Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema 8 : Lingkungan sahabat kita
Subtema 3 : Upaya Pelestarian lingkungan
Pembelajaran : 1
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), IPA (KD 3.8 dan KD 4.8)
2. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan dan mempresentasikan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas air dengan benar.
2. Siswa dapat mengidentifikasi peristiwa dalam teks nonfiksi
3. Materi Ajar
Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)
Teks nonfiksi adalah karangan yang dibuat atas dasar fakta atau hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Nonfiksi merupakan sebuah karangan yang dihasilkan dalam bentuk cerita nyata atau cerita kehidupan sehari-hari yang dituliskan menjadi sebuah cerita.
Mengidentifikasi Peristiwa dalam teks Nonfiksi
Setiap teks mengandung informasi atau peristiwa di dalamnya, cara mengetahui peristiwa dalam teks dengan cara membaca dengan saksama, menemukan gagasan pokok dalam setiap paragraph, dan memberikan tanda khusus pada setiap kata kunci. Setelah itu, kamu dapat membuat catatan baik dalam bentuk peta pikiran atau diagram alir.
Menjelaskan peristiwa penting teks nonfiksi dengan menjawab pertanyaan
Dalam menemukan peristiwa yang terdapat pada teks, kita perlu membaca dan memahami isi teks dengan baik. Semua peristiwa tersebut dapat kita temukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Salah satu cara membaca yang baik adalah dengan membaca dalam hati atau tidak bersuara. Dengan membaca dalam hati, kita dapat mencermati hal-hal penting yang terdapat pada teks dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
Aktivitas membaca adalah aktivitas yang hasil akhirnya adalah mendapatkan sebuah informasi. Untuk dapat menggali atau mendapatkan informasi dari sebuah bacaan, kita dapat mengajukan pertanyaan apa, siapa, dimana, mengapa, dan bagaimana.
.
Kesimpulan adalah hasil dari kegiatan kita dalam mengolah dan memahami pernyataan-pernyataan yang ada dalam sebuah bacaan.
Berikut adalah langkah-langkah membuat kesimpulan sebuah bacaan :
a. Baca bacaan dengan saksama.
b. Temukan pokok-pokok isi dari bacaan tersebut.
c. Ringkaslah pokok-pokok isi bacaan yang telah kamu temukan.
d. Berdasarkan ringkasan buatlah kesimpulan. Kesimpulan harus berupa pernyataan yang menyatakan isi seluruh bacaan.
IPA (KD 3.8 dan KD 4.8) halaman 100 sampai 101
3. Contoh Evaluasi
1. Tuliskan 3 komponen atau syarat air yang bersih
jawab : Persyaratan secara fisik, secara kimia, dan bebas kandungan mikroba
4. Evaluasi
Buatlah Peta pikiran tentang " Air untuk Kebutuhan sehari-hari" seperti di buku Tema 8 di halaman 101
Tidak ada komentar:
Posting Komentar