¡ Dengan membuat diagram tentang isi bacaan, siswa mampu menyajikan hasil
kesimpulan isi teks penjelasan pada media cetak secara tulisan dengan tepat dan
jelas.
¡ Dengan bekerja dalam kelompok, siswa menemukan sumber belajar tentang
pembangunan ekonomi dan sosial budaya di Indonesia secara rinci.
¡ Dengan membuat proyek buku, siswa mampu menjelaskan hak, kewajiban, dan
tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari secara
jelas.
PPKn
Kamu tentu tahu bahwa setiap warga negara, apa pun kegiatannya, memiliki hak dan kewajiban tertentu. Setiap kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk interaksi dengan lingkungannya, akan memberikan pengaruh secara ekonomi dan sosial budaya dalam masyarakat tersebut. Perhatikan kembali kehidupan nelayan dan kegiatan pelelangan ikan pada bacaan sebelumnya. Banyak orang yang terlibat dalam kegiatan itu. Setiap yang terlibat, memiliki peran yang berbeda agar kegiatan pelelangan itu berjalan sesuai tujuannya. Orang-orang yang mempunyai peran berbeda tersebut, juga memiliki hak dan kewajiban yang berbeda satu dengan yang lain. Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukan pengamatan dan diskusi terhadap kegiatan pelelangan ikan tersebut. Tentukanlah peran setiap orang yang terlibat di dalamnya, juga hak dan kewajibannya. Gunakan peta pikiran berikut untuk menuliskan ide dan pendapatmu.
BAHASA INDONESIA (KD 3.3 dan 4.3)
MENJELASKAN ISI TEKS MEDIA CETAK MELALUI POKOK PIKIRAN DAN MEMBUAT KESIMPULAN ISI TEKS MEDIA CETAK DARI DIAGRAM
Sebuah teks, termasuk teks media cetak, memiliki pokok pikiran di dalamnya. Pokok pikiran terdapat di dalam setiap paragraph pada teks yang disajikan. Pokok pikiran di dalam suatu paragraph terdapat kalimat pokok atau kalimat utama yang berada di awal paragraf. Dengan mengetahui pokok pikran setiap paragraph, kita dapat menjelaskan isi teks media cetak menggunakan bahasa sendiri.
Kesimpulan merupakan pendapat akhir dari suatu teks yang dibaca. Untyk membuat kesimpulan, kita harus memahami informasi penting yang terkandung di dalam teks tersebut
Informasi penting dari suatu teks dapat diurai menggunakan peta konsep atau diagram. Dengan cara menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari setiap paragraph, menggunakan kata Tanya apa, siapa, di mana, mengapa, dan bagaimana, setelah itu baru menentukan pokok pikiran dan jawaban yang dibuat baru membuat diagram.
MUATAN IPS (KD 3.2 dan 4.2)
AKTIVITAS MASYARAKAT DALAM LINGKUNGAN SOSIAL
Manusia merupakan makhluk social yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia harus menjalin interaksi dengan lingkungan sekitar, baik lingkungan alam maupun social.Interaksi antara manusia dengan lingkungan merupakan suatu hubungan timbal balik yang salin mempengaruhi..
Contohnya masyarakat Bali memiliki ciri khas dalam pengolahan lahan pertanian disebut dengan subak. Subak merupakan sebuah organisasi masyarakat Bali yang mengatur pengairan sawah. Subak merupakan sarana pemersatu masyaraakat Bali.
Contoh interaksi pembangunan ekonomi adalah kegiatan jual beli di pasar. Bahan makanan seperti beras, jagung, dan sayur-sayuran diproduksi oleh para petani. Pedagang berperan sebagai penyalur barang produksi yang dibutuhkan oleh pembeli. Di pasar akan terjadi transaksi jual b eli antara pedagang dan pembeli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar