Pages

Rabu, 09 Maret 2022

Materi ajar : Kamis, 10 Maret 2022

Hari/Tanggal        : Kamis, 10 Maret 2022

Kelas                    : 3 

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 2 ( Perkembangan Teknologi Produksi Sandang )

Pembelajaran        : 5 

Alat Peraga           : Gambar, video guru

Kompetensi Dasar : 

, MTK 3.9 

Tujuan Pembelajaran:

Dengan melakukan percobaan terhadap beberapa bentuk bangun datar, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan menggunakan benda konkret.



Apersepsi

Assalamualaikum Wr Wb 

Good morning my student? How are you today?

 I hope we are always in the good condition.

Yesterday , we learned thema 7 subtheme 2 lesson 4, And today we will learn  thema 7 subthema 2 lesson 5 , today we will learn about job

Okey,,, lets start our lesson today, keep your spirit my lovely student


Simetri Lipat adalah jumlah lipatan yang dapat dibentuk oleh suatu bidang datar menjadi dua bagian yang sama besar. Agar memiliki simetri lipat, bangun datar harus memiliki sumbu simetri. Sumbu Simetri adalah garis yang membagi suatu bangun datar memjadi dua bagian yang sama besar. Untuk mencari simetri lipat dari suatu bangun datar, dapat dilakukan sebuah percobaan dengn membuat potongan kertas yang ukurannya mirip dengan yang kan diuji coba. Lipat kertas tersebut menjadi dua bagianyang sama besar. Jika suatu bangun datar dapat dilipat menjadi dua, sehingga lipatan yang satu dapat menutupi bagian yg lain dengan tepat, maka dapat dikatakan bangun tersebut memiliki simetri lipat.

Simetri Putar adalah jumlah putaran yang dapat dilakukan terhadap suatu bangun datar dimana hasil putarannya akan membentuk pola yang sama seperti pada saat sebelum diputar, namun bukan kembali ke posisi awal. Sebuah bangun memiliki simetri putar apabila terdapat satu titik pusat dan bangun itu bisa diputar kurang dari satu putaran penuh, sehingga bayangannya berada tepat pada bangun semula. Percobaan dapat dilakukan seperti pada percobaan simetri lipat, namun caranya dengan memutar kertas yang telah dibentuk. Jika suatu bangun datar diputar melalui pusatnya dan dapat tepat menempati tempat semula, maka bangun tersebut mempunyai simetri putar. Banyaknya bangun tersebut menempati tempat semula dalam sekali putaran menunjukkan jumlah simetri putar, arah perputaran mengikuti arah jarum jam.

Berikut ini simetri lipat, simetri putar dan sumbu simetri beberapa bangun datar :
No
Nama bangun datar
Simetri lipat
Simetri putar
Sumbu simetri
1
Segitiga sama kaki
1
-
1
2
Segitiga sama sisi
3
3
3
3
Persegi panjang
2
2
2
4
Persegi
4
4
4
5
Jajar genjang
-
2
-
6
Trapesium sama kaki
1
-
1
7
Trapesium siku-siku
-
-
-
8
Layang-layang
1
-
1
9
Belah ketupat
2
2
2
10
Lingkaran
Tak terhingga
Tak terhingga
Tak terhingga

Agar lebih jelas, anak-anak dapat menonton video berikut ini!





Tugasmu!

kerjakan modul tematik MATEMATIKA no. 1-5   dan SBDP no,1-5 halaman 72


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 15 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...