Kamis, 17 Agustus 2023

MATERI AJAR JUM'AT, 18 AGUSTUS 2023

 

TEMA  1                : Organ Gerak Hewan dan Manusia

SUBTEMA 3          : Lingkungan dan Manfaatnya

PEMBELAJARAN 6 : IPA, B.Indonesia dan SBdP

HARI/TANGGAL   : Jum'at, 18 Agustus 2023

1. Sapaan 

Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

2. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah meriview dan mengadakan perlombaan memperingati HUT RI ke-78, hari ini kita akan belajar kembali tentang posisi dan sikap tubuh yang baik bagi kesehatan organ gerak dengan peduli.

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..
pembelajaran 6

3. Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui posisi dan sikap tubuh yang baik bagi kesehatan organ gerak dengan peduli.
  2. Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok masing-masing paragraf secara penuh tanggung jawab.
  3. Dengan menggambar, siswa dapat menggali informasi dari bacaan untuk dituangkan ke dalam bentuk komik secara percaya diri.
4. Materi Ajar
  • Materi IPA
Sistem organ gerak manusia juga bisa mengalami gangguan atau kelainan.
Faktor-faktor penyebab gangguan atau kelainan, antara lain disebabkan oleh kebiasaan yang salah, pola hidup yang salah, atau bisa pula karena pembawaan sejak lahir. 
Pernahkah kamu mengalami gangguan kesehatan yang berkaitan dengan anggota gerak? Jika pernah, bagaimana aktivitas yang kamu lakukan? Terganggu bukan? 
Oleh karena itul, jagalah kesehatan organ gerakmu.
Berikut ini cara mencegah terjadinya kelainan pada organ gerak kita.

Ayo Mengamati
Apa yang akan terjadi jika orang melakukan gerakan-gerakan atau sikap-sikap
seperti pada gambar berikut?

  • Materi B.Indonesia
Ide pokok/pikiran utama/gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Cara menentukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama/gagasan utama.

Contoh teks bacaan untuk menentukan ide pokok:
Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor
Biasanya, seorang anak kecil sangat senang menghabiskan waktunya
untuk bermain dengan teman-teman sebayanya, tetapi berbeda dengan
Giuliano Stroe sejak umur dua tahun (lahir tahun 2004) sudah diajak
ayahnya ke tempat gym. Pada awalnya dia, hanya melihat-lihat sembari
melakukan latihan kebugaran tanpa melakukan aktivitas dengan beban.
Namun sejak berumur tiga tahun, sudah mulai berlatih dengan beban
berat, namun tetap selalu diawasi oleh ayahnya.

Umumnya tubuh seorang bocah laki-laki yang masih di bawah umur belum memiliki otot yang kekar layaknya seperti pria dewasa, tetapi hal tersebut berbeda dengan Giuliano Stroe, tubuhnya sudah seperti binaragawan. Sekujur tubuhnya sudah dipenuhi dengan otot-otot yang besar. Apalagi jika dia meregangkan setiap bagian tubuhnya, akan nampak benjolan-benjolan otot di sekujur tubuhnya.

Untuk mencapai tubuh yang sedemikian kekarnya, Giuliano Stroe melakukan latihan angkat beban dua jam sehari bersama dengan adiknya. Olahraga ini dikenalkan kepada mereka sejak berumur dua tahun oleh ayahnya, Lulian, yang tentunya juga mendapatkan izin dari ibunya, Ileana. Keduanya pun telah menguasai teknik flag atau bendera. Teknik ini mengharuskan mereka berpegangan dua tangan pada tiang dan mengangkat kedua kakinya sejajar dengan kedua tangan, layaknya bendera yang sedang berkibar pada tiang. Tentunya dengan kondisi tubuh yang kuat sepertinya, mudah saja baginya untuk melakukan gerakan tersebut. 

Ayahnya menginginkan anak-anaknya melakukan latihan angkat berat dan mendorong untuk memiliki tubuh yang kekar bak binaragawan bukannya tanpa sebab. Ayahnya terinspirasi oleh mantan atlet binaraga dunia yang juga bintang film laga, Arnold Schwarzenegger. Saat ini idolanya tersebut menjadi gubernur California, Amerika Serikat. Tubuh Giuliano Stroe memang luar biasa. Meskipun besar dan kekar, tetapi juga lentur. Dia juga memiliki bentuk otot perut yang sangat bagus. 

Ayah Giuliano Stroe memastikan bahwa program latihan yang diberikan kepada anaknya sama sekali tidak membahayakan. Dia selalu mengawasi. Bahkan sampai sekarang pun, meskipun sudah mahir dengan berbagai peralatan gym, tetapi dia tidak pernah membiarkan putranya berlatih sendiri. Jika putranya sudah terlihat bosan atau jenuh berlatih, dia segera menghentikan latihan dan membawanya keluar untuk bermain.

