Senin, 21 Agustus 2023

Materi Ajar: Selasa 22 Agustus 2023

 

Tema 2                              : Udara Bersih Bagi Kesehatan 

Subtema   1                     : Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Pembelajaran ke            : 1

Muatan pelajaran          : Bahasa Indonesia, IPA

1. Sapaan 

Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

2. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang posisi dan sikap tubuh yang baik bagi kesehatan organ gerak dengan peduli, hari ini kita msuk ke tema 2 subtema 1 tentang sistem pernapasan hewan

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..
pembelajaran 1



3. Tujuan Pembelajaran


1.         Dengan membaca teks yang ada, siswa mampu menyebutkan informasi terkait dengan  pertanyaan apa, di mana, kapan dan siapa

2.         Dengan membaca teks yang ada, siswa dapat menemukan informasi tentang organ pernapasan  pada hewan


Rangkuman Materi :

Bahasa Indonesia (KD 3.2 dan 4.2) Mencari Informasi Penting Dari Teks

 

Informasi adalah sekumpulan fakta yang menggambarkan sebuah peristiwa atau kejadian tertentu.Informasi dapat membuat seseorang memahami atau mengetahui sesuatu hal. Salah satu cara memperoleh informasi adalah dengan membaca teks dengan cermat.

Setelah membaca, informasi dapat di peroleh dari jawaban pertanyaan pertanyaan yang menggunakan kata tanya apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Selain itu, kita dapat membuat pengelompokan untuk setiap pertanyaan dengan cara membuat sebuah peta pikiran ( mind map ). Peta Pikiran adalah suatu cara menyajikan informasi yang kita peroleh dari teks dalam bentuk diagram.

 

Bacalah teks berikut!

 

Wisata Hutan Pinus dan Kisah Warga Lereng Gunung Slamet

 

Kawasan wisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sudah sangat dikenal.Kawasan wisata di lereng selatan Gunung Slamet ini dikembangkan sejak 1980-an. Dan kini, menjadi salah satu destinasi wisata favorit, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.Selain kawasan wisata Baturraden, juga dikembangkan wisata alternatif berupa kawasan hutan pinus. Wisata hutan pinus tepatnya di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang berjarak sekitar 5 km ke arah timur dari Baturraden.

Tanah yang subur, udara sejuk, pepohonan yang rimbun, dan pemandangan yang memukau menjadi andalan kawasan wisata hutan pinus yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Perhutani Banyumas Timur ini.Ketua Pokja Wisata Hutan Pinus Limpakuwus Eko Purnomo mengatakan, pengembangan kawasan wisata yang berada di lahan seluas 10 hektar ini bertujuan agar warga setempat memperoleh pendapatan tambahan.Pada 2016, desa tersebut merupakan salah satu desa termiskin di Jateng. “Ini menjadi motivasi bagi kami, Desa Limpakuwus disebut sebagai desa tertinggal, desa kami dikategorikan desa miskin

 

IPA (KD 3.2 dan 4.2) Sistem Pernapasan Hewan

 

Sistem Pernapasan Pada Hewan

Dibawah ini terdapat sistem pernapasan pada hewan, antara lain:

 

A. Hewan dengan Alat Pernapasan Insang

Secara umum, hewan yang hidup di air alat pernafasasnnya adalah menggunakan insang, namun terdapat juga yang menggunakan paru-paru seperti halnya pada paus, lumba-lumba dan pesut.Alat pernafasan ikana dalah insang, yang berada di sisi kepala dengan bentuk yang menyerupai sisir.

Bagian-bagian insang yaitu terdiri dari 3 bagian, antara lain:

Rigi-rigi.Bagian insang ini mempunyai fungsi sebagai penyaring terhadap kotoran yang terdapat di air supaya tidak masuk ke lembaran insang.

Lembaran-lembaran insang.Bagian insang ini mempunyai fungsi untuk menyerp udara yang berada di dalam air.

Lengkung insang.Bagian ini mempunyai fungsi untuk melekatnya lembaran-lembaran inssang.

 

 

Keterangan gambar:

1. Mulut

2. Rigi-rigi insang

3. Lembaran-lembaran insang.

 

B. Hewan dengan Alat Pernapasan Paru-Paru

 

a. Mamalia

 

Hewan mamalia atau sering kita mengenalnya sebagai hewan menyusui banyak kita jumpai berada.Sebagai contoh hewan mamalia adalah kuda, gajah, kambing, harimau, kelelawar, dan juga kera.Contoh hewan mamalia tersebut merupakan contoh yang hidup di darat.ada pula contoh hewan mamalia yang hidupnya di air, misalnya ikan paus, lumba-lumba, dan juga pesut. Alat pernapasan dari hewan mamalia terdiri dari hidung, batang tenggorokan, cabang tenggorokan, dan juga paru-paru. Di dalam paru-paru terjadi suatu penyerapan oksigen, sedangkan untuk gas karbondioksida dan uap air akan dihembuskan keluar lewat hidung. Untuk lubang hidung ikan paus yaitu berada di atas kepalanya, oleh karenanya ikan paus dapat bernapas sementara mulutnya berada dalam air.

 

b. Burung

 

Hewan ini mempunyai alat pernapasan yang terdiri dari hidung, batang tenggorokan, dan paru-paru yang berhubungan dengan pundi-pundi udara yang mana  pundi-pundi udara tersebut akan membantu pernapasan burung pada waktu burung terbang. Terdapat lima pasang pundi udara pada burung, antara lain:

(1) pundi-pundi udara pangkal leher,

(2) pundi-pundi udara antartulang selangka bercabangcabang membentuk pundi-pundi udara di                           dalam tulang lengan atas,

(3) pundi-pundi udara dada depan,

(4) pundi-pundi udara dada belakang, dan

(5) pundi-pundi udara perut.

5. Evaluasi

BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Manusia bernapas dengan menghirup ….
a. Oksigen
b. Nitrogen
c. Karbondioksida
d. Hidrogen

2. Hewan cacing bernapas melalui ….
a. Hidung
b. Insang
c. Trakea
d. Permukaan Kulit

3. Jenis hewan yang mempunyai alat pernapasan berupa trakea adalah ….
a. Ikan
b. Amfibi
c. Serangga
d. Reptil

4. Ikan adalah hewan yang memiliki alat pernapasan khusus yaitu ….

a. Tenggorokan
b. Trakea
c. Insang
d. Kapiler

5. Pada saat masih berbentuk kecebong, katak bernapas menggunakan ….
a. Paru-paru
b. Insang
c. Kulit
d. Trakeola

JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Untuk memudahkan penyerapan oksigen dari udara maka tubuh cacing selalu …..

2. Katak dewasa bernapas menggunakan …. dan …..

3. Hewan mamalia bernapas dengan menggunakan ….

4. Udara masuk ke tubuh manusia pertama-tama melalui ….

5. Sikap atau perilaku untuk senantiasa melaksanakan tugas dan kewajiban tertentu dinamakan ….

6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini tentang alat pernapasan pada manusia, semoga ananda sholeh sholeha memahami penjelasan dari ibu guru. Untuk pembelajaran selanjutnya, besok kita akan belajar tema 2 subtema 1 pembelajaran 2 tentang cudara bersih bagi kesehatan, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..

Wassalamualaikum.wr.wb.


7. Kesimpulan
# BAHASA IMDONESIA
Informasi adalah sekumpulan fakta yang menggambarkan sebuah peristiwa atau kejadian tertentu.Informasi dapat membuat seseorang memahami atau mengetahui sesuatu hal. Salah satu cara memperoleh informasi adalah dengan membaca teks dengan cermat.
#IPA
Macam-macam alat pernapasan hewan 
1. trakea
2. paru-paru
3. insang
4. hidung, batang tenggorokan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...