Tema 2 : Udara Bersih Bagi Kesehatan
Subtema 3 : Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia
Pembelajaran ke : 1
Muatan pelajaran :
B.Indonesia KD 3.2 & IPA KD 3.2
1. Sapaan
Tema 2 : Udara Bersih Bagi Kesehatan
Subtema 3 : Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia
Pembelajaran ke : 1
Muatan pelajaran :
B.Indonesia KD 3.2 & IPA KD 3.2
1. Sapaan
Hello, how are you my lovely student?semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...
2. Tujuan Pembelajaran- siswa mampu menemukan informasi tentang bahaya kabut dan cara mengatasinya.
- Dengan membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi terkait dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa
- Dengan menuliskan dalam bentuk tabel, siswa mampu mempresentasikan informasi dari teks bacaan terkait dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa.
- Dengan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan cara memelihara organ pernapasan.
- siswa mampu menemukan informasi tentang bahaya kabut dan cara mengatasinya.
- Dengan membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi terkait dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa
- Dengan menuliskan dalam bentuk tabel, siswa mampu mempresentasikan informasi dari teks bacaan terkait dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa.
- Dengan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan cara memelihara organ pernapasan.
3. Apersepsi Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang penyakit pada sistem pernapasan dan juga properti pada tari, hari ini kita msuk ke tema 2 subtema 3 pembelajaran 1 tentang bahaya pada asap untuk sistem pernapasan.
lets start our lesson todaySebelumnya silahkan simak video pembelajaran dibawah ini ya..pembelajaran 1
4. Rangkuman Materi#Materi IPAApa saja bahaya kabut asap bagi kesehatan kita? Berikut ini beberapa bahaya kabut asap bagi kesehatan.1. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan.2. Kabut asap dapat menyebabkan reaksi alergi, peradangan, dan mungkin juga infeksi.3. Kabut asap dapat memperburuk penyakit asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik.4. Kabut asap dapat menyebabkan kemampuan kerja paru berkurang dan menyebabkan seseorang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.5. Kabut asap dapat menyebabkan orang lanjut usia dan anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh rendah akan lebih mudah mengalami gangguan kesehatan.6. Kabut asap dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam mengatasi infeksi paru-paru dan saluran pernapasan, sehingga lebih mudah terjadi infeksi.7. Kabut asap dapat memperburuk penyakit pernapasan yang sudah ada.8. Kabut asap menyebabkan polusi pada air bersih, tanaman sayuran, buah- buahan, dan makanan yang tidak ditutup.9. Kabut asap memperburuk kondisi lingkungan sehingga infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akan mudah terjadi.
Bagaimana kita melindungi diri dari kabut asap?1. Hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung, terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernapasan.2. Selalu memakai masker jika harus pergi ke luar rumah/gedung. Pakailah masker dengan benar untuk menutupi hidung dan mulut.3. Minumlah air putih lebih banyak dan lebih sering agar debu atau partikel halus yang menempel pada tenggorokan larut dan masuk ke dalam pencernaan sehingga ikut terbuang bersama kotoran.4. Segeralah berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain.5. Segera lakukan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) seperti makan makanan bergizi, banyak minum, banyak mengonsumsi buah, jangan dekat-dekat orang merokok, dan istirahat cukup.6. Upayakan agar asap dari luar tidak masuk ke dalam rumah/gedung.7. Tempat penampungan air minum dan makanan harus ditutup dan terlindung dengan baik.8. Buah-buahan dan sayuran dicuci sebelum dikonsumsi. Bahan makanan dan minuman yang dimasak perlu dimasak dengan baik.
#Materi B.IndonesiaBahasa Indonesia Menjawab Pertanyaan Dan Mengolah Informasi Dari TeksDalam sebuah teks terdapat banyak informasi. Biasanya setelah teks diberikan, terdapat beberapa pertanyaan yang harus kita jawab agar kita lebih memahami isi teks tersebut .Contoh :1.Apa = Nama nama benda, sebab, akibat, judul atau tema
2.Di mana = Tempat atau latar
3.Kapan = Waktu kejadian atau peristiwa
4.Siapa = Tokoh utama dan tokoh pendukung
5.Mengapa = Alasan suatu masalah dalam teks
6.Berapa = Jumlah atau banyak benda
5. Contoh SoalMengapa kita harus menjaga kesehatan organ pernapasan?Jawab: Karena menjaga kesehatan organ pernapasan dapat mencegah berbagai virus, bakteri, maupun kotoran masuk ke dalam tubuh sehingga terhindar dari penyakit.
6. Evaluasi1. Kesehatan organ pernapasan manusia dapat terganggu oleh beberapa faktor, di bawah ini yang termasuk faktor lingkungan adalah ….
a. Gaya hidup
b. Makanan yang dikonsumsi
c. Kabut asap
d. Kelangkaan air
2. Cara yang bisa dilakukan untuk memelihara organ pernapasan antara lain adalah ….
a. Membiasakan perilaku hidup bersih
b. Membiasakan merokok sejak kecil
c. Menghindari makanan berdaging
d. Menolak memakai masker ketika berkendara
3. Memelihara organ pernapasan pada tubuh kita adalah tanggung jawab ….
a. Orang lain
b. Diri sendiri
c. Teman bermain
d. Pemerintah
4. Asap yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan bisa menyebabkan salah satu gangguan pernapasan yaitu ….
a. Mag
b. ISPA
c. Tifus
d. Demam berdarah
5. Jika terjadi kabut asap di lingkungan tempat kita tinggal, maka sebaiknya kita melindungi organ pernapasan kita salah satunya dengan cara memakai ….
a. Jaket tebal
b. Sepatu hitam
c. Topi bambu
d. Masker hidung
7. PenutupDemikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami, besok kita akan belajar tema 2 subtema 3 pembelajaran 2 tentang gambar bercerita, selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa membantu orang tua di rumah ya nak
8. KesimpulanDalam pertemuan sebelumnya yaitu tema 2 subtema 2 pada hari jum'at dapat disimpulkan, 5,3% siswa yaitu sebanyak 3 orang siswa dari total 24 siswa kelas 5B masih belum memahami pembelajaran di tema 2 subtema 2.
2.Di mana = Tempat atau latar
3.Kapan = Waktu kejadian atau peristiwa
4.Siapa = Tokoh utama dan tokoh pendukung
5.Mengapa = Alasan suatu masalah dalam teks
6.Berapa = Jumlah atau banyak benda
1. Kesehatan organ pernapasan manusia dapat terganggu oleh beberapa faktor, di bawah ini yang termasuk faktor lingkungan adalah ….
a. Gaya hidup
b. Makanan yang dikonsumsi
c. Kabut asap
d. Kelangkaan air
2. Cara yang bisa dilakukan untuk memelihara organ pernapasan antara lain adalah ….
a. Membiasakan perilaku hidup bersih
b. Membiasakan merokok sejak kecil
c. Menghindari makanan berdaging
d. Menolak memakai masker ketika berkendara
3. Memelihara organ pernapasan pada tubuh kita adalah tanggung jawab ….
a. Orang lain
b. Diri sendiri
c. Teman bermain
d. Pemerintah
4. Asap yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan bisa menyebabkan salah satu gangguan pernapasan yaitu ….
a. Mag
b. ISPA
c. Tifus
d. Demam berdarah
5. Jika terjadi kabut asap di lingkungan tempat kita tinggal, maka sebaiknya kita melindungi organ pernapasan kita salah satunya dengan cara memakai ….
a. Jaket tebal
b. Sepatu hitam
c. Topi bambu
d. Masker hidung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar