Capaian Pembelajaran IPAS :Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Tujuan Pembelajaran IPAS :
1. 1Peserta didik dapat menganalisis hubungan antara bentuk serta furngsi bagian tubuh pada tumbuhan
Fokus materi : bagian tubuh tumbuhan
Capaian Penbelajaran Matematika :Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:
1.1 Membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah
Fokus Materi : Membandingan dan mengurutkan bilangan
Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk membaca doa belajar
Materi IPAS
Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya
Sama seperti anggota tubuh kita, bagian tubuh tumbuhan juga
memiliki peran dan fungsinya masing-masing.
Akar adalah bagian yang penting bagi tumbuhan. Jika akar dipotong,
maka tumbuhan tidak bisa mengambil nutrisi dari dalam tanah dan akan mati. Ada 2 jenis akar pada tumbuhan yaitu akar serabut dan akar tunggang.
Akar juga bisa menjadi tempat menyimpan cadangan makanan bagi tumbuhan seperti wortel. Tanaman wortel memiliki jenis akar tunggang. Tanaman ini menyimpan cadangan makanannya di dalam akar. Jadi jika kalian memakan wortel, sebenarnya kalian memakan akar loh!
Agar lebih jelas perhatikan video penjelasan berikut ini
Tugas!
1. Akar pada tumbuhan berfungsi sebagai...
2. Untuk menyalurkan air dan makanan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan adalah....
Materi Matematika
Apresepsi
Masih ingatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin??
kemarin kita sudah belajar tentang bilangan cacah sampai 10.000
untuk dapat mengingat lagi, siapakah yang bisa menjawab pertanyaan berikut?
12.089 dibaca dua belas ribu sembilan puluh delapan
Baik, jika sudah mengingat kia akan melanjutkan pembelajaran hari ini.
Slamet dan Ibu akan membuat jus buah.
Mereka pergi ke pasar tradisional untuk membeli buah.
Ibu Slamet membeli buah manggis dan apel.
Ibu Slamet membeli setengah kilogram manggis dengan harga Rp7.500,00
dan seperempat kilogram apel dengan harga Rp6.750,00
Amati gambar di atas. Pernahkan kalian pergi ke pasar tradisional? Apakah
kalian mengetahui harga buah di pasar? Tentunya harga yang ditawarkan
di tiap kios pasar dapat berbeda. Jika di kios A harga bengkoang sebesar
Rp7.500,00 dan di kios B sebesar Rp8.750,00, kios manakah yang akan kalian
putuskan sebagai tempat membeli? Mengapa kalian memutuskan untuk
membeli di tempat itu?
Tentu kalian memutuskan untuk membeli bengkoang di kios A karena lebih murah.
Bandingkan angka pada tempat ribuan.
Angka pada tempat ribuan untuk 8.750 adalah 8.
Angka pada tempat ribuan untuk 7.500 adalah 7
Karena 8 lebih dari 7. Jadi, 8.750 lebih dari 7.500.
Dapat ditulis 8.750 > 7.500. Keterangan: untuk tanda “>” dibaca lebih dari
Perhatikan bilangan 4.352 dan 4.365, selanjutnya kita bandingkan nilai tempat
dari kedua bilangan tersebut.
Angka pada tempat puluhan untuk 4.352 adalah 5.
Angka pada tempat puluhan untuk 4.365 adalah 6.
Karena 5 kurang dari 6. Jadi, 4.352 kurang dari 4.365.
Dapat ditulis 4.352 < 4.365. Keterangan: untuk tanda “<” dibaca kurang dari.
Perhatikan bilangan 4.352 dan 4.355, selanjutnya kita bandingkan nilai tempat
dari kedua bilangan tersebut.
mari kita simak video berikut ini
Tugas!
Bandingkan bilangan berikut dan temukan yang lebih besar!
a. 5.734 dan 4.312
b. 5.614 dan 5.368
c. 7.124 dan 7.197
Refleksi dan evaluasi
Alhamdulillah pembelajaran hari ini untuk Matematika tentang membandingkan dan mengurutkan bilangan, dan bahasa indonesia tentang membuat proyek kamus mini KBBI, Ananda soleh solehah sudah dapat memahami materi tersebut.
Semoga bermanfaat dan bu guru tutup dengan mengucapkan alhamdulillahirobbil alamin
kesimpulan
Alhamdulillah untuk pembelajaran hari ini ananda semuanya sudah mampu membuat proyek kamus kini dan membandingkan 2 bilangan dengan tepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar