Pages

Jumat, 23 Februari 2024

MATERI AJAR JUM'AT, 23 FEBRUARI 2024

 




 


Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema 7                      : Peristiwa dalam Kehidupan

Sub Tema 3               : Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Pembelajaran ke       : 2

Muatan Terpadu.       : IPS (KD 3. 4, 4.4), SBdP (KD 3. 3, 4. 3)

TUJUAN PEMBELAJARAN :

- Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik mengidentifikasi kegiatan-kegiatan dalam mengisi kemerdekaan dengan penuh kepedulian.

1. Apersepsi
Alhamdulillah pada pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari faktor-faktor perubahan wujud benda dan membuat surat tidak resmi, hari ini di pembelajaran yang ke 2 kita akan mempelajari mata pelajaran IPS dan SBdP. Simak materi hari ini sampai selesai ya anak sholeh sholehah 🤗

Sebelumnya kita simak dahulu video dibawah ini ya 


2. Materi ajar

IPS (KD 3. 4, 4.4)

Kegiatan Pembangunan untuk Mengisi Kemerdekaan


Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan

Cara generasi muda mengisi kemerdekaan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat, baik untuk diri kita juga orang lain. Saya yakin, para pelajar tahu mana yang baik dan mana yang buruk, cuma rasa malas yang saat ini hinggap di pikiranmu, mengalahkan jiwa patriot yang seharusnya kamu pupuk sampai akhir hayat.

Para pahlawan dengan alat-alat perang sederhana (bambu runcing) bisa mengalahkan senjata yang sudah modern saat itu, bukan karena keberuntungan, tapi karena tekad dan kemauan yang kuat.

Kegiatan positif mengisi kemerdekaan di Rumah

Berikut ini adalah contoh yang dilakukan generasi muda di rumah:

- Sadar untuk mengerjakan pekerjaan rumah (ngepel, nyuci, nyapu, dll), tanpa harus di suruh orang tua. Sekarang ini sudah tidak zamannya lagi malu atau malas.

- Memanfaatkan waktu luang di rumah untuk belajar an kegiatan positif lainnya

- Saling membantu jika ada anggota dalam kesusahan.

- Menjaga hubungan dengan tetangga

- Menghormati satu sama lain adalah wujud patriot sejati.

- Patuh terhadap perintah orang tua.

- Bersikap baik dan saling mernghormati kepada orang tua dan saudara

- Pandai membagi waktu, antara bermain dan belajar.

- Melaksanakan perintah yang diberikan orang tua.

- Rajin membantu dan berbakti kepada orang tua

- Menjaga kebersihan rumah, misalnya dengan menaata barang dengan rapi



Kegiatan positif mengisi kemerdekaan di Sekolah

Sebagai pelajar yang baik, berikut ini contoh kegiatan positif pelajar dalam mengisi kemerdekaan di sekolah:

- Disiplin dan khidmat ketika mengikuti upacara.

- Memberanikan diri menjadi petugas upacara.

- Mematuhi ketentuan dan tata tertib sekolah dan kelas

- Belajar dengan rajin dan tekun tidak bersikap malas
- Aktif dalam berbagai acara di masyarakat, baik tentang kemerdekaan, acara keagamaan, atau pelayanan masyarakat lainnya.

- Menghargai satu sama lain dengan menjaga sopan dan santun dalam bermasyarakat

- Ikut aktif dalam kegiatan di masyarakat, seperti kerja bakti atau pertemuan RT dan RW

- Menjaga hubungan dengan anggota masyarakat lainya

- Menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan tempat kita tinggal

- Tidak melakukan diskriminasi, terhadap warga masyarakat yang berbeda suku bangsa atau berbeda agama

- Mengikuti peringatan hari kemerdekaan Indonesia setiap tangga 17 Agustus.


SBdP (KD 3. 3, 4. 3)

Karya Seni Rupa Daerah

Seni Rupa Daerah yang Menjadi Daya Tarik Internasional

Setelah mengerti apa saja jenis seni rupa daerah dan contoh-contoh beserta asalnya, saatnya mengetahui seni rupa daerah apa yang sampai sekarang ini memiliki daya tarik bagi warga dunia. Ternyata, tidak hanya satu atau dua kesenian dari Indonesia saja yang berhasil menarik perhatian mereka, melainkan ada cukup banyak. Hal ini pun wajar karena memang setiap seni rupayang berasal dari Indonesia memiliki keunikan masing-masing.
 
Berikut adalah beberapa seni rupa dari Indonesia yang berhasil menarik perhatian warga dunia dan beberapa memang sudah didistribusikan ke negara lain untuk dikenalkan yaitu Batik.


3. Contoh gambar batik :





4. Evaluasi

1. Berikut ini merupakan negara-negara yang menjajah Indonesia paling lama adalah ....
a. Portugis
b. Spanyol
c. Jepang
d. Belanda

2. Tokoh yang mencetuskan sistem tanam paksa pada masa penjajahan Belanda adalah ....
a. Daendels
b. Pieter Both
c. Van den Bosch
d. Douwes Dekker

3. Perhatikan tokoh-tokoh berikut ini!
(1). dr. Sutomo
(2) Douwes Dekker
(3) dr. Cipto Mangunkusumo
(4) Suwardi Suryaningrat
Pendiri Indische Partij yang dikenal dengan tiga serangkai ditunjukkan pada nomor ....
a. 1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)

4. Organisasi pergerakan nasional Boedi Oetomo dipimpin oleh ....
a. dr. Sutomo
b. Douwes Dekker
c. dr. Cipto Mangunkusumo
d. Suwardi Suryaningrat

5. Tanggal berdirinya Boedi Oetomo dijadikan sebagai ....
a. Hari Kebangkitan Nasional
b. Hari Pahlawan
c. Hari Pendidikan Nasional
d. Hari Pancasila

6. Patung termasuk karya seni rupa ….

a. 2
b. 3
c. 4
d. Tidak tentu


7. Berikut ini yang bukan termasuk bentuk dari seni rupa daerah adalah….

a. Seni tari
b. Seni kerajinan
c. Seni patung
d. Seni lukis


8. Karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar dan tinggi merupakan ciri dari seni rupa …. dimensi.

a. 2
b. 3
c. 4
d. Tidak menentu


9. Batik, tenun dan juga songket tergolong seni rupa dalam bentuk seni …

a. Pahat
b. Lukis
c. Ukir
d. Tekstil


10. Kayu yang digunakan oleh Suku Asmat untuk membuat patung Asmat adalah kayu dari pohon…

a. Jati
b. Mahoni
c. Bakau
d. Meranti



5. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami kegiatan pembangunan untuk mengisi kemerdekaan dan karya seni rupa daerah, besok kita akan belajar tema 7 subtema 3 pembelajaran 3, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Selasa/ 19 november 2024 Kelas / Fase : 5 / C Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan, IPAS, Matematika 👉👉Tujuan Pe...