Senin, 29 Mei 2023

Materi Ajar: Selasa, 30 Mei 2023

 

 ASsalamualaikum warahmatullahi wabaraakatuh 

Good morning my students 🤗

How are you this morning? Semoga semua dalam keadaan sehat ya. 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya, agar Allah senantiasa melancarkan pembelajaran kita hari ini dan Sholeh Sholehah mendapatkan hasil yang terbaik.

Untuk hari ini kita akan memulai Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap, yaitu :

garis besar materi yang ada di dalam tema 7 ini mencakup tentang:
  1. PPKn : keberagaman sosial budaya masyarakat
  2. Bahasa Indonesia : informasi penting dari teks narasi sejarah
  3. IPA : pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda
  4. IPS : faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia
  5. SBdP : tangga nada sebuah lagu, pola lantai dan karya seni rupa daerah.

A. Rangkuman Muatan PPKN
Kompetensi Dasar
3.3Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat
4.3
Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat

Subtema 1 : Peristiwa Kebangsaan Massa Penjajahan
Keragaman Sosial Budaya di Indonesia
Budaya merupakan segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi manusia. Adapun wujud budaya, yaitu:
  1. Gagasan atau ide, misalnya kepercayaan;
  2. Tindakan, misalnya upacara adat dan seni pertunjukan; serta
  3. Benda, misalnya pakaian adat dan senjata tradisional.

Selain sebagai identitas, kebudayaan juga sebagai kepribadian suatu bangsa. Negara kita mengembangkan kebudayaan daerah dalam rmemperkaya kebudayan nasional. Hubungan antara keduanya serat karena kebudayaan nasional bersumber dari kebudayaan daerKebudayaan nasional lahir sebagai hasil usaha akal budi atau pikirseluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas beragam ras dan suku.

Faktor Penyebab Keragaman Bangsa Indonesia
  1. Indonesia merupakan negara kesatuan yang masyarakatnya majemuk.
  2. Bangsa Indonesia terdiri atas beberapa suku bangsa yang menyebar dar Sabang (ujung Sumatra Utara) sampai Merauke (ujung Papua).
Syukur adalah ucapan yang tepat atas keberagaman sosial budaya bangsa kita.

Melestarikan adalah tindakan yang tepat ketika menyaksikan kebudayaankebudayaan dari berbagai Suku bangsa di Indonesia. Adapun Kerukunan merupakan cita-cita yang harus diwujudkan ketika melihat berbagai perbedaan suku bangsa yang ada di Indonesia.

Dalam sikap saling menghargai keberagaman sosial budaya, kita dilarang membeda-bedakan. Kita dilarang menganggap bahwa suku bangsa kita sendiri lebih tinggi dibandingkan dengan suku bangsa lain. Kita juga dilarang merendahkan budaya dari suku bangsa lain. Pada dasarnya, kebudayaan daerah menyumbang bagi kekayaan budaya nasional. Akan lebih membanggakan lagi jika kita tidak hanya mengenal budaya dari suku bangsa lain, tetapi juga mengerti maknanya dan turut melestarikannya.

Subtema 2 : Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan
Seluruh rakyat di berbagai daerah dari berbagai suku, agama, dan golongan penuh suka cita menyambut merayakan Proklamasi Kemerdekaan. Semua bersatu padu dan lebur saling bahu-membahu melakukan perlawan terhadap penjajah. Semua menunjukkan rasa persatuan dan kesatuan, tidak lagi memikirkan kedaerahan, suku, agama, dan golongan. Hanya ada satu identitas, yaitu Indonesia

Kita hidup di tengah-tengah masyarakat yang memiliki keanekaragaman di segala bidang kehidupan. Meskipun beragam dan berbeda, tetapi kita tetap bisa bersatu dan hidup dengan rukun.

Perhatikan lambang negara kita, Burung Garuda. Lihatlah pita yang dicengkeramnya. Pada pita itu, tertulis kalimat “Bhinneka Tunggal Ika”. Kalimat ter- sebut diambil dari Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu. Kata-kata tersebut kemudian diberi makna yang lebih luas dan menjadi semboyan “meskipun berbeda-beda, tetapi tetap satu jua”. Semboyan itulah kemudian yang mengikat keberagaman bangsa menjadi satu kesatuan.

Untuk menerapkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, kamu pun tidak perlu harus meniru temanmu atau orang lain agar terlihat sama. Kamu tidak harus seperti orang lain. Biarlah kamu berbeda dengan orang lain dan orang lain biarlah berbeda dengan dirimu.

Kamu harus menyadari perbedaan itu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita syukuri. Dengan demikian, kamu tidak perlu berselisih hanya karena adanya perbedaan. Kamu harus mensyukuri perbedaan dengan cara menghormati dan menghargai teman-temanmu. Dengan begitu, perbedaan itu justru membuat hidup makin indah.

Subtema 3 : Peristiwa Mengisi Kemerdekaan
Pancasila sebagai dasar negara merupakan kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Maka, nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya harus dipahami dan diamalkan oleh setiap warga negara Indonesia.

Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, kita memiliki dasar yang kuat sehingga akan bisa menentukan sikap dan perilaku dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi. Dengan demikian, kita tidak akan kehilangan kepribadian sebagai bangsa Indonesia.

Bagi bangsa Indonesia, Pancasila merupakan ukuran dan pedoman nilai dan norma untuk menyikapi pengaruh dan perkembangan iptek. Pancasila merupakan pandangan hidup yang telah menyatu di dalam kebudayaan bangsa Indonesia.

Nilai-nilai Pancasila sesungguhnya telah ada dalam kehidupan bangsa Indonesia yang beragam. Sebuah nilai yang menunjukkan adanya perilaku dan sikap kerukunan serta kerja sama dalam masyarakat yang beragam, yaitu hidup gotong royong

Kehidupan masyarakat Indonesia yang beragam menuntut warganya untuk mengembangkan cara untuk menjaga keutuhan dan kerukunan warganya dengan melakukan musyawarah. Musyawarah mufakat dapat mengatasi masalah dalam keberagaman.

Perilaku dan sikap di sekolah
  1. Menghormati dan menghargai sesama teman.
  2. Menolong teman tanpa membedakannya
  3. Menumbuhkan semangat persaudaraan


Untuk lebih lengkapnya ananda bisa menonton Video rangkuman tema 7




Dan 

TIK

bisa dibuka link dibawah ini

https://yusniayu97.blogspot.com/2023/05/ringkasan-materi-tik-kelas-5-sd-al.html

Waktu pengerjaan PAS dimulai pukul 07.00 - 11.30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...