Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:
1.1 Membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah
Fokus Materi : Mengenal bilangan cacah sampai 100.000
SBDP
CP : peserta didik dapat memahami teknik perspektif
MATERI : teknik perspektif
Capaian Pembelajaran IPAS :Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Tujuan Pembelajaran IPAS :
1. 1Peserta didik dapat menganalisis hubungan antara bentuk serta furngsi bagian tubuh pada tumbuhan
Fokus materi : fungsi bagian tubuh tumbuhan
Materi Matematika
Perhatikan gambar di bawah ini!!
Dapatkah kalian membaca bilangan
yang tertulis pada label harga pada
gambar?
Setelah Helen dan Ibu berbelanja di minimarket, Mereka belanja tissue dengan harga Rp. 18.000.
Mereka pulang ke rumah.
Jarak dari minimarket ke rumah, yaitu 3.286 meter.
Tahukah kalian cara membaca bilangan 3.286?
Dibaca: Tiga Ribu Dua Ratus Delapan Puluh Enam.
Contoh:
2.634 dibaca dua ribu enam ratus tiga puluh empat
7.003 dibaca tujuh ribu tiga (ratusan dan puluhan tidak dibaca karena nol)
6.570 dibaca enam ribu lima ratus tujuh puluh (satuan tidak dibaca karena
nol)
Jika pada ratusan, puluhan dan satuan tertulis bilangan 0 maka bilangan
tersebut tidak dituliskan
Tugas!
a. Bacalah bilangan 7.350.
b. Bacalah bilangan 9.500.
c. Bacalah bilangan 2.150
SENI RUPA
perhatiakn vidio dibawah ini
MATERI IPAS
hari ini kita akan mempelajari Fungsi bagian-bagian dari tumbuhan.
mari kita simak video pembelajaran berikut ini
Bagian-bagian utama dari tumbuhan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Akar
Akar adalah bagian tumbuhan yang umumnya terdapat pada bagian bawah tumbuhan. Bagian ini biasanya terkubur di dalam tanah atau media tanam lainnya. Akar tumbuhan dibedakan menjadi akar tunggang dan akar serabut. Fungsi akar pada tanaman, sebagai berikut:
👍 Menyerap air dan mineral dari tanah dan meneruskannya ke batang
👍Sebagai penopang agar tanaman dapat berdiri kokoh
👍Menyimpan cadangan makanan, seperti pada tumbuhan kentang dan wortel
👍Pada akar jenis tertentu, berfungsi sebagai media pernapasan (respirasi), seperti pada tumbuhan bakau
Akar Serabut
Akar serabut terdapat pada tumbuhan monokotil. Walaupun terkadang, tumbuhan yang dikotil juga dapat mempunyainya (tumbuhan dikotil tersebut dikembangbiakkan dengan melalui cara cangkok atau dengan stek). Fungsi utama dari akar serabut ialah agar dapat memperkokoh berdirinya tumbuhan.
Akar Tunggang
Akar tunggang terdapat pada tumbuhan dikotil. Akar tunggang mempunyai fungsi utama yaitu guna menyimpan makanan. Contoh : wortel, ubi dan sebagainya.
2. Batang
Batang pada tanaman adalah tempat tumbuhnya ranting. Batang memiliki fungsi sebagai :
👉Sebagai alat transportasi yang mengangkut air dan mineral dari akar menuju daun
👉Menyalurkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh
👉Sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.
👉Penyokong bagi daun, bunga, dan buah untuk tumbuh
👉Beberapa jenis batang tanaman memiliki kambium. Kambium dalam batang juga berperan dalam proses pertumbuhan tanaman.
3. Daun
Bagian dari tumbuhan lainnya adalah daun, Beberapa fungsi daun bagi tumbuhan, yakni:
👍Tempat terjadinya proses fotosintesis
👍Sebagai alat pernapasan tumbuhan
👍Tempat terjadinya penguapan
👍Daun juga dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan vegetatif
a. Daun Menyirip
Jenis daun ini memiliki struktur tulang yang bentuknya menyirip, seperti susunan tulang ikan. Contohnya seperti daun mangga, daun jambu, daun rambutan, dan lain sebagainya.
b. Daun Menjari
Seperti namanya, daun menjari memiliki bentuk seperti susunan jari-jari tangan kita. Jumlah helaian pada daun menjari, umumnya ganjil. Contohnya daun singkong, daun pepaya, daun jarak, daun mentimun, dan masih banyak lagi.
c. Daun Melengkung
Daun melengkung memiliki bentuk tulang seperti garis-garis yang melengkung. Bahkan, ada juga daun melengkung yang bentuknya seperti mangkok. Contoh daun melengkung, di antaranya daun genjer, daun eceng gondok, daun sirih, daun gadung, dan lain-lain.
d. Daun Sejajar
Daun sejajar punya ciri khas yang berbentuk seperti garis-garis lurus yang sejajar. Contohnya seperti rumput, daun jagung, daun padi, daun tebu, dan lain sebagainya
4. Bunga
Bunga Tidak semua jenis tumbuhan memiliki bunga. Bunga merupakan tempat terjadinya perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan. Bunga memiliki bentuk yang sangat variatif dan berwarna-warni, memberikan daya tarik untuk menarik perhatian kupu-kupu dan serangga untuk hinggap dan membantu proses penyerbukan.
Fungsi bunga antara lain:
👍Tempat terjadinya penyerbukan Sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan
👍Sebagai tempat bertemunya sel kelamin jantan dan betina
👍Sebagai penghasil biji
👍 Perhiasan yang membuat tumbuhan menjadi indah
5. Buah
Buah merupakan cadangan makanan yang dihasilkan oleh sebuah tanaman yang dapat dinikmati oleh makhluk hidup lain.
Fungsi buah, yaitu:
👍 Untuk melindungi biji
👍Membantu dalam penyebaran biji-bijian
👍Sebagai penyedia cadangan makanan ketika melakukan perkecambahan
👍Sumber makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia
Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran sbdp menggambar perspektif menggunakan vidio pembelajaran, murid dapat membuat gambar jalan dengan baik menggunakan cara titik hilang satu titik, dalam pembelajaran ipas murid memahami fungsi tanaman dengan baik, dari pembelajaran yang sudah dilakukan dari 22 murid masih ada 1 murid yang belum memahami fungsi tumbuhan.
Penutup :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini mapel Matematika tentang mengenal bilangan sampai 10.000 ananda soleh solehah kelas 4 A dapat mengikuti pembelajaran dengan tertib dan sudah memahami materinya dengan baik. Semoga kalian dirumah terus berlatih dan belajar materi ini ya nak..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar