya menghasilkan lebih sedikit hormon, sehingga osteoblast sebagai pembentuk tulang kurang aktif, dan masa tulang pun menjadi berkurang. Tulang yang kekurangan mineral menjadi rapuh dan mudah patah.

Fisura/Retak Tulang
Kelainan tulang yang menimbulkan keretakan pada tulang akibat kecelakaan. Retak tulang terjadi karena terdapat keretakan pada tulang akibat suatu insiden. Tulang retak masih dapat disambung kembali.

Lordosis
Kelainan tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung pada daerah lumbalis. Hal ini akan mengakibatkan posisi kepala tertarik ke belakang. Lordosis adalah kebalikan dari kifosis. Apabila kifosis adalah kelainan karena tulang yang melengkung ke belakang, maka lordosis adalah melengkungnya tulang ke arah sebaliknya, ke arah depan.

Skoliosis
Kelainan tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung ke arah sampng. Hal ini akan menyebabkan badan akan bengkok membentuk huruf “S”. Penyebabnya adalah kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan tulang belakang meliuk-liuk dengan postur yang tidak baik. Selain itu, mengangkat beban yang berlebih dan tidak diseimbangkan dengan anggota badan kanan dan kiri.

Kifosis
Kelainan tulang karena sikap duduk membungkuk sehingga tulang belakang membengkok ke belakang. Contoh kebiasaan yang dapat menyebabkan kifosis antara lain adalah kebiasaan duduk yang terlalu membungkuk, posisi membaca yang terlalu membukuk, dan lain-lain.

 

1.      SBdP (KD 3.1)

Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Teks dalam komik berfungsi untuk menjelaskan, melengkapi, dan memperdalam penyampaian gambar secara keseluruhan. Teks atau kata-kata biasanya disajikan dalam gelembung-gelembung yang diserasikan dengan gambar.

Komik merupakan cerita bergambar yang disajikan secara menarik. Sebagian besar isi cerita dalam komik disajikan dalam bentuk gambar. Meskipun demikian dalam komik juga disajikan bahasa tulis dalam bentuk narasi pengantar maupun bahasa langsung
Ciri-ciri komik antara lain sebagai berikut :

1.      Hadir untuk menyampaikan cerita. Pesan dan informasi disampaikan dengan menggunakan teks dan gambar.

2.      Proporsional. Keberadaan gambar dan teks yang berimbang membuat pembaca komik seakan-akan terlibat dan berperan langsung ke dalam cerita.

3.      Menggunakan bahasa percakapan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari yang mudah untuk dipahami.

4.      Biasanya bersifat kepahlawanan. Umumnya isi cerita komik akan cenderung membuat pembaca mempunyai rasa atau sikap kepahlawanan.

5.      Penggambaran watak secara sederhana. Penggambaran watak dalam komik dibuat secara sederhana agar pembaca mudah memahami isi cerita dan menangkap pesan yang akan disampaikan dalam cerita.

6.      Menyediakan humor. Kata komik berasal dari komik yang berarti jenaka. Humor dalam komik disajikan secara lugas sehingga akan mudah dipahami pembaca dan biasanya humor yang disajikan sering terjadi dan ada di masyarakat.

Contoh Komik :

Tema : Sikap dan posisi membaca yang benar

 5. Contoh soal

         Sustem gerak manusia terdiri dari berapa bagian?Jelaskan?

\         jawab :

Sistem gerak pada manusia tersusun atas rangka dan otot. Rangka merupakan alat gerak pasif yang tersusun atas tulang-tulang dengan berbagai bentuk. Sedangkan otot merupakan alat gerak aktif. Sistem gerak manusia terkadang mengalami gangguan maupun kelainan dan penyakit.

 6. EVALUASI

 JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

.  Perhatikan gambar !

rangka

Tulang lengan atas ditunjukan pada nomor ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 5
Jawaban: 1.

2. Nama tulang yang ditunjukan dengan nomor 2 pada gambar di atas adalah tulang….
a. selangka
b. lengan atas
c. hasta
d. pengumpil
Jawaban: hasta.

3. Berikut ini yang bukan termasuk bagian dari rangka anggota gerak adalah …..
a. hasta
b. kering
c. betis
d. rusuk
Jawaban: betis.

4. Tulang pelipis terletak pada rangka …. manusia
a. anggota gerak atas
b. anggota gerak bawah
c. kepala
d. badan atau tubuh
Jawaban: kepala.

5. Tulang yang berfungsi untuk pijakan saat kita berjalan agar seimbang adalah tulang ….
a. paha
b. betis
c. tempurung lutut
d. telapak kaki
Jawaban: telapak kaki.

6. Tulang dada dan tulang rusuk berguna untuk melindungi organ penting, salah satunya …..
a. usus
b. otak
c. jantung
d. ginjal
Jawaban: jantung.

7. Yang sering disebut alat gerak aktif adalah ….
a. rangka
b. tulang
c. otot
d. saraf
Jawaban: otot.

8. Jenis otot manusia yang bentuknya seperti perahu adalah otot ….
a. lurik
b. polos
c. jantung
d. usus
Jawaban: polos.

9. Otot jantung manusia berbentuk ….
a. bulat
b. silindris
c. tak beraturan
d. memanjang
Jawaban: silindris.

10. Otot lurik memiliki inti sel berjumlah ….
a. 1
b. 2
c. banyak
d. tidak ada
Jawaban: banyak.

6.Penutup

Demikian pembelajaran hari ini tentang bagaimana kelainan tulang pada manusia semoga soleh soleha memahami penjelasan dari ibu guru, besok masuk ke tema 1 subtema 3 pembelajaran 3 , apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu guru ya..
 Wassalamualaikum.wr.wb.

7.Kesimpulan
IPA
Berdasarkan yang telah kita pelajari hari ini dapat disimpulkan bahwa:
Sistem gerak pada manusia tersusun atas rangka dan otot. Rangka merupakan alat gerak pasif yang tersusun atas tulang-tulang dengan berbagai bentuk. Sedangkan otot merupakan alat gerak aktif. 
Kelainan dan penyakit tuhan dapat dibagi menjadi 6:
.Fraktura/Patah Tulang
2.Osteoporosis
3.Fisura/Retak Tulang
4.Lordosis
5.Skoliosis
6.Kifosis

SBDP

Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Teks dalam komik berfungsi untuk menjelaskan, melengkapi, dan memperdalam penyampaian gambar secara keseluruhan. Teks atau kata-kata biasanya disajikan dalam gelembung-gelembung yang diserasikan dengan gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...