Rabu, 10 Mei 2023

Materi ajar: Rabu, 10 Mei 2023


Satuan                : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema 8               : Lingkungan sahabat kita            

 Subtema 3        : Upaya Pelestarian lingkungan  

Pembelajaran   : 3                    

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), IPS (KD 3.3 dan KD 4.3)   PKN (KD 3.3 dan 4.3)

1. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang cerita bergambar dan  teks non fiksi. Dan hari ini kita akan belajar tentang kegiatan ekonomi di masyarakat

Mari perhatikan video pembelajaran berikut ini


2. Tujuan Pembelajaran :
1.Dengan membaca materi, siswa dapat membuat peta pikiran (mind map) tentang poin-poin penting dari teks bacaan dengan benar.
2. Dengan membaca materi, siswa mampu menjelaskan pengaruh kegiatan ekonomi terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat dengan benar.
3. Dengan membaca materi, siswa dapat menceritakan keuntungan dari keragaman sosial akibat adanya berbagai jenis usaha.


3. Materi Ajar 

Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)

Menyampaikan peristiwa melalui peta pikiran

Peta pikiran merupakan cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah dan menangkap ide dari berbagai sudut pandang. Peta pikiran membantu mengefisienkan penggunaan waktu dalam mempelajari suatu informai.Hal ini disebabkan karena metode ini dapat menyajikan gambaran menyeluruh atas suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat peta pikiran :

1. Buatlah judul atau tema yang berada di pusat peta pikiran.

2. Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.

3. Cari hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna, atau simbol. Penggunaan garis, warna, atau symbol disesuaikan dengan kreativitas masing-masing.

4. Gunakan huruf besar untuk dapat mendorong kita menuliskan poin-poin penting saja di peta pikiran.

Menjelaskan Peristiwa dari Teks Nonfiksi melalui Diagram Alir

Untuk menjelaskan peristiwa penting dalam teks nonfiksi, dapat menggunakan diagram alir. Isi kolom pada diagram alir berupa ringkasan. Ringkasan adalah inti sari sebuah teks. Saat menjelaskan peristiwa dari teks, hanya perlu meringkas isi teks dengan ara mencatat informasi penting yang kamu temukan. Informasi penting tersebut biasanya disampaikan melalui gagasan pokok pada setiap paragraph.Dalam meringkas, urutan setiap peristiwa pada teks harus sesuai dengan isi teks sebenarnya. Setelah selesai meringkas, masukkan ringkasan tersebut ke dalam kolom-kolom yang sesuai pada diagram alir.

IPS (KD 3.3 dan KD 4.3)

Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat
Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Apa sajakah kegiatan ekonomi yang dilakukan sehari-hari? Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini saling berkaitan satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat, akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya.


1. Produksi
Apakah produksi? Amatilah kegiatan ekonomi seorang petani! Petanimenanam padi di sawah, lalu memberi pupuk, dan menyiangi rumput yangtumbuh di sela-sela tanaman padi.Setelah bulir-bulir padi mulai bernas,petani mengusir burung-burung yang berusaha makan bulir-bulir padi itu.Saat padi menguning, itulah saatnya petani memanen.Hasil panen laludijual.
Dari ilustrasi tersebut, si petani telah melakukan kegiatan produksi.Jadi, produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai gunasuatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaatdalam memenuhi kebutuhan.Orang yang melakukan kegiatan produksidisebut produsen.Berikan contoh kegiatan produksi yang terdapat disekitar tempat tinggalmu.

Kegiatan produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumberdaya ekonomi dan produsen.Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasayang dapat memberikan manfaat atau keuntungan.Sumber daya ekonomidapat berasal dari sumber daya alam atau sumber daya manusia.Sumberdaya ekonomi dapat diolah menjadi modal dasar pembangunan. Bagipemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannyamemperoleh balas jasa. Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal, ataugaji.Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhikebutuhan hidup.Bagi produsen, adanya proses produksi menyebabkan produsenmemperoleh keuntungan. Selanjutnya, keuntungan tersebut digunakanuntuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup.Inidilakukan dalam upaya mencapai kemakmuran hidup.

2. Distribusi
Setiap hari kamu makan dan mengenakan pakaian.Bahan makanantersebut dihasilkan di suatu tempat tertentu.Pakaian juga diproduksi ditempat tertentu lainnya.Untuk mendatangkan bahan makanan dan pakaiandiperlukan kegiatan penyaluran.Kegiatan inilah yang disebut distribusi.
Jadi, distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsenke konsumen.Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor.Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalanyang memadai.Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepadakonsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segeraterpenuhi.


3. Konsumsi

Perhatikan aktivitas teman sekolah ketika waktu istirahat! Ada yang jajan di kantin, ada pula yang makan bekal dari rumah.Jajan di kantin dan makan bekal termasuk kegiatan konsumsi.

Konsumsi adalah kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan.Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu.Pengorbanan dapat berupa uang atau waktu.


PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)

Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

Kamu telah memahami kegiatan ekonomi yang berkembang di Indonesia. Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi.Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut (produsen, distributor, dan konsumen) akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi. 


4. Evaluasi 

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Setiap hari kamu makan dan mengenakan pakaian. Bahan makanan tersebut dihasilkan di suatu tempat tertentu. Pakaian juga diproduksi di tempat tertentu lainnya. Untuk mendatangkan bahan makanan dan pakaian diperlukan kegiatan penyaluran. Kegiatan penyaluran inilah yang disebut ....

a. Produksi b. Konsumsi

c. Distribusi d. Produsen


2. Petani menanam padi di sawah, lalu memberi pupuk, dan menyiangi rumput yang tumbuh di sela-sela tanaman padi. Setelah bulir-bulir padi mulai bernas, petani mengusir burung-burung yang berusaha makan bulir-bulir padi itu. Saat padi menguning, itulah saatnya petani memanen. Hasil panen lalu dijual. Kegiatan tersebut termasuk kedalam kegiatan .... 

a. Produksi b. Konsumsi

c. Distribusi d. Produsen


3. Kegiatan manusia yang mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari disebut kegiatan ....

a. Konsumsi b. Produksi

c. Distributor d. Produsen


4. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut ....

a. Isolator b. Produksi

c. Distributor d. Produsen


5. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi tersebut meliputi kegiatan ....

a. Isolator, Konsumsi, produksi b. Produksi, Konsumsi, Distributor

c. Produksi, Distribusi, dan konsumsi d. Produsen, Distributor dan konsumen


5. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini tentang kegiatan ekonomi, teks nonfiksi dan keberagaman terhadap kegiatan ekonomi semoga ananda sholeh dan sholehah memahami penjelasan dari ibu/bapak guru, besok masuk ke pembelajaran 4 yaitu tentang cara menghargai usaha kegiatan ekonomi masyarakat lainnya. Baik ananda sholeh dan sholehah apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...