Hari/Tanggal : jumat, 25 Juli 2025
Kelas : 4A
Mata Pelajaran : IPAS
Capaian Pembelajaran IPAS :
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
1. 1 Peserta didik dapat menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada tumbuhan
1. Akar
- Akar Serabut Akar serabut terdapat pada tumbuhan monokotil. Walaupun terkadang, tumbuhan yang dikotil juga dapat mempunyainya (tumbuhan dikotil tersebut dikembangbiakkan dengan melalui cara cangkok atau dengan stek). Fungsi utama dari akar serabut ialah agar dapat memperkokoh berdirinya tumbuhan.
- Akar Tunggang Akar tunggang terdapat pada tumbuhan dikotil. Akar tunggang mempunyai fungsi utama yaitu guna menyimpan makanan. Contoh : wortel, ubi dan sebagainya.
2. Batang
3. Daun
a. Daun Menyirip
Jenis daun ini memiliki struktur tulang yang bentuknya menyirip, seperti susunan tulang ikan. Contohnya seperti daun mangga, daun jambu, daun rambutan, dan lain sebagainya.
b. Daun Menjari
Seperti namanya, daun menjari memiliki bentuk seperti susunan jari-jari tangan kita. Jumlah helaian pada daun menjari, umumnya ganjil. Contohnya daun singkong, daun pepaya, daun jarak, daun mentimun, dan masih banyak lagi.
c. Daun Melengkung
Daun melengkung memiliki bentuk tulang seperti garis-garis yang melengkung. Bahkan, ada juga daun melengkung yang bentuknya seperti mangkok. Contoh daun melengkung, di antaranya daun genjer, daun eceng gondok, daun sirih, daun gadung, dan lain-lain.
d. Daun Sejajar
Daun sejajar punya ciri khas yang berbentuk seperti garis-garis lurus yang sejajar. Contohnya seperti rumput, daun jagung, daun padi, daun tebu, dan lain sebagainya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar