Pages

Selasa, 10 Januari 2023

Materi ajar : Rabu, 11 januari 2023 ( tema 6 subtema 2 pembelajaran 2)

 


Satuan Pendidikan      : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
Kelas / Semester         : V/ 2
Tema 6                        : Panas dan Perpindahannya
Subtema 2                   : Perpindahan kalor disekitar kita
Pembelajaran ke 2      :   Bahasa Indonesia (3.3) dan IPA ( KD. 3.6), SBDP (KD 3.3)

1. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang perpindahan kalor (konduksi), sekarang kita akan belajar materi tentang konveksi 

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..






2. Tujuan Pembelajaran

¡  Dengan mengidentifikasikan hal-hal penting dari bacaan, siswa mampu menyajikan hasil kesimpulan isi teks penjelasan pada media cetak secara tulisan dengan tepat.

¡  Dengan membuat peta konsep, siswa mampu menjelaskan cara perpindahan kalor secara percaya diri.

¡  Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menyelidiki tentang perpindahan panas secara konduksi dengan benar.

¡  Dengan mengamati gambar pola lantai dalam tari, siswa mampu menjelaskan pengertian pola lantai dalam tari kreasi daerah secara tepat.


3. MATERI AJAR

Bahasa Indonesia

Konveksi merupakan  perpindahan kalor melalui perantara, dimana zat  perantaranya ikut berpindah. Contoh air yang dipanaskan di dalam panci, peristiwa angin laut dan angin  darat.

Perpindahan Panas atau Kalor

secara Konveksi

Perpindahan kalor secara konveksi ialah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Umumnya peristiwa perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada zat cair dan gas. Zat yang menerima kalor akan memuai dan menjadi lebih ringan sehingga akan bergerak ke atas. Saat zat yang lebih ringan tersebut pindah ke atas, molekul zat yang ada di atasnya akan menggantikannya.

Perpindahan secara konveksi dapat diumpamakan dengan kegiatan memindahkan setumpuk buku dari satu tempat ke tempat lain. Ketika kamu memindahkan buku tersebut ke tempat lain, tentu kamu akan ikut bersama dengan buku-buku tersebut. Jika buku-buku itu diumpamakan sebagai energi panas dan kamu adalah medianya, maka perpindahan kalor dengan cara konveksi akan menyertakan perantaranya.



Peristiwa konveksi terjadi pada saat merebus air. Air yang letaknya dekat dengan api akan mendapat panas sehingga air menjadi lebih ringan. Air akan bergerak ke atas dan digantikan oleh air yang ada di atasnya. Demikian seterusnya.

Perpindahan kalor secara konveksi juga mengakibatkan terjadinya angin darat dan angin laut. Angin darat terjadi karena udara di darat pada malam hari lebih cepat dingin daripada udara di laut, sehingga udara yang berada di atas laut akan naik dan udara dari darat akan menggantikan posisi udara yang naik tadi. Angin laut terjadi karena pada siang hari daratan lebih cepat panas dibandingkan di laut, sehingga udara di darat akan naik dan udara dari laut akan mengalir ke darat menggantikan tempat udara yang naik tadi. Keadaan ini digunakan para nelayan untuk pergi melaut pada malam hari dan kembali ke darat pada pagi atau siang hari. Sedangkan contoh peristiwa konveksi yang lain adalah penggunaan cerobong asap pada pabrik. Apakah di rumahmu dipasang jendela ventilasi? Pemanfaatan ventilasi sebagai sirkulasi udara di dalam rumah juga memanfaatkan perpindahan panas secara konveksi.



 

IPA

Menyelidiki Perpindahan Panas

secara Konveksi

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan:

1.      Segelas air panas

2.      Es batu

3.      Air matang suhu ruang (untuk membuat es batu)

4.      1 buah kantung plastik ukuran kecil

5.      1 buah karet gelang

6.      Pewarna makanan

Percobaan ini memerlukan beberapa es batu berwarna. Oleh karena itu, buatlah es batu berwarna terlebih dahulu. Kamu dapat membuatnya sehari sebelum kegiatan percobaan ini. Ikutilah langkah berikut ini.    

Membuat es batu berwarna

1. Campurkan setetes pewarna makanan ke dalam air matang suhu ruang.

2. Masukkan air yang telah diwarnai ke dalam kantong plastik.

3. Ikat kantong plastik tersebut dengan karet gelang.

4. Masukkan kantong plastik berisi air ke dalam lemari es sampai membeku.


Es batu berwarna ini dapat diganti dengan es lilin warna-warni yang mungkin mudah didapatkan.

Langkah Kegiatan Percobaan:           

1.      Siapkan satu buah gelas ukuran sedang. Isi dengan air panas. Usahakan gelas cukup besar sehingga dapat memuat es batu yang telah dibuat sebelumnya.

2.      Masukkan es batu berwarna ke dalam gelas air panas.

3.     
Amati es batu yang ada di dalam gelas berisi air panas tersebut!   

4.      Catat apa yang terjadi dengan es batu berwarna tersebut! 

 


 

SBdP

Pola Lantai dalam Seni Tari

Pernahkah kamu memperhatikan sebuah pertunjukan tari? Atau mungkin kamu pernah ikut latihan menari di sanggar atau di sekolah? Pada beberapa tarian, terutama tari kelompok, para penari membentuk posisi tertentu dalam tarian. Ada sebuah tari yang jika diamati, posisi penari membuat bentuk atau formasi tertentu. Bentuk atau formasi tertentu yang dibuat penari dalam sebuah tari dinamakan pola lantai.


Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari. Pola lantai ini dilakukan baik oleh penari tunggal, berpasangan, atau penari kelompok. Dalam tarian, terdapat dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan lengkung. Pola garis lurus terdiri atas pola lantai horizontal, vertikal, dan diagonal. Pengembangan pola lantai lurus dapat berupa pola lantai zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima (perhatikan gambar A).

 

 

Selain garis lurus, terdapat juga pola garis lengkung. Pola ini pun dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai. Pola lantai itu antara lain berupa lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang (lihat gambar B).



Berikut adalah dua jenis tari daerah yang memiliki pola lantai yang berbeda. Tari pertama adalah Tari Jaran Kepang yang berasal dari Yogyakarta. Tari Jaran Kepang mempunyai pola lantai gabungan antara pola lantai lurus dan lengkung yang sederhana. Pola lantai yang digunakan ada tari ini antara lain pola melingkar, garis lurus ke depan, dan garis horizontal. Pola lantai pada Tari Jaran Kepang tidak memiliki makna tertentu. Pola lantai dibuat untuk formasi penari.



Berbeda dengan Tari Bedhaya Semang yang juga berasal dari Yogyakarta. Tari klasik ini mempunyai pola lantai yang sudah tertentu dan mempunyai makna tertentu. Pola lantai yang digunakan pada tari ini pun memiliki nama tertentu, seperti gawang jejer wayang, gawang tigatiga, gawang perang, dan gawang kalajengking.


4.Contoh soal:

Gambarkan pola lantai lurus dan melengkung dalam tarian?

Alternatif jawaban

5. Evaluasi 
 Apakah yang dimaksud dengan konveksi dan berikan contohnya?

6. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami materi perpindahan kalor secara konveksi, jangan lupa melaksanakan shalat 5 waktu dan murojaah ya nak :)
 Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 15 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...