Minggu, 01 Oktober 2023

Materi Ajar : Senin, 2 Oktober 2023

 


Tema 3           : Makanan Sehat 

Subtema 2      : Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh

Pembelajaran   : 3

Muatan pelajaran:                                                                                                          

 Muatan Pelajaran :

 PPKn (KD 3.3, 4.3), 

Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4)

Tujuan :

v 1. Peserta didik mampu menceritakan dan memberikan contoh keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitarnya.

    2. peserta didik mampu  mengidentifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik

 1. Sapaan 



Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...


2. Apersepsi 
adakah yang masih ingat materi yang kemarin? ..... iya betul minggu kemarin kita sudah membahas materi terkait ciri-ciri iklan elektronik, hari ini kita akan belajar terkait perbedaan iklan media cetak dan media elektronik 

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..

4. Materi Ajar 

Keragaman Adat IstiadatAdat istiadat adalah perilaku masyarakat yang menjadi ciri khas suatu daerah tertentu. Adat istiadat diterapkan secara turun temurun sehingga menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan masyarakatnya.

Adat istiadat dibedakan menjadi 2 jenis :

1.   Tertulis (peraturan atau dokumen)

2.   Tidak tertulis (ceritarakyat, tarian daerah, dan upacara adat)

 

Contoh adat istiadat : Ngaben(Bali), Tabuik (Sumatera Barat), Dugderan (Semarang), dan Lompat Batu Fahombo (Nias)


Makna Semboyan Bhineka Tunggal Ika

 


Kita harus saling menghormati dan menghargai yang dapat terwujud melalui kerja sama.

Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4)

Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak dan Elektronik

Iklan media cetak

ü Iklan disampaikan tertulis, sehingga dapat dibaca kapan saja.

Iklan media elektronik

ü Iklan dilihat, didengar, dan dibaca teksnya

ü Iklan hanya ditampilkan dalam waktu singkat

ü Bahasa yang digunakan dapat berupa formal maupun nonformal

Persamaannya, sama-sama dibuat untuk meyakinkan dan memengaruhi pembaca atau pendengarnya.

Isi pada Iklan Media ElektronikUntuk dapat memahami isi iklan pada radio, dengarkanlah iklan dengan seksama. Sedangkan pada televisi, lihat, dengar, dan bacalah teks yang disajikan dengan seksama.Kita perlu mengingat kata kunci yang terdapat pada iklan elektonik karena biasanya disampaikan dalam waktu yang singkat. Kata kunci pada iklan dapat ditemukan pada slogan serta kalimat persuasif yang ada pada iklan tersebut.


5. Contoh Soal
Jelaskan dari perbedaan bahasa iklan media cetak dan elektronik?
Jawab: 

Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak dan Elektronik

Iklan media cetak

ü Iklan disampaikan tertulis, sehingga dapat dibaca kapan saja.

Iklan media elektronik

ü Iklan dilihat, didengar, dan dibaca teksnya

ü Iklan hanya ditampilkan dalam waktu singkat

ü Bahasa yang digunakan dapat berupa formal maupun nonformal

6. Evaluasi
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Berita berisi pesan yang membujuk atau mempengaruhi pembaca/pendengar/pemirsa melakukan sesuatu termasuk ....
a. legenda
b. cerpen
c. puisi
d. iklan

2. Iklan dapat dijadikan media untuk menyebarkan beragam informasi penting, misalnya informasi tentang makanan sehat.
Berikut kalimat iklan yang berisi ajakan untuk mengkonsumsi makanan sehat adalah ….
a. Sehat itu mahal harganya.
b. Anak cerdas harus makan makanan bergizi.
c. Ayo konsumsi ikan, agar tubuh menjadi sehat!
d. Ayo pelihara jantungmu dengan lari pagi

3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) Kalimat singkat dan jelas.
(2) Tulisan dan gambar menarik
(3) Menggunakan bahasa asing
(4) Slogan mudah diingat
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat iklan adalah....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)

4. Pernyataan :
(1) memberikan informasi,
(2) membujuk,
(3) mengajak,
(4) mengkritik,
(5) memberi masukan.
Fungsi iklan ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3) 
b. (1), (2), dan (4) 
c. (2), (3), dan (4)
d. (3), (4), dan (5)

5. Iklan yang menggunakan bahasa berupa singkatan-singkatan disebut ….
a. iklan niaga
b. iklan jasa
c. iklan baris
d. iklan baliho

6. Berikut ini yang bukan ciri bahasa dalam sebuah iklan adalah ….
a. ambigu
b. menarik
c. ringkas
d. jelas

7. Jenis teks yang berisi informasi berupa bujukan untuk khalayak banyak agar tertarik terhadap barang atau jasa yang ditawarkan disebut ....
a. komik
b. iklan
c. cerpen
d. cergam

8. Berikut ini yang bukan kaidah pembuatan iklan yang benar adalah ....
a. kalimatnya singkat dan jelas
b. bahasanya mudah dipahami dan menarik.
c. tulisan dan gambarnya menarik.
d. bahasanya tidak mudah diingat.

9. Perhatikan gambar berikut !


Produk yang ditawarkan pada iklan tersebut adalah ….
a. sapi
b. detergen
c. gelas
d. susu

10. Berikut ini yang tidak termasuk ciri kalimat iklan yang baik adalah ….
a. singkat
b. padat
c. berbelit-belit
d. bersifat mempengaruhi


7. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu.
 
8. Kesimpulan
Dalam pertemuan sebelumnya yaitu tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 pada hari selasa, dapat disimpulkan, 5,4% siswa yaitu sebanyak 3 orang siswa dari total 23 siswa kelas 5A masih belum memahami tentang perbedaan media iklan elektronik dan media iklan cetak


 
Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...