Minggu, 17 September 2023

Materi Ajar: Senin, 18 September 2023

 


 

Tema 3              : Makanan  Sehat

Sub tema 1        : Cara Tubuh Mengolah Makanan

Pembelajaran   : 1 

Muatan pelajaran: 

Bahasa Indonesia KD. 3.4

IPA

1. Sapaan 

Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

2. Tujuan Pembelajaran

1. peserta didik mampu membedakan organ pencernaan hewan dan manusia.
2. peserta didik memahami tentang iklan media cetak dan elektronik



3. Apersepsi 
adakah yang masih ingat materi yang kemarin? ..... iya betul kemarin kita membahasa Bab Udara Bersig Bagi Kesehatan, Sekarang kita akan membahas materi Tema 3 tentang makanan Sehat, Bagaimana mdenurut Pendapat kalian tentang sarapan ? apakah sarapan penting bagi kita ??....


lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..




Materi Ajar
IPA

Sistem pencernaan merupakan organ yang dapat ditemui pada manusia dan hewan. Sistem pencernaan berfungsi untuk memperhalus makanan sehingga menghasilkan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh.

Dengan adanya nutrisi tersebut, maka manusia dan hewan, dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika makanan yang dikonsumsi itu sehat dan bergizi tinggi, maka manusia atau hewan yang mengonsumsinya akan bertumbuh dengan sehat.Sistem Pencernaan Makanan Pada Hewan Ruminansia

Hewan ruminansia adalah kelompok hewan mamalia yang biasa memamah (memakan) dua kali dan dikenal dengan hewan memamah biak. Contoh hewan ruminansia ialah sapi, kerbau, rusa, domba, kambing, dan kijang.

Memamah dua kali maksudnya adalah ketika rumput setelah di cerna di mulut akan difermentasi di rumen dan retikulum. Setelah itu dimuntahkan lagi ke mulut untuk dikunyah kedua kalinya. Setelah itu batu masuk omasum dan abomasum.

Sistem pencernaan hewan ruminansia lebih kompleks dibandingkan pencernaan hewan lainnya. Pada hewan ruminansia terdapat empat bagian lambung dengan fungsi yang spesifik yang terdiri secara urut dari depan ke belakang adalah Rumen, Retikulum, Omasum, Abomasum.

IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 “Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan ?”

Selain itu, pencernaan makanan pada hewan ruminansia dibantu oleh beberapa mikrob (bakteri dan protozoa). Mikrob tersebut dapat membantu mencerna rumput.

Mekanisme Pencernaan Makanan Pada Hewan Ruminansia

Salah satu contoh hewan ruminansia ialah sapi. Makanan seperti rumput, pertama kali masuk ke dalam mulut sapi. Di dalam mulut terdapat organ-organ pencernaan seperti berikut.

  • Gigi : gigi sapi tersusun dari gigi seri yang berguna untuk memotong makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan.
  • Lidah : lidah sapi berguna untuk merenggut rumput (makanan) dan mendorong makanan yang sudah dikunyah menuju lambung.
  • Saliva: merupakan cairan atau enzim khusus yang dihasilkan oleh kelenjar khusus pada sapi yang kemudian disalurkan ke dalam rongga mulut. Saliva berperan dalam proses pencernaan kimiawi.

Ketika rumput sudah selesai dikunyah mulut kemudian didorong ke rumen dan retikulum untuk difermentasi, setelah itu dimuntahkan lagi ke mulut untuk dikunyah kedua kalinya. Setelah pengunyahan kedua maka baru akan masuk ke retikulum, lalu ke omasum, dan akhirnya ke abomasum.

Lambung sapi berbeda dengan lambung manusia, ukurannya jauh lebih besar. Lambung sapi merupakan organ pencernaan yang sangat penting bagi sapi. Lambung sapi terdiri atas empat bagian, yaitu rumen, retikulum, omasum, dan abomasum. Oleh karena itu, sapi dikatakan memiliki empat perut.

Bagian-Bagian Lambung Sapi

Berikut ini adalah bagian-bagian dari lambung sapi :

  • Rumen (perut besar) : Tempat terjadinya pencernaan dengan bantuan mikroba (bakteri). Di sini makanan dicerna hingga menjadi bubur dengan gerakan mengaduk yang dilakukan oleh dinding rumen. Pada saat sapi beristirahat, makanan kembali ke mulut dan dikunyah kembali. Setelah dikunyah untuk yang kedua kalinya, makanan masuk ke retikulum (perut jala).
  • Retikulum (perut jala) : Di dalam retikulum, makanan kembali mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa. Di dalam bagian perut ini, terjadi proses absorpsi dan penyaringan benda-benda asing yang masuk bersama makanan sehingga tidak masuk ke omasum (perut kitab).
  • Omasum (perut kitab) : Di dalam omasum, makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan. Selanjutnya, makanan masuk ke abomasum.
  • Abomasum (perut masam) : Perut bagian inilah yang sebenarnya disebut dengan lambung. Di sini makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan pepsin yang dihasilkan oleh abomasum.

Setelah melewati seluruh proses pencernaan makanan di dalam abomasum, makanan bergerak menuju usus halus. Panjang usus halus seekor sapi dewasa dapat mencapai 40 meter. Di dalam usus halus, terjadi proses absorpsi dan fermentasi. Selanjutnya, sisa-sisa makanan akan dikeluarkan melalui anus.

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3. 4), IPA (KD 3.3)

iDiet Sayur dan Buah Untuk Menurunkan Berat Badan, Ini ...

Tahukah kamu gambar apa di atas? Ya benar sekali gambar buah – buahan serta sayur – sayuran semua makanan di atas adalah makan makanan yang sehat bagi tubuh kita.Makanan sehat sangat penting untuk tubuh kita oleh sebab itu banyak sekali iklan yang mempromosikan makanan – makanan sehat. 

Tahukah kamu apa itu Iklan?? Iklan adalah berita atau pesan untuk membujuk orangagar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan biasanya dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi,radio, koran, majalah dan internet. Iklan mengandungpemberitahuan kepada masyarakatdan bersifat mengajakpembaca agar melakukan apa yang diinginkan Iklan.Iklan memiliki fungsi untuk mem promosikan sesuatu. Di dalam iklan terdapat kata kunci serta gambar yang mendukung kata kuncitersebut.Kalimat yang menarik dan mudah dipahami serta gambar yang menarik menjadi halpenting dalam sebuah iklan. Kalimat yang bersifat persuasif atau mengajak sangat penting untuk ditampilkan. Kalimat tersebut bertujuan untuk menarik minat pembaca akan maksud yang ingindisampaikan dalam suatu iklan. 

Ciri- ciri iklan : 


     

                                                                                 .                                                                  

  Berikut contoh iklan

5. Contoh Soal
Soal:Apakah yang dimaksud dengan iklan?
Jawab: Iklan adalah berita atau pesan untuk membujuk orangagar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan

6. Evaluasi

Siswa siswi menggambar sistem pencernaan pada sapi dan mempresentasikan kedepan kelas

7. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa membantu orang tua di rumah ya nak 
 
8. Kesimpulan
Dalam pertemuan sebelumnya yaitu tema 2 subtema 3 pembelajaran 6 pada hari kamis, dapat disimpulkan, 3,2% siswa yaitu sebanyak 2 orang siswa dari total 23 siswa kelas 5A masih belum memahami tentang cara bertanggung jawab.

Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR KAMIS, 16 MEI 2024   Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajaran ...