Pages

Kamis, 03 Maret 2022

Materi Ajar : Jumat , 4 Maret 2022

Hari/Tanggal        : Jum,at , 4 Maret 2022

Kelas                    : 3 

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 1 ( Perkembangan Teknologi Produksi Pangan )

Pembelajaran        :  6

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : 

B.Indonesia 3.6, Matematika 3.8, PPKN 3.3 

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan manfaat dari teknologi pangan dengan tepat.
2. Siswa dapat menemukan dan menjelaskan volume suatu benda dengan satuan tidak baku.
3. Siswa dapat menuliskan kembali hal yang perlu ditiru (dampak positif) dan hal yang harus dihindari (dampak negatif) dari keberagaman karakteristik individu dengan tepat. 



Apersepsi

Assalamualaikum Wr Wb 

Good morning my student? How are you today?

 I hope we are always in the good condition.

Yesterday , we learned thema 7 subtheme 1, And today we will learn  thema 7 subthema 1 lesson about good attitude and bad attitude 

Okey,,, tiday is the last lesson in subtheme 1, keep your spirit my lovely student


Lets read the text

Cara Membuat Tempe Kedelai merupakan hasil perkebunan yang memiliki banyak manfaat. Tempe adalah salah satu hasil teknologi pangan dari  kedelai. Cara membuatnya  cukup mudah. Kacang kedelai digunakan untuk membuat tempe. Selain itu, ditambahkan ragi tempe serta daun pisang. Pertama, kacang kedelai dicuci hingga bersih. Kemudian, direndam selama 12 sampai 18  jam.

   

Kacang kedelai digunakan untuk membuat tempe. Selain itu, ditambahkan ragi tempe serta daun pisang. Pertama, kacang kedelai dicuci hingga bersih. Kemudian, direndam selama 12 sampai 18 jam.  

Kacang kedelai dicuci hingga kulitnya terlepas. Lalu, kacang kedelai dikukus atau direbus hingga empuk. Kacang kedelai yang sudah empuk diangkat dan ditiriskan. Ragi tempe dapat ditaburkan jika suhunya telah berubah menjadi hangat.

Kacang kedelai dapat dikonsumsi dalam bentuk yang baru yaitu tempe, melalui teknologi pangan. Teknologi pangan bermanfaat agar kedelai dapat dinikmati sebagai jenis makanan baru. Zat gizi pada tempe dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.

Ayo Mengamati 

Siti, Dayu, Lani, Udin, Edo, dan Beni ikut serta membuat tempe.  Mereka bekerja sama menyiapkan proses pembuatan tempe. Udin dan Edo menyiapkan kompor dan panci. Dayu mencuci kacang kedelai dibantu oleh Lani. Siti dan Beni bertugas merebus kacang kedelai. Siti harus mengisi panci dengan air. Panci yang tersedia berukuran besar. Gelas untuk menuang air berukuran kecil. Siti menghitung banyaknya gelas berisi air agar panci terisi sampai penuh.

Ayo Berdiskusi

Bacalah teks bacaan berikut!

Setelah membuat tempe, Siti dan teman-teman akan mengolah tempe yang sudah jadi. Mereka membayangkan menu masakan yang akan dibuat dari tempe. 
Siti ingin membuat tempe balado karena Siti suka pedas. Edo ingin membuat semur tempe karena Edo suka rasa manis. Lani ingin membuat tempe  asam manis karena Lani suka rasa asam dari saus tomat. Beni, Dayu, dan Udin, lebih suka tempe yang digoreng. Rasanya asin dan gurih.
Siti memaksa ingin membuat tempe balado. Demikian pula, Edo tetap bertahan ingin membuat semur tempe. Karena tidak ada yang mau mengalah, hampir saja tempe tidak jadi diolah. 
Keinginan setiap orang berbeda-beda. Jika setiap orang memaksakan kehendak, akan terjadi pertengkaran. 
Akhirnya, Siti dan kawan-kawan berdiskusi untuk menentukan jenis masakan yang akan dibuat. Siti tidak ingin memaksakan kehendak. Siti paham bahwa tidak semua orang suka pedas. Siti memiliki tenggang rasa terhadap teman-temannya. Begitu pula Edo dan Lani, mereka tidak memaksakan keinginan pribadi. Dari hasil diskusi, semua sepakat untuk membuat tempe mendoan.  
Perbedaan sifat dan kebiasaan dapat menimbulkan pertengkaran jika tidak ada yang mau mengalah. Sikap itu tentu saja tidak baik. Perbedaan sifat dan kebiasaan tidak akan menjadi masalah, jika bertoleransi terhadap sifat dan kebiasaan orang lain. 
Tenggang rasa adalah sikap mau memahami keadaan orang lain.

Kata kunci
Sikap yang perlu ditiru memberikan akibat yang positif atau baik.
Sikap yang harus dihindari adalah sikap yang dapat memberikan akibat negatif atau tidak baik.

Vidio pembelajaran:



TUGAS
Amati hasil diskusi mengenai berbagai akibat dari adanya perbedaan sifat dan kebiasaan pada setiap orang! Seperti di bawah ini. 

 Muncul sikap tenggang rasa

 Berbeda pendapat

 Perang antar suku bangsa

 Memahami perasaan orang lain

 Saling melengkapi satu sama lain

 Memicu pertengkaran

 Menghargai perbedaan

 Memaksakan kehendak

 Memperkaya wawasan

 Tidak mau bersatu

Let's do the exercise !

Kamu sudah mengamati dan berdiskusi mengenai berbagai akibat dari adanya perbedaan sifat dan kebiasaan pada setiap orang. 
Sekarang yuk anak-anak tuliskan kembali sikap yang perlu ditiru dan dihindari jika terdapat perbedaan pada tabel di bawah ini. 
Tuliskan 5 akibat dari adanya perbedaan pada teks di atas ya!

Contoh :

NO

Perlu Ditiru

Perlu Dihindari

      1.

Muncul sikap tenggang rasa

Perang antar suku bangsa

 

      2. 

 

 

      3. 

 

 

      4. 

 

 

      5. 

 

 



Kerjakan dari nomor 2 sampai 5 ya nak 


Pengiriman Tugas: 

Tugas dapat dikirimkan dalam bentuk foto atau soleh soleha dapat menyebutkan/ membacakan sikap yang perlu ditiru dan perlu dihindari via VOICE NOTE / VIDIO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 15 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...