Pages

Kamis, 21 Maret 2024



MATERI AJAR KAMIS, 21 MARET 2024

 


Satuan Pendidikan  : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema 8                      : Lingkungan Sahabat Kita 

Sub Tema 2               :  Perubahan Lingkungan

Pembelajaran ke-     : 4

Muatan Terpadu   : PPKn ( KD 3. 3, 4. 3), IPS (KD 3. 3, 4. 3). Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8),


1. Tujuan Pembelajaran :

 1. Melalui kegiatan mengamati bacaan dan berdiskusi, siswa mampu membuat peta pikiran tentang usaha ekonomi yang dikelola kelompok dengan benar. 

 2. Melalui kegiatan mengamati, siswa dapat menceritakan keragaman adat istiadat di lingkungan sekitarnya dengan benar.

3. Melalui kegiatan bercerita, siswa dapat menyebutkan kebiasaan kerja sama dan bergaul dengan lintas suku dan agama

2. Apersepsi 

Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang peristiwa dalam kehidupan di tema 8 subtema 2 pembelajaran 3 tentang  usaha ekonomi yang dikelola  secara perorangan hari ini kita akan memasuki tema 8 subtema 2 pembelajaran 4  tentang usaha ekonomi yang di kelola secara kelompok dan  keunikan adat istiadat dalam keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia.
Sebelumnya, tonton dulu video dibawah ini ya nak

3. Materi AJar 

Muatan   IPS (KD 3. 3, 4. 3).

Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok

Usaha ekonomi kelompok dikelola secara bersama, baik modal, pengelolaan, maupun keuntungan.

Bentuk usaha ekonomi bersama sebagai berikut :

1.    Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan negara yaitusebuah perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki negara.BUMN dapat berbentuk perusahaan umum (perum) dan perseroan terbatas (persero).BUMN bergerak di bidang usaha yang bersifat strategis atau vital, misalnya bidang energi listrik dan telekomunikasi.Di Indonesia juga terdapat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau perusahaan daerah.BUMD merupakan perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki pemerintah daerah.

Tujuan pendirian BUMD sebagai berikut.

a.       Ikut melaksanakan pembangunan ekonomi daerah dan pembangunanekonomi nasional.

b.      Memenuhi kebutuhan rakyat dan menyediakan lapangan kerja untukmewujudkan masyarakat adil dan makmur.

 

2.    Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Badan Usaha Milik Swasta merupakan perusahaan yang seluruhsahamnya dimiliki oleh swasta. Ada beberapa macam BUMS sebagai berikut :

ü Firma

Firma adalah usaha ekonomi bersama yang didirikan olehsekurangnya dua sekutu. Pendiri firma biasanya orang-orang yang saling kenal satu dengan yang lain. Setiap anggota firma memiliki hak untuk bertindak atas nama firma.Anggota firma juga bertanggung jawab secara penuh atas risiko kerugian firma.Usaha berbentuk firma biasa bergerak di bidang layanan konsultasi hukum dan keuangan.

ü Persekutuan Komanditer

Persekutuan komanditer (CV) didirikan oleh sekurangnya dua orangyang menyetorkan modal.Pada CV terdapat dua jenis sekutu, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif.Sekutu aktif berperan sebagai investor dan pengelola CV. Sekutu pasif berperan sebagai investor tanpa terlibat dalam pengelolaan CV. Usaha berbentuk CV dapat dikembangkan dari firma.Ini dimungkinkan jika firma ingin memperluas usahanya dan membutuhkan banyak modal.

ü Perseroan Terbatas

Perseroan terbatas (PT) adalah usaha bersama yang modalnyaberupa kumpulan saham.Saham diartikan sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan atas penyetoran modal.Setiap saham memiliki nilai nominal tertentu. Pemilik saham akan memperoleh keuntungan berupa dividen. Bagi perseroan yang ingin mengembangkan dan memperluas usaha, sahamnya dapat diperdagangkan di pasar modal.

 

3.    Koperasi

Di Indonesia berkembang usaha bersama yang bertujuan menyejahterakan anggotanya.Usaha yang dimaksud adalah koperasi.Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat (1), yaitu bentuk perekonomian disusun atas usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi pertama kali dikembangkan oleh Drs. Mohammad Hatta.Atas perannya tersebut beliau dijuluki Bapak Koperasi Indonesia.

Bentuk-bentukkoperasi di Indonesia sebagai berikut :

a)    Koperasi konsumsi, yaitu koperasi yang menyediakan berbagai barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya beras,gula, minyak, sabun, peralatan rumah tangga, dan barang elektronik.Tujuan koperasi ini adalah memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari bagi anggota dengan harga dan mutu layak.

b)   Koperasi simpan pinjam, yaitu koperasi yang menyediakan layanansimpan dan pinjam. Koperasi jenis ini menerima simpanan dari anggota.Selanjutnya, uang yang telah terkumpul dipinjamkan kepada anggota.

c)    Koperasi produksi, yaitu koperasi yang menyediakan bahan bakuproduksi dan menyalurkan hasil produksi anggotanya. Koperasi ini beranggotakan para produsen atau pengusaha, misalnya pengusaha batik, tahu dan tempe, dan sapi perah.

d)   Koperasi jasa, yaitu koperasi yang menyediakan layanan atau jasa tertentu bagi anggotanya. Contohnya, koperasi angkutan.

e)    Koperasi serbausaha, yaitu koperasi mengelola berbagai jenis usaha,misalnya penyediaan barang konsumsi, simpan pinjam, penyediaan bahan baku, dan penyaluran hasil produksi. Contohnya, koperasi unit desa (KUD)

 

PPKn (KD 3. 3, 4. 3)

 

Sikap terhadap Keunikan Adat Istiadat Daerah Tertentu di Indonesia

Di Indonesia turun temurun terdapat lebih dari 300 suku bangsa yang tersebar di seluruh daerah.Setiap suku bangsa memiliki adat istiadat.Adat istiadat adalah perilaku budaya dan aturan-aturan yang diterapkan dalam masyarakat secara turun temurun.Biasanya terdapat sanksi social bagi mereka yang melanggar atau tidak menjalankan adat istiadat itu.

Adat istiadat bersifat lokal sehingga adat satu daerah dapat berbeda dengan daerah lain. Contoh adat istiadat dalam masyarakat dapat terlihat, misalnya :

ü Upacara pernikahan

ü Upacara tujuh bulanan

ü Upacara kematian, serta

ü Upacara sebelum masa tanam dan sesudah masa panen.

Adat istiadat mengandung nilai-nilai luhur yang berasal dari nenek moyang sehingga menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakatnya. Cara menghargai adat istiadat dapat dilakukan antara lain :

ü Mempelajari adat istiadat daerah yang akan kita kunjungi

ü Mematuhi aturan dalam adat istiadat di tiap daerah

ü Tidak melakukan hal-hal yang dilarang dalam adat istiadat daerah tertentu.

 

Memaknai Keberagaman Adat Istiadat di Indonesia

Adat istiadat di tiap daerah mengajarkan kita berbagai nilai luhur kehidupan seperti bergotong royong, meghargai kelestarian alam, kejujuran, dan kesederhanaan.Kita harus melestarikan adat istiadat yang ada di Indonesia untuk menjaga nilai-nilai luhur tersebut. Pelestarian adat istiadat di tiap daerah di Indonesia memiliki tujuan sebagai berikut :

a.    Melindungi dan membina adat istiadat serta nilai sosial budaya masyarakat.

b.    Menumbuhkan semangat kebersamaan dan kegotong-royongan.

c.    Memelihara kelestarian dan keseimbangan lingkungan alam.

Pelestarian adat istiadat di Indonesia dapat kita saksikan dalam upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat di daerah asalnya seperti gambar berikut :ad

Tradisi Rasulan di Gunung Kidul

Tradisi rasulan merupakan aset budaya yang harus dipertahankan.Tradisi ini melestarikan jiwa kebersamaan dan semangat gotong royong, sehingga keharmonisan masyarakat dapat terjaga.Selain sebagai sarana untuk memupuk semangat kekeluargaan, tradisi ini juga menjadi salah satu wadah untuk melestarikan kesenian daerah Gunung Kidul.

Setiap upacara adat menyimpan makna dan nilai-nilai luhur yang hingga saat ini berusaha dijaga oleh masyarakat di daerahnya.Dengan mempelajari keberagaman adat istiadat di Indonesia artinya kita telah ikut serta menjaga dan melestarikan adat istiadat yang ada di Indonesia.

Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8)

Mendiskusikan Peristiwa Penting dalam Teks Nonfiksi

Peristiwa penting dapat ditemukan dengan membaca teks secara saksama. Setelah itu, kita dapat mencatatnya sehingga kita akan selalu mengingatnya. Cara mencatat peristiwa peristiwa penting dari sebuah teks dapat dilakukan dengan cara membuat peta pikiran, tabel, menjawab pertanyaan, atau diagram alir.

Menghimpun Peristiwa Penting dalam Teks Nonfiksi

Setiap paragraf dalam teks mengandung peristiwa-peristiwa penting yang akan menambah wawasanmu. Kamu dapat menghimpun peristiwa penting dalam teks nonfiksi.Menghimpun artinya mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi peristiwa yang ada di dalam teks nonfiksi.Peristiwa penting yang telah kita himpun dapat disajikan dalam bentuk peta pikiran.

4. Evaluasi 

Jawablah Pertanyaan berikut dengan benar!

1. Apa kepanjangan dari BUMN adalah ...

a. Badan Usaha Milik Negara     C. Badan usaha milik swasta

b. Badan Usaha Milik daerah      d. Badan usaha milik perorangan 



2.  Modal BUMN berasal dari ...

a. Swasta             c. Negara 

b. Daerah              d. Masing-masing

3. Usaha ekonomi yang  didirikan sekurang-kurang oleh 2 orang disebut ...

a. CV            c . PT

b Firma        d.  Koperasi

4. Sekutu aktif dan sekutu pasif adalah istilah yang ditemukan pada ...

a. Firma        c. PT

b. CV                d. BUMN

5. Usaha yang bersama yang modalnya berupa saham yaitu ...

a. Firma                      c. PT

b. Koperasi                d. BUMN

6.  Usaha bersama yang bertujuan mensejahterakan anggotanya adalah ...

a. Firma                      c. PT

b. CV                            d. Koperasi 

7.  Landasan kegiatan koperasi  berdasarkan asas ...

a. Individual            c Kekeluargaan 

b. Kelompok            d. perorangan

8. Tokoh nasional yang di juluki sebagai bapak koperasi Indonesia  adalah ...

a. BJ. Habibi            c. Ir. Soerkarno

b. Drs. Moh. Hatta           d. WR. Supratman

9.  Tradisi rasulan berasal dari daerah ...

a. Jakarta            c.  Yogyakarta

b. Jawa Barat      d. Palembang

10. Tujuan diadakan kegiatan rasulan adalah ..

a. untuk  melestarikan kesenian daerah gunung kidul

b. Sebagai ajang pamer

c. sebagai pertujukkan seni biasa

d. sebagai pertujukkan seni daerah yang ada


5. Penutup 

Demikian pembelajaran hari ini tentang usaha-usaha ekonomi secara kelompok  keunikan adat istiadat dalam keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia. Semoga ananda Sholeh Sholehah memahami penjelasan dari ibu/bapak guru, besok masuk ke tema 8 subtema 2 pembelajaran 5, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Selasa/ 19 november 2024 Kelas / Fase : 5 / C Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan, IPAS, Matematika 👉👉Tujuan Pe...