Giuliano Stroe sendiri mengaku bahwa dia tidak merasa terbebani dengan program dan jadwal latihan yang telah ditetapkan ayahnya. Di waktu senggang, dia suka menonton film kartun dan melukis. Meskipun dia sudah terkenal, tetapi dia masih bisa bermain dengan teman-teman sebayanya.

Giuliano Stroe tidak tampak berbeda dengan anak sebayanya, tetapi siapa sangka bocah ini telah memecahkan rekor dunia dua buah rekor sekaligus. Giuliano yang berasal dari Roma, Italia ini juga diklaim sebagai binaragawan termuda dan terkuat di dunia. Hebatnya lagi, dia mampu melakukan push up di atas botol.

Rekor pertama yang dipecahkannya adalah berjalan dengan tangan tercepat sambil mengempit bola pemberat di antara kedua kaki. Adapun rekor keduanya adalah melakukan air push up terbanyak. Air push Up adalah push up yang dilakukan dengan cara kaki yang diangkat ke udara. Dia berhasil melakukannya jauh lebih banyak dibanding lawannya, bahkan lawan-lawannya tersebut ada yang lebih tua darinya.

Meskipun banyak meraih prestasi, dia juga mendapat banyak kecaman karena dianggap latihan binaragawan untuk anak belum pantas untuk dilakukan. Apalagi di usia yang masih mengalami pertumbuhan. Namun, ayahnya menampik kecaman tersebut dengan mengatakan bahwa latihan yang dilakukan Giuliano aman dan di bawah pengawasan.

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.


  • Materi SBdP
Komik merupakan sebuah cerita bergambar yang memiliki sifat yang mudah dicerna dan lucu atau menghibur. Sifatnya yang mudah dipahami dan lucu tersebut menjadikan komik sangat mudah berkembang dari waktu ke waktu. Komik menjadi sarana hiburan yang tepat karena memudahkan pembaca untuk menyimak sebuah cerita sekaligus menghibur pembaca dengan gambar dan kata-kata yang ada didalamnya. Komik memiliki lima ciri-ciri utama, di antaranya yaitu: 
1. Bersifat proporsional
2. Adanya Bahasa Percakapan yang mudah dipahami
3. Muncul sikap Kepahlawanan
4. Penggambaran Watak
5. Mengandung Cerita Humor

Langkah langkah membuat komik:
  1. Menentukan cerita.
  2. Membuat karakter tokoh
  3. Membuat sketsa tata letak panel, ilustrasi, dan balon teks.
  4. Mewarnai gambar.
  5. Membuat dan mengisi balon teks.


5. Evaluasi
Ayo Berlatih

1. Bagaimana cara merawat alat gerak tubuh manusia....

2. Langkah membuat komik dalam penebalan disebut....

3. Jenis paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf disebut paragraf ….

4. Untuk mendapatkan ide pokok perlu dilakukan teknik membaca ….

5. Otot yang bekerjanya dalam satu arah disebut otot ….

6. Otot lurik bekerja  secara ….. dengan perintah otak.

7. Yang sering disebut alat gerak aktif adalah ….

8. Burung cendrawasih dan kasuari termasuk hewan tipe ….

9. Garis yang membatasi antara daerah hewan tipe asiatis dengan peralihan disebut garis ….

10. Komik termasuk jenis gambar ….. 


6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini tentang cara merawat alat gerak manusia, semoga ananda sholeh sholeha memahami penjelasan dari ibu guru. Untuk pembelajaran selanjutnya, besok kita akan belajar tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 tentang cudara bersih bagi kesehatan, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..

Wassalamualaikum.wr.wb.


7. Kesimpulan
#IPA
Menjaga kesehatan organ tubuh, termasuk organ gerak sebenarnya dapat dilakukan sejak kecil. Bahkan, dapat dilakukan ketika masih dalam kandungan, yakni melalui penerapan gaya, pola hidup, serta pola makan yang sehat.
Ada baiknya penerapan pola hidup sehat itu diterapkan sejak kecil, sehingga akan menjadi kebiasaan saat anak sudah beranjak remaja dan dewasa. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh, lingkungan, dan makanan, melakukan olahraga teratur, serta penerapan disiplin latihan. Dengan demikian niscaya kesehatan akan selalu terjaga hingga tua.
#B.Indonesia
Ide pokok/pikiran utama/gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Cara menentukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama/gagasan utama. 
Tidak jauh berbeda,cara menentukan ide pokok pada teks lisan adalah sebagai berikut:
1. Mendengarkan teks dengan seksama

2. Mencatat hal-hal yang dibicarakan

3. Menentukan kalimat utama

4. Menentukan ide pokok


#SBdP

Langkah langkah membuat komik:
  1. Menentukan cerita.
  2. Membuat karakter tokoh
  3. Membuat sketsa tata letak panel, ilustrasi, dan balon teks.
  4. Mewarnai gambar.
  5. Membuat dan mengisi balon teks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...