Senin, 02 Januari 2023

Materi Ajar : Selasa 3 Januari 2023

 

TEMA 6                                 :  Panas dan Perpindahannya

SUB TEMA 1                        :  Suhu dan Kalor

PEMBELAJARAN 2            : IPA KD 3.6, Bahasa Indonesia KD 3.3 dan SBdP 3.2

 1. Sapaan 




Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

 

2. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang panas atau kalor beserta sumber energi panas, nah hari ini kita akan membahas materi tentang perbendaan  suhu dan panas....

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..


3.Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa  mampu  menyajikan ringkasan teks penjelasan secara ringkasan dan jelas. 
2.Siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari - hari secara bertanggung jawab.
3. Siswa mampu membuat laporan tentang perubahan suhu akibat perpindahan kalor secara tepat.
4. Dengan menyanyikan  lagu daerah, siswa  mampu menyanyikan lagu bertangga nada pentatonis secara percaya diri.  
5. Siswa mampu menentukan jenis tangga nada pada musik yang diperdengarkan secara jelas dan tepat.

4. MATERI AJAR 

IPA

Perbedaan Panas dan Suhu
    Dalam kehidupan sehari-hari kamu sering mengukur suhu dengan penglihatan, sentuhan, dan perasaanmu saja sehingga kamu hanya melakukan perkiraan terhadap derajat panas suatu benda. Nah, betulkah indera peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda? Dapatkah kamu menentukan dengan tepat perbedaan antara hangat dan dingin dengan menggunakan indera peraba pada tangan? Indera peraba tidak dapat menentukan besarnya suhu suatu benda.
    Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda.  Suhu adalah besaran yang  menyatakan derajat panas suatu benda.  Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.  Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Sedangkan energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.  Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.

  
Bahasa Indonesia

U        Dalam kehidupan sehari – hari kita dapat memperoleh banyak informasi dari berbagai media. Teks yang berisi penjelasan tentang berbagai peristiwa yang terjadi disekitar kita disebut teks ekplanasi. Utuk dapat memahami teks Eksplanasi dapat kita lakukan dengan cara berikut ini:

1.      Membaca isi keseluran teks

2.      Menentukan kata – kata kunci pada teks yang kamu anggap penting

3.      Menjawab pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan teks

4.      Membuat ringkasan


SBDP
Contoh penggunaan energi panas dalam  kehidupan sehari-hari. Di Bali, para pembuat gamelan menggunakan energi panas untuk membuat bilah-bilah logam
yang digunakan dalam alat  musik  gamelan Bali.
Gamelan, digunakan untuk mengiringi beberapa lagu daerah yang dimainkan dalam tangga nada sederhana. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan tangga nada?
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berurutan.  Misalnya do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Ada banyak jenis tangga nada, di antaranya adalah tangga nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak nada, yaitu satu dan setengah.  Beberapa alat musik seperti piano dan organ memiliki sistem tangga nada diatonis.  Pada sistem tangga nada diatonis, dalam satu rangkaian nada terdapat 7 nada pokok. Nada ke delapan adalah  pengulangan nada pertama. 
Tangga nada pentatonis, merupakan jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok.  Berdasarkan nadanya, ada tangga nada pentatonis yang menggunakan tangga nada jenis pelog dan tangga nada jenis slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada jenis pelog dan slendro adalah gamelan Jawa. Selain gamelan Jawa, ada juga gamelan Sunda, Bali, Madura, dan Batak. Tangga nada pelog biasanya menggunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada-nada do – mi – fa- sol – si.  Salah satu lagu daerah yang menggunakan tangga nada ini adalah lagu Gundhul Pacul dari Jawa Tengah.  


 Sedangkan tangga nada slendro biasanya menggunakan susunan yang berbunyi seperti nada-nada do – re – mi – sol – la.  Lagu yang menggunakan tangga nada ini memberi kesan gembira dan lincah.  Salah satu contoh lagu dengan tangga nada slendro ini adalah lagu Cublak-Cublak Suweng dari daerah Jawa Tengah.
 


5. Evaluasi 
1. Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi ?
2. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia  adalah ...
3. Alat untuk mengukur suhu disebut ....
4. Contoh lagu dengan tangga nada slendro adalah ....
5. Pada sistem tangga nada diatonis, dalam satu rangkaian nada terdapat  ...... nada pokok

6. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami tentang energi panas dan sumbernya selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak
 
Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...