Rabu, 11 Januari 2023

Materi ajar : Kamis, 12 januari 2023 ( tema 6 subtema 2 pembelajaran 3)

 

Satuan Pendidikan      : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
Kelas / Semester         : V/ 2
Tema 6                        : Panas dan Perpindahannya
Subtema 2                   : Perpindahan kalor disekitar kita
Pembelajaran ke 3      :   Bahasa Indonesia (3.3) dan PKN ( KD. 3.2), IPS (KD 3.2)


1. Apersepsi 
Alhamdulillah kemarin ananda sudah belajar tentang perpindahan kalor (konveksi), sekarang kita akan belajar materi tentang hak dan kewajiban warga negara

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..

2. Tujuan Pembelajaran

¡  Dengan menemukan pokok pikiran bacaan, siswa mampu menjelaskan isi teks penjelasan dari media cetak secara benar.

¡  Dengan melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan ekonomi, sosial budaya Indonesia secara rinci.

¡  Dengan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan jenis-jenis hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat secara jelas.


3. MATERI AJAR

BAHASA INDONESIA (KD 3.3 dan 4.3)

MENJELASKAN  ISI TEKS MEDIA CETAK MELALUI POKOK PIKIRAN DAN MEMBUAT KESIMPULAN ISI TEKS MEDIA CETAK DARI DIAGRAM

Sebuah teks, termasuk teks media cetak, memiliki pokok pikiran di dalamnya. Pokok pikiran terdapat di dalam setiap paragraph pada teks yang disajikan. Pokok pikiran di dalam suatu paragraph terdapat kalimat pokok atau kalimat utama yang berada di awal paragraf. Dengan mengetahui pokok pikran setiap paragraph, kita dapat menjelaskan isi teks media cetak menggunakan bahasa sendiri.

Kesimpulan merupakan pendapat akhir dari suatu teks yang dibaca. Untyk membuat kesimpulan, kita harus memahami informasi penting yang terkandung di dalam teks tersebut

Informasi penting dari suatu teks dapat diurai menggunakan peta konsep atau diagram. Dengan cara menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari setiap paragraph, menggunakan kata Tanya apa, siapa, di mana, mengapa, dan bagaimana, setelah itu baru menentukan pokok pikiran dan jawaban yang dibuat baru membuat diagram.

PPKn

Kewajiban Warga Negara Indonesia

Setiap warga negara di Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang tidak terpisahkan Ada hak, maka di sana juga ada kewajiban. Sebagai warga Negara Republik Indonesia, hak dan kewajiban warga negaranya diatur di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Yang termasuk dalam hak warga negara Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) antara lain adalah sebagai berikut.

1.      Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan (pasal 27 ayat 1).

2.      Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak (Pasal 27 ayat 2).

3.      Setiap warga negara berhak dalam usaha pembelaan negara (Pasal 30 ayat 1).

4.      Setiap warga Negara berhak untuk berserikat dan berkumpul dan mengeluarkan pendapatnya (Pasal 28).

5.      Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai (Pasal 29 ayat 2).

6.      Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran (Pasal 31 ayat 1).

7.      Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1).

Selain mengetahui hak warga negara, kita pun harus tahu tentang kewajiban kita sebagai warga negara. Ada kewajiban yang harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab karena menyangkut hak orang lain. Ada juga kewajiban yang bersifat pribadi. Berikut adalah beberapa contoh kewajiban warga negara Indonesia.

1.      Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) (Pasal 23A).

2.      Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya (Pasal 27 ayat 1).

3.      Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1).

4.      Setiap warga negara wajib untuk menghormati hak asasi orang lain dan menjunjung tinggi moral, nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum.

5.      Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

6.      Setiap warga negara wajib untuk mengikuti pendidikan dasar yang sepenuhnya dibiayai oleh Negara.

MUATAN IPS (KD 3.2 dan 4.2)

AKTIVITAS MASYARAKAT DALAM LINGKUNGAN SOSIAL

Manusia merupakan makhluk social yang tidak dapat  hidup sendiri. Manusia harus menjalin interaksi dengan lingkungan sekitar, baik lingkungan alam maupun social.Interaksi antara manusia dengan lingkungan merupakan suatu hubungan timbal balik yang salin mempengaruhi..

Contohnya masyarakat Bali memiliki ciri khas dalam pengolahan lahan pertanian disebut dengan subak. Subak merupakan sebuah organisasi masyarakat Bali yang mengatur pengairan sawah. Subak merupakan sarana pemersatu masyaraakat Bali.

Contoh interaksi pembangunan ekonomi adalah kegiatan jual beli di pasar. Bahan makanan seperti beras, jagung, dan sayur-sayuran diproduksi oleh para petani. Pedagang berperan sebagai penyalur barang produksi yang dibutuhkan oleh pembeli. Di pasar akan terjadi transaksi jual b eli antara pedagang dan pembeli.

4.Contoh soal:

Sebutkan 3 hak warga negara Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) ?

Alternatif jawaban

1.      Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan (pasal 27 ayat 1).

2.      Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak (Pasal 27 ayat 2).

3.      Setiap warga negara berhak dalam usaha pembelaan negara (Pasal 30 ayat 1).


5. Evaluasi 
 1.Sebutkan 3 contoh kewajiban warga negara Indonesia ?
2.Sebutkan 2 contoh media cetak?

6. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami materi perpindahan kalor secara konveksi, jangan lupa melaksanakan shalat 5 waktu dan murojaah ya nak :)
 Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...