TEMA 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia
SUBTEMA 2 : Manusia dan Lingkungannya
PEMBELAJARAN 4: IPS, PPKn dan B.Indonesia
1. Sapaan
Hello, how are you my lovely student?semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...
2. Apersepsi Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang persebaran penduduk Indonesia., hari ini kita akan belajar tentang persebaran flora fauna di Indonesia dan nilai nilai pada Pancasila.
lets start our lesson todaySebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..pembelajaran 4
3. Tujuan Pembelajaran - Dengan mengamati gambar pada peta, siswa dapat menyebutkan kondisi geografis masing-masing pulau besar di Indonesia dengan percaya diri dan siswa dapat memahami kondisi iklim di Indonesia dengan peduli.
- Dengan membaca, siswa mengidentifikasi keragaman flora dan fauna di Indonesia dengan tanggung jawab.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan peduli.
- Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan dengan tanggung jawab.
4. Materi Ajar- Materi IPS
Banyak faktor yang membuat bangsa Indonesia menjadi sebuah bangsa yang besar yang bisa disandingkan dengan bangsa-bangsa besar lainnya di dunia. Banyak faktor pula yang menjadikan kita semakin bangga menjadi warganegara Indonesia. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut.1. Nilai-nilai luhur yang hidup di tengah-tengah masyarakat.2. Wilayahnya yang luas dan berupa kepulauan.3. Letak geografis dan strategisnya.4. Besarnya jumlah penduduk.5. Beragamnya suku, agama, ras, dan golongan.6. Beragamnya budaya, sosial, dan ekonomi.
Selain faktor diatas ada faktor dari alam yaitu kenampakan alam. Kenampakan alam pada bentang alam Indonesia merupakan salah satu yang terlengkap di dunia. Kenampakan alam itu meliputi laut, pantai, dataran rendah, lembahsubur, padang rumput, sungai, danau, bukit, pegunungan, hingga gunung.
Bentang alam wilayah Indonesia yang bervariasi tidak terlepas dari keadaan iklim di Indonesia. Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu wilayah dalam jangka waktu yang relatif lama. Adapun cuaca adalah keadaan suhu udara, tekanan udara, curah hujan, angin, dan sinar matahari pada waktu pendek dan tempat tertentu.
Letak astronomis Indonesia yang berada di wilayah tropis membuat Indonesia beriklim tropis. Ciri iklim tropis adalah suhu udara yang tinggi sepanjang tahun, dengan rata-rata tidak kurang dari 18 0 C, yaitu sekitar 27 0 C Di daerah tropis tidak ada perbedaan yang jauh antara suhu pada musim hujan dengan suhu pada musim kemarau. Ciri iklim tropis lainnya adalah lamanya siang dan malam hampir sama, yaitu 12 jam.
Keadaan iklim di Indonesia secara umum sebagai berikut.Iklim musim, dipengaruhi oleh angin musim yang berubah-ubah setiap periode waktu tertentu. Biasanya satu periode perubahan adalah enam bulan sekali.1. Iklim laut, terjadi karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luas. IklimIndonesia sangat dipengaruhi oleh laut dan lautan. Laut dan lautan Indonesia mengakibatkan tingginya penguapan. Wilayah yang memiliki tingkat penguapan yang tinggi, juga akan memiliki curah hujan yang tinggi.2. Iklim panas, terjadi karena Indonesia berada di daerah tropis. Suhu yang tinggi mengakibatkan penguapan yang tinggi dan berpotensi untuk terjadinya hujan.Wilayah yang luas membuat pengelompokan flora dan fauna di Indonesia terbagi menjadi empat kelompok besar. Indonesia terletak diantara dua kawasan persebaran fauna dunia, yaitu kawasan Oriental di bagian utara dan kawasan Australia di bagian selatan. Dengan kondisi seperti ini, Indonesia memiliki sebagian kekayaan jenis hayati Asia dan Australia. Jenis fauna di Indonesia sangat banyak dan kehidupannya dipengaruhi oleh keadaan tumbuh-tumbuhan dan iklim daerahnya. Indonesia terletak di daerah tropis yang merupakan salah satu sasaran migrasi satwa dari belahan bumi utara dan selatan. - Materi PPKn
Keberagaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia tidak terlepas dari pengaruh luasnya wilayah Indonesia. Wilayah Indonesia berupa kepulauan yang terdiri atas pulau besar dan kecil baik yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni. Meskipun demikian, keberagaman ini bukanlah menjadi pemecah, justru menjadi pemersatu bangsa dengan berlandaskan Pancasila.
Menjaga kerukunan beragama merupakan perilaku yang baik yang harusdilakukan oleh siapa pun. Hal tersebut juga mencerminkan penerapan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila Pancasila, terutama Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Setiap sila dalam Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang berbeda satu sama lain. Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, maka dari itu perilaku dan sikap masyarakatnya haruslah mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila.
- Materi B.Indonesia
Ide pokok/pikiran utama/gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Cara menentukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama/gagasan utama.
- Kalimat utama/ kalimat topik
Kalimat utama/ kalimat topik ialah kalimat yang memuat pikiran utama/ide pokok/ gagasan utama.
- Kalimat penjelas/ kalimat pengembang
Kalimat penjelas/ kalimat pengembang adalah kalimat-kalimat yang isinya merupakan penjelasan, uraian, atau berupa rincian-rincian detail tentang ide pokok suatu paragraf.
5. Evaluasi Ayo Berlatih1. Agama yang diakui di Indonesia saat ini sebanyak ….
a. empat
b. lima
c. enam
d. tujuh
Jawaban: jumlah agama yang diakui di Indonesia ada 6 yaitu; Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghuchu.
2. Makna dari Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia adalah ….
a. walaupun berbeda beda tetap tinggal di Indonesia
b. walaupun berbeda beda tetap satu jua
c. meskipun berbeda agama tetap kita bersaudara
d. meskipun kita berbeda suku dan ras kita harus saling menjaga.
Jawaban: Bhineka Tunggal Ika memiliki arti walaupun berbeda beda tetap satu jua.
3. Berbakti kepada orang tua merupakan contoh penerapan nilai nilai Pancasila di lingkungan ….
a. keluarga
b. sekolah
c. masyarakat
d. berbangsa dan bernegara
Jawaban: di lingkungan keluarga.
4. Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia dipengaruhi oleh ….
a. jumlah penduduk
b. keragaman suku
c. letak geografis
d. wilayah yang luas
Jawaban: ada banyak faktor yang menyebabkan keberagaman di Indonesia, di antaranya: letak strategis wilayah Indonesia, perbedaan keadaan alam di Indonesia, kondisi keadaan kepulauan, keadaan trasportasi dan komunikasi yang berbeda serta perbedaan penerimaan masyarakat atas perubahan.
5. Mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama ….
a. Islam
b. Kristen
c. Khatolik
d. Budha
Jawaban: mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.
6. Bacalah teks pendek di bawah ini dengan seksama !
Andra merupakan seorang penyandang cacat yang semangat(1). Cacat tubuh Andra disebabkan oleh penyakit polio (2). Namun semangatnya untuk berkarya sangat besar (3). Buktinya Andra menjadi Atlet bulutangkis kategori penyandang cacat (4).
Kalimat utama pada paragraf di atas ditunjukkan pada nomor ….
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1
7. Pulau terbesar di Indonesia dan kedua di dunia adalah Pulau ….
a. Sumatra
b. Kalimantan
c. Papua
d. Sulawesi
Jawaban: pulau terbesar di dunia adalah greenland, kedua Papua dan ketiga adalah Kalimantan.
9. Pulau di Indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa adalah Pulau ….
a. Jawa
b. Bali
c. Nusa Tenggara
d. Kalimantan
Jawaban: salah satu daerah yang dilalui oleh garis khatulistiwa adalah pontianak kalimantan barat.
10.Penduduk di Indonesia tidaklah merata. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan melaksanakan program ….
a. urbanisasi
b. transmigrasi
c. keluarga berencana
d. imigrasi
Jawaban; salah satu cara memeratakan jumlah penduduk dengan melakukan program transmigrasi.
6. PenutupDemikian pembelajaran hari ini tentang kenampakan alam di Indonesia yaitu persebaran flora dan fauna, semoga ananda sholeh sholeha memahami penjelasan dari ibu guru. Untuk pembelajaran selanjutnya, besok kita akan belajar tema 1 subtema 2 pembelajaran 5 tentang macam macam otot manusia , apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..
- Dengan mengamati gambar pada peta, siswa dapat menyebutkan kondisi geografis masing-masing pulau besar di Indonesia dengan percaya diri dan siswa dapat memahami kondisi iklim di Indonesia dengan peduli.
- Dengan membaca, siswa mengidentifikasi keragaman flora dan fauna di Indonesia dengan tanggung jawab.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan peduli.
- Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan dengan tanggung jawab.
- Materi IPS
- Materi PPKn
- Materi B.Indonesia
Kalimat utama/ kalimat topik ialah kalimat yang memuat pikiran utama/ide pokok/ gagasan utama.
Kalimat penjelas/ kalimat pengembang adalah kalimat-kalimat yang isinya merupakan penjelasan, uraian, atau berupa rincian-rincian detail tentang ide pokok suatu paragraf.
1. Agama yang diakui di Indonesia saat ini sebanyak ….
a. empat
b. lima
c. enam
d. tujuh
Jawaban: jumlah agama yang diakui di Indonesia ada 6 yaitu; Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghuchu.
2. Makna dari Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia adalah ….
a. walaupun berbeda beda tetap tinggal di Indonesia
b. walaupun berbeda beda tetap satu jua
c. meskipun berbeda agama tetap kita bersaudara
d. meskipun kita berbeda suku dan ras kita harus saling menjaga.
Jawaban: Bhineka Tunggal Ika memiliki arti walaupun berbeda beda tetap satu jua.
3. Berbakti kepada orang tua merupakan contoh penerapan nilai nilai Pancasila di lingkungan ….
a. keluarga
b. sekolah
c. masyarakat
d. berbangsa dan bernegara
Jawaban: di lingkungan keluarga.
4. Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia dipengaruhi oleh ….
a. jumlah penduduk
b. keragaman suku
c. letak geografis
d. wilayah yang luas
Jawaban: ada banyak faktor yang menyebabkan keberagaman di Indonesia, di antaranya: letak strategis wilayah Indonesia, perbedaan keadaan alam di Indonesia, kondisi keadaan kepulauan, keadaan trasportasi dan komunikasi yang berbeda serta perbedaan penerimaan masyarakat atas perubahan.
5. Mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama ….
a. Islam
b. Kristen
c. Khatolik
d. Budha
Jawaban: mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.
6. Bacalah teks pendek di bawah ini dengan seksama !
Andra merupakan seorang penyandang cacat yang semangat(1). Cacat tubuh Andra disebabkan oleh penyakit polio (2). Namun semangatnya untuk berkarya sangat besar (3). Buktinya Andra menjadi Atlet bulutangkis kategori penyandang cacat (4).
Kalimat utama pada paragraf di atas ditunjukkan pada nomor ….
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1
7. Pulau terbesar di Indonesia dan kedua di dunia adalah Pulau ….
a. Sumatra
b. Kalimantan
c. Papua
d. Sulawesi
Jawaban: pulau terbesar di dunia adalah greenland, kedua Papua dan ketiga adalah Kalimantan.
9. Pulau di Indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa adalah Pulau ….
a. Jawa
b. Bali
c. Nusa Tenggara
d. Kalimantan
Jawaban: salah satu daerah yang dilalui oleh garis khatulistiwa adalah pontianak kalimantan barat.
10.Penduduk di Indonesia tidaklah merata. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan melaksanakan program ….
a. urbanisasi
b. transmigrasi
c. keluarga berencana
d. imigrasi
Jawaban; salah satu cara memeratakan jumlah penduduk dengan melakukan program transmigrasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar