Hari/Tanggal : Senin , 7 Maret 2022
Kelas : 3
Tema : 7 (Perkembangan Teknologi)
Subtema : 2 ( Perkembangan Teknologi Produksi Sandang )
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar :
B.Indonesia 3.6, Matematika 3.9 dan SBdP 3.3
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengidentifikasi ide pokok serta menuliskan informasi tentang perkembangan teknologi produksi sandang dengan rinci.
2. Siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat.
3. Dengan mencermati gerakan memintal dan menenun, siswa dapat mengidentifikasi serta memperagakan kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan tepat.
Assalamualaikum Wr Wb
Good morning my student? How are you today?
I hope we are always in the good condition.
Yesterday , we learned thema 7 subtheme 1, And today we will learn thema 7 subthema 2 lesson 1 and 2 , today we will have examination for subtheme 1
Okey,,, lets start our lesson today, keep your spirit my lovely student
Read the text carefully
Setiap orang memiliki pakaian. Ada kemeja, kaos, dan blus. Ada celana panjang, celana pendek, dan rok. Mereka mengenakan pakaian untuk melindungi tubuh. Pakaian terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Tahukah kamu, bahan apa sajakah itu? Bagaimana bahan itu diolah hingga menjadi pakaian? Pakaian apa saja yang dihasilkan?
Mari, kita pelajari bersama-sama!
Hari ini udara sangat panas. Udin merasa nyaman meskipun udara panas. Baju Udin terasa sejuk di badan. Mengapa begitu?
Bacalah dengan nyaring!
Bahan Dasar Pakaian
Keluarga Udin memiliki banyak pakaian. Mereka memakai pakaian untuk melindungi tubuh. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau panas. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan.
Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.
Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra. Pakaian yang terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat dari serat sutra biasa digunakan saat acara khusus.
Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka gunakan untuk berbagai keadaan.
Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian jumlahnya terbatas. Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tuhan menyukai orang-orang yang menjaga apa yang dimiliki.
Ayo Berlatih
Bacalah kembali teks “Bahan Dasar Pakaian” dengan teliti!
Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf!
Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf!
Jawaban:
Paragraf 1 : Keluarga Udin mempunyai banyak pakaian.
Paragraf 2 : Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba.
Paragraf 3 : Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra.
Paragraf 4 : Berbeda dengan Udin ,Pakaian orang zaman dulu terbuat dari kulit kayu dan kulit hewan.
Paragraf 5 : Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat dari alam.
Ayo Mencoba
Ibu Udin memiliki kain kesayangan. Kain ibu Udin terbuat dari serat sutra. Udin mengamati motif pada kain. Udin menemukan beberapa motif bangun datar pada kain. Ia menggambar beberapa motif yang ditemukan
Kemudian, Udin menggambar salah satu bentuk bangun datar di atas kertas. Udin menggunting kertas mengikuti bentuk bangun datar. Lalu, Udin melipat kertas hingga sama besar dan saling menutupi.
Lakukanlah seperti Udin. Hitunglah banyak cara melipat yang kamu dapatkan!
Bentuk-bentuk yang dapat menutupi semua bagian kertas dengan tepat saat dilipat, disebut bentuk yang memiliki simetri lipat.
Cara Menentukan Simetri Lipat
Simetri lipat dapat ditemukan melalui percobaan.
Simetri lipat juga dapat ditemukan dengan
membuat sumbu simetri. Yaitu, garis yang
membagi dua bangun datar dan saling menutupi.
Mari kita membuat sumbu simetri bangun persegi panjang!
1. Sediakan kertas berbentuk persegi panjang.
2. Lipatlah menjadi dua bagian yang sama.
3. Lalu, buka lipatan kertas.
4. Buatlah garis pada bekas lipatan. Apa nama garis yang membagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama?
Amati bagan berikut!
Untuk materi sbdp anak-anak dapat membaca buku Tema 7 Subtema 2 Halaman 71 - 73
Hari ini kita akan mengambil penilaian harian tema 7 subtema 1
Silahkan klik link dibawah ini
emoga soleh soleha mendapatkan nilai yang memuaskan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar