Jumat, 27 Oktober 2023

Materi ajar: 27 oktober 2023

 

Instansi                       : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung

Muatan Pelajaran     : Makanan  Sehat

Materi                         : Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK)

Kelas                            : 5C



1. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan kelipatan persekutuan   terkecil (KPK) dari dua bilangan dalam kehidupan sehari-hari


2. Sapaan
 

Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

3. Apresepsi
Kemarin kita sudah belajar tentang FPB hari ini kita akan masuk ke materi KPK, Apakah soleh soleha tahu apakah kelipatan itu??....


lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..








  4.Materi Ajar


Kelipatan

Kelipatan adalah mengalikan bilangan dengan setiap bilangan asli secara berurutan. Misalnya, kita pilih satu bilangan, yaitu 2. Kemudian, bilangan 2 tersebut kita kalikan dengan bilangan asli secara berurutan, seperti:

2 x 1 = 2

2 x 2 = 4

              2 x 3 = 6 … dst.

Jadi, bilangan 2, 4, 6, dan seterusnya merupakan kelipatan dari 2.

 

Faktor

Faktor adalah bilangan-bilangan yang dapat membagi sampai habis suatu bilangan. Misalnya, kita pilih satu bilangan, yaitu 10. Nah, bilangan 10 ini kira-kira bisa habis dibagi oleh bilangan apa saja, nih? Benar! Bilangan 10 bisa dibagi oleh 1, 2, 5, dan 10. Jadi, 1, 2, 5, dan 10 ini merupakan faktor dari 10.

Oke, sekarang kamu sudah tahu kan apa itu kelipatan dan faktor. Selanjutnya, ayo kita masuk ke materi yang sudah kita tunggu-tunggu dari tadi!


Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)

KPK adalah bilangan kelipatan terkecil yang sama dari banyaknya bilangan yang dimaksud. Banyaknya bilangan yang dimaksud ini bisa berupa 2 bilangan, 3 bilangan, dan seterusnya. Contoh:

Kita akan menentukan KPK dari 2 bilangan, yaitu 5 dan 6. Langkah pertama yang kita lakukan adalah mencari kelipatan dari masing-masing bilangan tersebut.

        5 = 5, 10, 15, 20, 25, 30, …

6 = 6, 12, 18, 24, 30, …

Setelah itu, kita peroleh kelipatan bilangan terkecil yang sama dari 5 dan 6, yaitu 30. Jadi, KPK dari 5 dan 6 adalah 30.





5. Contoh Soal


Perhatikan permasalahan berikut dengan cermat!


Soal :

Ayah memasang lampu hias di depan rumah untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI. Ayah akan menyalakan lampu hias bergantian dalam waktu yang sudah ditentukan. Lampu berwarna merah menyala setiap 5 detik dan lampu berwarna hijau menyala setiap 6 detik. Pada detik berapakah lampu berwarna merah dan hijau akan menyala secara bersamaan?

Jawab:

Dengan kelipatan persekutuan

  1. Pada permasalahan di atas, lampu hias berwarna menyala setiap 5 detik sekali, maka dapat dinyatakan dalam bentuk kelipatan, yaitu:

Kelipatan 5 adalah 5, 10, 15, 20, 25, 30, 35, 40, 45, 50, 55, 60, ….

  1. Lampu hias berwarna hijau menyala setiap 6 detik sekali, maka dapat dinyatakan dalam bentuk kelipatan, yaitu:

Kelipatan 6 adalah 6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, 48, 60, 66, 72, ….

  1. Dari kelipatan 5 dan 6 terdapat bilangan yang sama yaitu 30 dan 60, …

Yang merupakan kelipatan persekutuan kedua bilangan tersebut.

  1. Karena untuk pertama kalinya lampu hias berwarna merah dan hijau menyala secara bersamaan, maka bilangan dari kelipatan persekutuan 5 dan 6 dipilih yang terkecil yaitu 30.

Jadi, kelipatan persekutuan terkecil dari 5 dan 6 adalah 30.

Oleh karena itu, kedua lampu hias akan menyala secara bersama-sama setiap 30 detik.

6. Evaluasi
Soal dapat dibuka melalui link dibawah ini

https://forms.gle/BSwGqe18NjznQhvU6


PENILAIAN PENGETAHUAN

 

Mata Pelajaran            : Matematika

Materi                         : KPK

Hari/Tanggal               : ........................................................

Nama Peserta Didik   : ........................................................

 

Petunjuk                     :

1.      Berdoalah sebelum mengerjakan soal

2.      Tulislah nama, hari/tanggal pelaksanaan pada lembar jawaban

3.      Dahulukan mengerjakan soal yang kamu anggap mudah

4.      Periksalah kembali hasil pekerjaanmu

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

 

1.   

Edo dan Meli sedang latihan lari di lapangan sekolah yang berbentuk lingkaran untuk persiapan turnamen. Edo dapat menyelesaikan putaran dalam waktu 90 detik, sedangkan Meli dapat menyelesaikan 1 putaran dalam waktu 120 detik. Mereka mulai berlari dari garis awal di waktu yang sama.

Pada detik ke berapakah Edo dan Meli bertemu kembali di titik start untuk kedua kalinya?

 

2.      Untuk meraih penghargaan Adipura, jalan-jalan di kota Baru dibuat semakin menarik. Di kiri jalan dipasang bendera tiap 25 meter. Pada pembatas jalur tengah jalan dipasang lampu tiap 30 meter. Tiap berapa meter bendera dan lampu letaknya sebaris?

 

3.      Cocokkanlah pertanyaan pada kolom A dengan jawaban pada kolom B!

A

 

 

B

1.      Kelipatan dari 12 yang kurang dari 50

o    

o    

a.       36, 72, ….

2.      KPK dari 18 dan 24

o    

o    

b.      72

3.      Kelipatan persekutuan dari 12 dan 18

o    

o    

c.       12, 24, 36, 48

 

4.      Beri tanda (ü) pada pernyataan yang benar dan berilah tanda (×) pada pernyataan yang salah.

No.

Pernyataan

Benar

Salah

1

Kelipatan dari 8 yang kurang dari 30 adalah 8, 16, 26

 

 

2

KPK dari 8 dan 18 adalah 72

 

 

3

Kelipatan persekutuan dari 10 dan 20 adalah 20, 30, 40, …..

 

 

4

Kelipatan persekutuan terkecil dari 12 dan 15 adalah 30

 

 

 

7. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini tentang KPK semoga bermanfaat dan dapat dipahami.
Besok kita akan belajar tentang penambahan dan pengurangan pecahan,  selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa membantu orang tua di rumah ya nak 
 
8. Kesimpulan
Dalam pertemuan sebelumnya yaitu tema 2 subtema 3 pembelajaran 6 pada hari kamis, dapat disimpulkan, 3,2% siswa yaitu sebanyak 2 orang siswa dari total 23 siswa kelas 5A masih belum memahami tentang cara bertanggung jawab.

Wassalamualaikum.wr.wb.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  MATERI AJAR SENIN, 13 MEI 2024    Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema  2      : Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran...