Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Sub Tema 2 : Perubahan Lingkungan
Pembelajaran ke- : 3
Muatan Terpadu : PPKn ( KD 3. 3, 4. 3), Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8),
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca, peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa atau kejadian dalam bacaan.
2. Setelah membaca, peserta didik dapat mengidentifikasi keunikan adat istiadat dalam keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia.
1. Apersepsi
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang peristiwa dalam kehidupan di tema 8 subtema 2 pembelajaran 2 tentang pola lantai, hari ini kita akan memasuki tema 8 subtema 2 pembelajaran 3 tentang keunikan adat istiadat dalam keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia.
Sebelumnya, tonton dulu video dibawah ini ya nak
PPKn (KD 3. 3, 4. 3)
Sikap terhadap Keunikan Adat Istiadat Daerah Tertentu di Indonesia
Di Indonesia turun temurun terdapat lebih dari 300 suku bangsa yang tersebar di seluruh daerah. Setiap suku bangsa memiliki adat istiadat. Adat istiadat adalah perilaku budaya dan aturan-aturan yang diterapkan dalam masyarakat secara turun temurun. Biasanya terdapat sanksi social bagi mereka yang melanggar atau tidak menjalankan adat istiadat itu.
Adat istiadat mengandung nilai-nilai luhur yang berasal dari nenek moyang sehingga menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakatnya. Cara menghargai adat istiadat dapat dilakukan antara lain :
ü Mempelajari adat istiadat daerah yang akan kita kunjungi
ü Mematuhi aturan dalam adat istiadat di tiap daerah
ü Tidak melakukan hal-hal yang dilarang dalam adat istiadat daerah tertentu.
Memaknai Keberagaman Adat Istiadat di Indonesia
Adat istiadat di tiap daerah mengajarkan kita berbagai nilai luhur kehidupan seperti bergotong royong, meghargai kelestarian alam, kejujuran, dan kesederhanaan. Kita harus melestarikan adat istiadat yang ada di Indonesia untuk menjaga nilai-nilai luhur tersebut. Pelestarian adat istiadat di tiap daerah di Indonesia memiliki tujuan sebagai berikut :
a. Melindungi dan membina adat istiadat serta nilai sosial budaya masyarakat.
b. Menumbuhkan semangat kebersamaan dan kegotong-royongan.
c. Memelihara kelestarian dan keseimbangan lingkungan alam.
Pelestarian adat istiadat di Indonesia dapat kita saksikan dalam upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat di daerah asalnya seperti gambar berikut :
Tradisi Rasulan di Gunung Kidul
disajikan dalam bentuk peta pikiran.
Contoh soal :
1. Bagaimana cara kita sebagai pelajar dalam menghargai dan melestarikan adat istiadat di Indonesia ?
Latihan Soal :
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
Bacaan teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 1 dan 2 !
Meski terletak di pegunungan, tidak semua kampung di kaki Gunung Sindoro berkelimpahan air. Lima ratus meter dari dusun, ada mata air yang hanya muncul di musim hujan. Ketika musim kemarau, tidak ada air. Jika hujan deras, sumber air keruh.
Di Desa Tlahab, sekitar empat kilometer dari Desa Yososari, sumber air bisa ditemui dengan mudah. Tlahab adalah desa di Kecamatan Kledung
yang terletak di timur Desa Reco dan masuk wilayah Kabupaten Temanggung. Ketika pengerjaan pondasi pembangunan jembatan di Tlahab, keluar banyak air.
1. Teks di atas menceritakan bahwa ketika musim kemarau, Desa Yososari ....
a. banyak sumber air
b. tidak ada air
c. berkelimpahan air
d. mengalami banjir
2. Berdasarkan teks di atas, jika hujan deras, sumber air di Desa Yososari ....
a. jernih
b. bersih
c. keruh
d. bening
3. Teks yang berisi cerita yang hanya berdasarkan khayalan atau rekaan disebut ....
a. fiksi
b. non fiksi
c. ilmiah
d. biografi
4. Dengan peta pikiran maka akan ,... mengidentifikasi bacaan.
a. menyulitkan
b. membingungkan
c. memudahkan
d. memperlama
5. Berikut yang termasuk judul teks nonfiksi adalah ....
a. Daur Siklus Air
b. Telaga Warna
c. Kancil dan Buaya
d. Burung Gagak dan Semut
6. Teks yang menyebutkan tempat, waktu, dan tahun terjadinya merupakan teks ....
a. fiktif
b. fiksi
c. nonfiksi
d. imajinasi
7. Berikut yang termasuk teks nonfiksi, kecuali ....
a. biografi
b. karya ilmiah
c. laporan berita
d. kumpulan dongeng
8. Salah satu manfaat membaca intensif adalah ....
a. melatih konsentrasi
b. memahami semua informasi dari teks
c. menarik minat pembaca
d. menambah pengetahuan
9. Bacalah paragraf berikut !
Bagi masyarakat Dayak, rumah betang merupakan pemersatu. Di sanalah mereka berkerabat dan bertradisi. Di rumah betanglah tradisi Dayak terpelihara.
Pikiran utama paragraf di atas terdapat pada ....
a. kalimat pertama
b. kalimat kedua
c. kalimat ketiga
d. seluruh kalimat
10. Ciri utama dari teks nonfiksi adalah disusun berdasarkan ....
a. cerita turun menurun
b. khayalan penulis
c. peristiwa yang terjadi
d. imajinasi
5. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini tentang keunikan adat istiadat dalam keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia. semoga ananda Sholeh Sholehah memahami penjelasan dari ibu/bapak guru, besok masuk ke tema 8 subtema 2 pembelajaran 4, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar