Pages

Selasa, 01 Maret 2022

Materi Ajar : Selasa, 1 Maret 2022

 

Hari/Tanggal        : selasa, 1 Maret 2022

Kelas                    : 3 

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 1 ( Perkembangan Teknologi Produksi Pangan )

Pembelajaran        :  1 dan 2

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : 

B. Indonesia 3.6 Mencari isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di lingkungan setempat.

SBdP 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu

MTK 3.8 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.  

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat memahami isi dari teks tersebut dengan tepat.
2. Dengan mendengarkan lagu “Rotiku”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu, memahami perbedaannya serta menunjukkan variasi pola irama lagu dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan luas suatu daerah sertamenjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.



Apersepsi

Assalamualaikum Wr Wb 

Good morning my student? How are you today?

 I hope we are always in the good condition.

last week , we are learn subthema 3 thema 6 and get the final test score, And today  we will learn in  thema 7 subthema 1 lesson 1 about comestible

Don't forget to do dhuha prayer and murojaah

Lets start our lesson today 💪  

Perkembangan Teknologi Produksi Pangan 

Lihatlah tempat tinggalku! Udaranya sejuk, tanahnya subur. Dikelilingi sawah dan kebun. Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul. Inilah tempat tinggalku. Kaya hasil kebun dan sayur mayur. Berlimpah susu, daging, dan telur.



Terampilnya warga tempat tinggalku. Bekerja sama mengolah hasil alam. Menggunakan teknologi yang telah maju. Menghasilkan sumber pangan yang beragam. 
Mari, kita pelajari macam-macam pengolahan pangan agar menjadi manfaat bagi sesama!


Beni, Edo, Siti, dan Dayu berkumpul di teras rumah. Ibu Dayu menyediakan roti. Roti adalah makanan yang terbuat dari tepung. Dayu dan teman-teman menikmati roti buatan Ibu Dayu. Dayu teringat sebuah lagu tentang roti. Dayu menyanyikannya di depan teman-teman. Lagu  tersebut berjudul “Rotiku”.


untuk lagu lebih jelas anada bisa mendengarkan syair lagu Rotiku beriku ini :

Pola Irama Suatu Lagu

Lagu “Rotiku” memiliki pola irama yang berbeda. Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu. Pola irama muncul secara berulang-ulang  dan teratur dalam sebuah lagu. Nyanyikanlah lagu “Rotiku”! Kamu akan mendengar pola irama yang berbeda pada setiap bait lagu. Warna yang berbeda pada setiap lirik lagu, menunjukkan pola irama yang berbeda.


Ayo Membaca

Siti menunjukkan sebuah teks bacaan. Isinya tentang teknologi pangan. Tahukah kamu apa arti
teknologi pangan?
Ayo, kita baca teks bacaan yang ditunjukkan oleh Siti!

Teknologi Pangan

Alam Indonesia sungguh kaya. Kacang kedelai, jagung, dan kelapa adalah hasil pertanian. Telur, daging, dan susu adalah hasil peternakan. Semua itu adalah sumber pangan kita. Pangan artinya makanan. Alam Indonesia menyediakan sumber pangan kita.

Hasil panen dan ternak yang melimpah memberi makanan yang cukup bagi kita. Akan tetapi, hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama. Makanan itu dapat membusuk. Makanan busuk harus dibuang. Hasil panen harus diolah agar tidak cepat membusuk.

Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan. Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru. Teknologi pangan menjaga agar makanan tidak cepat membusuk.

Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, susu bubuk, dan keju. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama. Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Ayo Mengamati

Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman  untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu.

Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak  ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak  lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka dan didinginkan, adonan tahu siap dicetak.



 



Banyak tahu yang menutupi permukaan kain A ada 8.

Permukaan kain B ditutupi oleh 16 tahu berbentuk persegi.

Berapakah luas dari kain A dan kain B?

Maka, luas kain A adalah 8 satuan persegi dan luas kain B adalah 16 satuan persegi.

Ayo Berlatih

Amati gambar-gambar di bawah ini.

Hitunglah luas dari setiap gambar berikut.

Luas bidang A adalah 7 satuan

Luas bidang B adalah 10 satuan

Luas bidang C adalah  satuan

Luas bidang D adalah 7 satuan

Luas yang paling kecil adalah bidang C

Luas yang paling besar adalah bidang B

Bidang  dan  pada gambar memiliki luas yang sama.


Tugasmu!

Kamu sudah mempelajari dan membaca teks tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Sekarang Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks “Teknologi Pangan” di atas!

1. Apa arti dari pangan?

2. Apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama?

3. Bagaimana cara mengolah hasil panen?

4. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?

5. Apa manfaat dari teknologi pangan?



Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 15 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...