Minggu, 11 Februari 2024

Materi ajar: senin 12 februari 2024

 


Satuan Pendidikan      : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
Kelas / Semester       : V/2
Tema 7                       :  Peristiwa Dalam Kehidupan 
Subtema 1                   :  Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan 
Pembelajaran ke 6      : SBdP (KD 3. 2, 4.2), PPKn ( KD 3. 3, 4.3),Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran : 

1. Dengan membaca siswa dapat menjelaskan kongres perempuan indonesia secara benar
2. Dengan bernyayi lagu " tanah Airku" siswa dapat menunjukkan sikap rasa cinta kepada tanah air secara benar
3. Dengan bekerjasama, siswa dapat mengidentifikasi sikap dan prilaku menghadapi keragaman dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh tanggung jawab

1. Apersepsi 
Alhamdulillah Kamis kemarin kita sudah mempelajari materi tentang perubahan wujud zat padat menjadi gas.

lets start our lesson today with pray 
Sebelumnya silahkan simak video pembelajaran dibawah ini ya

2. Materi Ajar

Muatan PPKn ( KD 3. 3, 4.3)

mengidentifikasi sikap dan perilaku yang tepat dalam menghadapi keragaman dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh tanggung jawab.

Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh

Dengan mempelajari sejarah perjuangan bangsa melawan penjajah, khususnya peristiwa Sumpah Pemuda, banyak pelajaran yang kita petik. Kita menjaditahu bahwa persatuan dan kesatuan memiliki arti penting dalam kehidupanberbangsa dan bernegara.Berbagai perlawanan yang bersifat kedaerahan selalu saja gagal dalammengusir penjajah. Bangsa kita pun mudah diadu domba.

demikian, perkembangandan pelestarian kebudayaan nasional menjadi tanggung jawab seluruhbangsa Indonesia. Mengembangkan dan melestarikan kebudayaan daerahmerupakan salah satu caranya karena kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional.

Upaya-upaya pengembangan dan pelestarian kebudayaan nasional yanglain adalah sebagai berikut.

1. Secara terus-menerus diadakan kegiatan pengenalan dan penyebaranbudaya nasional kepada masyarakat.

2. Kegiatan penggalian situs-situs bersejarah dan pemeliharaan temuantemuan sejarah harus senantiasa digalakkan.

3. Pengembangan budaya daerah dan nasional melalui pendidikan danpengajaran, misalnya menjadikan bahasa dan kesenian daerah sebagaimata pelajaran muatan lokal wajib di sekolah-sekolah.

4. Senantiasa dikembangkan sikap menghormati kebudayaan sendiri dankebudayaan daerah lain.

5. Mengenal dan mempelajari kebudayaan sendiri yang merupakanwarisan leluhur. 


B.Indonesia

Bacalah dengan saksama bacaan tentang Kongres Perempuan berikut ini dan temukan kosakata baru


Kongres Perempuan Indonesia


Kongres Perempuan Indonesia berlangsung tiga kali. Pada tanggal 22 Agustus 1928 di Yogyakarta, diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia I. Kongres ini diikuti berbagai wakil organisasi wanita di antaranya Ny. Sukamto, Ny. Ki Hajar Dewantara, dan Nona Suyatin.


Kongres berhasil membentuk Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI). Kongres itu juga berhasil merumuskan tujuan mempersatukan cita-cita dan usaha memajukan wanita Indonesia serta mengadakan gabungan atau perikatan di antara perkumpulan wanita. Pada tangal 28–31 Desember 1929, PPI mengadakan kongres di Jakarta dan mengubah nama PPI menjadi PPII (Perserikatan Perhimpunan Isteri Indonesia).


Tanggal 20–24 Juli 1935, diadakan Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta dipimpin oleh Ny. Sri Mangunsarkoro. Kongres tersebut membahas masalah perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf, dan perkawinan.

Kongres Perempuan III berlangsung di Bandung tanggal 23–28 Juli 1938 dipimpin oleh Ny. Emma Puradireja, membicarakan hak pilih dan dipilih bagi wanita di badan perwakilan. Dalam kongres tersebut, disetujui RUU tentang perkawinan modern yang disusun oleh Ny. Maria Ulfah dan disepakati tanggal lahir PPI 22 Desember sebagai Hari Ibu


Muatan SBdP (KD 3. 2, 4.2)

Tumbuhkan kesadaran dalam diri untuk cinta tanah air dengan menyanyikan lagu yang berkaitan dengan rasa bangga dan cinta tanah air seperti :

1. Garuda Pancasila

2 Berkibarlah benderaku

3. Tanah airku

4. Indonesia Raya

serta masih banyak lagi lagu lainnya

3. Contoh menyanyikan lagu dengan rasa bangga dan cinta tanah air :



4. Evaluasi

Hari ini ananda Sholeh Sholehah praktek SBdP menyanyikan salah satu lagu diatas dengan penuh semangat cinta serta bangga dan untuk menumbuhkan kesadaran dalam diri untuk cinta tanah air.

5. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga sholeh sholehah sudah memahami tentang materi subtema 1 di pembelajaran ke 6, dan besok kita akan mempelajari materi baru di subtema 2 ya nak, dan jangan lupa untuk tetap mengerjakan sholat sunnah dan wajib serta muroja'ah juz 30 🤗


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR KAMIS, 16 MEI 2024   Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajaran ...