Selasa, 19 September 2023

Materi Ajar : Rabu, 20 September 2023

 

 


Tema 3              : Makanan  Sehat

Sub tema 1        : Cara Tubuh Mengolah Makanan

Pembelajaran   : 3

Muatan pelajaran: 

Bahasa Indonesia KD. 3.4

PKN KD. 3.3

IPS 3.2

 1. Sapaan 



Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

     
2. Tujuan Pembelajaran 

1.peserta didik mampu mengidentifikasikan kata kunci pada iklan media cetak serta mengenal dan menyebutkan unsur unsur iklan.
2. peserta didik mampu mengidentifikasikan interaksi manusia dengan lingkungannya serta mendeskripsikan keragamannya.

3. Apersepsi

adakah yang masih ingat materi yang kemarin? ..... iya betul kemarin kita membahas organ pencernaaan hewan dan manusia.. sekarang kita akan membahas materi interaksi sosial... 
lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya nak ...
4. Materi Ajar

bahasa Indonesia

Ciri- ciri iklan : 


     

                                                                                 .                                                                  

  Berikut contoh iklan



v     Manusia adalah makhluk sosial karena manusia tidak dapat hidup sendiri serta membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Dalam kehidupan nya manusia selalu berinteraksi dengan manusia lainnya. Interaksi Sosial adalah hubungan timbal balik antara individu satu dengan individu yang lain dan sifatnya saling mempengaruhi. Interaksi sosial dapat terjadi dimana saja seperti di rumah, sekolah, lingkungan masyarakat, pasar ataupun tempat ibadah.

Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusiadengan lingkungan yang terbentuk secara alami. Gunung, sungai, rawa, merupakan contoh-contoh lingkungan alam. Tadi kita bahas tentang interaksi dapat terjadi dimana saja salah satunya di Pasar. Di pasar terdapat banyak keberagaman profesi yang harus kita syukuri karena dapat membuat kita saling membatu memenuhi kebutuhan sehari – hari. Ada banyak keberagaman yang ada di Masyarakat, baik keberagaman sosial maupun budaya.

Keberagaman yang tinggi dapat kita temukan di lingkungan pasar tempat para petani menjual hasil pangannya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pasar merupakan tempat  bertemunya pedagang dan pembeli untuk melakukan kegiatan jual beli. Para penjual dan pembeli yang bertemu di pasar bisa berasal dari berbagai suku, agama, dan tingkat sosial ekonomi.  Oleh karenanya, diperlukan rasa toleransi dan tenggang rasa yang tinggi agar kerukunan tetap terjaga.

Kepedulian masyarakat Indonesia tentang toleransi  terhadap keberagaman sudahsemakin tinggi. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya iklan masyarakat yangmenekankan pada pentingnya toleransi antarsuku atau antaragama.

Hal ini menunjukkan bahwa iklan bukan hanya mampu dijadikan sebagai alat untukmempromosikan barang atau jasa, tetapi juga sebagai alat untuk  mempromosikan hal-hal positif atau kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

5. Contoh Soal
Soal:
Sebutkan 3 jenis interaksi sosial?
 jawab:
  1. Interaksi Sosial Individu dengan Individu. ...
  2. Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok. ...
  3. Interaksi Kelompok dengan kelompok.

6.Evaluasi

1. Pemberian gambar pada iklan memiliki tujuan agar iklan lebih terlihat …..

2. Sikap saling menghormati dan menghargai dalam interaksi sosial penting dilakukan supaya …..

3. Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia adalah anugerah dari Tuhan yang perlu kita …..

4. Sebutkan hal-hal yang bisa membuat poster iklan menjadi terlihat menarik ?
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

5. Sebutkan 3 jenis interaksi sosial?

7. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa membantu orang tua di rumah ya nak 
 
8. Kesimpulan
Dalam pertemuan sebelumnya yaitu tema 3 subtema 1 pembelajaran2  pada hari selasa, dapat disimpulkan, 4,3% siswa yaitu sebanyak 1 orang siswa dari total 23 siswa kelas 5A masih belum memahami tentang iklan.

Wassalamualaikum.wr.wb.

6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa membantu orang tua di rumah ya nak 
 
Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR RABU, 15 MEI 2024   Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajaran  ...