Rabu, 25 Oktober 2023

MATERI AJAR KAMIS, 26 OKTOBER 2023



MATERI AJAR KAMIS, 26 OKTOBER 2023

 

Tema 4                    : Sehat itu Penting

Sub tema 1          : Peredaran Darahku Sehat

Pembelajaran ke      : 2

Muatan Pelajaran : SBDP, IPA dan Bahasa Indonesia 

TUJUAN PEMBELAJARAN :

1. 1. siswa dapat menunjukkan ciri-ciri serta unsur-unsur pantun yang dibuat dengan benar.
2. siswa dapat menuliskan dan menggambar cara kerja peredaran darah pada hewan dengan tepat. 

    3. siswa dapat menyebutkan berbagai lagu bertangga nada mayor dan minor secara tepat.

 1. Sapaan 

Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Ya Robbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat dhuha dan murojaah ya nak...

2. Apersepsi 

adakah yang masih ingat materi yang kemarin? ..... iya betul kemarin kita sudah membahas sistem peredaran pada manusia dan hari ini kita akan belajar tema 4 subtema 1 pembelajaran 2 yaitu tentang ciri ciri pantun

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak video pembelajaran dibawah ini ya..


3. Materi Ajar

IPA


Secara umum, sistem peredaran darah pada hewan dibagi dua bagian. Ada peredaran darah terbuka dan tertutup. Pada sistem peredaran darah terbuka, tekanan darah yang dihasilkan dari kontraksi jantung cukup rendah oleh karena itu sari makanan yang terdorong akan mengalir lebih lambat. Contoh sistem peredaran darah terbuka terdapat pada cacing dan serangga seperti belalang.

Sistem peredaran darah tertutup, jantung akan memompa darah secara terus-menerus, sehingga tekanan yang didapatkan tetap stabil. Hal ini akan mendorong darah keluar dengan lebih kuat dari pembuluh darah dan memasuki organ jantung dengan kecepatan yang baik. Dalam sistem peredaran darah tertutup, darah akan mengalir mulai dari jantung menuju ke wilayah pembuluh kapiler dan kembali lagi ke organ jantung hewan. Sistem peredaran darah tertutup memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan sistem peredaran terbuka.

Kelebihan sistem peredaran darah terbuka antara lain darah mengalir lebih
stabil sehingga tekanan dalam pembuluh darah hewan juga ikut stabil. Hewan
yang memiliki sistem peredaran darah tertutup adalah kelompok vertebrata.
Contohnya katak, ikan, reptil, dan burung.


Bahasa Indonesia

enurut KBBI, pantun merupakan jenis puisi Indonesia atau Melayu. Sementara menurut Sunarti (2005;11) disebutkan bahwa yang dimaksud pantun adalah bentuk puisi lama yang dari segi bahasanya memiliki keindahan tersendiri karena mengandung rima atau sajak a-b-a-b.


Ciri-ciri Pantun

Sebenarnya jika menyimak tentang pengertian pantun di atas, kamu bisa dengan mudah mengetahui apa saja ciri-ciri dari pantun yang merupakan salah satu dari jenis puisi lama. Tapi harus diingat ya, kalau pantun beda dengan puisi. Agar lebih jelas, kamu bisa simak ciri-cirinya di bawah ini.


1. Setiap Bait Terdiri dari 4 Baris

Ciri pertama bisa dilihat dari setiap bait pantun yang terdiri dari 4 baris. Meskipun pada contoh pantun Jarjit di awal hanya terdiri dari 2 baris, namun dalam aturan bakunya, sebuah pantun harus terdiri dari 4 baris. Tidak lebih dan tidak kurang agar bisa memenuhi struktur pantun.


2. Setiap Baris Terdiri dari 8 - 12 Suku Kata

Selain mengatur jumlah baris dalam bait, jumlah suku kata dalam pantun juga sudah ditentukan, yaitu terdiri dari 8 sampai 12 suku kata. Dengan begitu maka kata-kata di dalam pantun lebih padat dan jelas.


3. Memiliki Sajak a-b-a-b

Ciri-ciri pantun berikutnya adalah memiliki sajak atau rima a-b-a-b. Sajak merupakan kesamaan bunyi yang biasanya ditemukan dalam sebuah puisi. Nah, sajak dalam pantun ini menjadi salah satu ciri khas tersendiri yang membuatnya jadi berbeda.


4. Baris Pertama dan Kedua Berupa Sampiran

Ciri selanjutnya terletak pada baris pertama dan kedua yang berupa pengantar atau sampiran. Biasanya, sampiran ini tidak berkaitan dengan isi pantun dan sering menunjukkan kebiasaan atau peristiwa dan istilah tertentu. Bukan hanya puitis, sampiran juga sering terdengar lucu.


5. Baris Ketiga dan Keempat Berupa Isi

Berbeda dari baris pertama dan kedua yang sifatnya sebagai sampiran, baris ketiga dan keempat pantun merupakan isinya. Isi pantun bisa berbeda-beda sesuai jenisnya, dan isi tersebut merupakan maksud dari pantun yang disampaikan.


6. Anonim

Ciri pantun bersajak berikutnya adalah tidak mencantumkan nama penulis. Hal ini sangat berbeda dengan karya sastra lainnya yang biasanya mencantumkan nama penulis, seperti puisi. Pantun sendiri lebih sering diucapkan dan disebarkan secara lisan.


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pantun merupakan salah satu bentuk puisi lama, seperti syair dan juga gurindam. Tapi, apa, ya, yang membedakan ketiganya? 


Perbedaan ciri pantun, syair dan gurindam bisa kamu lihat dalam beberapa hal. Pantun dan syair sama-sama terdiri dari 4 baris dalam setiap baitnya, sedangkan gurindam hanya dua baris. Syair terdiri dari 8-14 suku kata dan gurindam terdiri dari 10-14 suku kata.


Selain itu, pola rima pada syair a-a-a-a sedangkan gurindam a-a, b-b, c-c, dan seterusnya. Pada syair, semua merupakan isi dan tidak memiliki sampiran. Pada gurindam, baris pertama berupa soal dan baris kedua berupa jawaban. Syair menggunakan kata kiasan dan gurindam berisi nasehat.


Unsur-unsur Pantun

Kalau sebelumnya sudah membahas tentang pengertian dan ciri-ciri pantun, kali ini kita akan membahas apa saja unsur-unsur pantun. Unsur pantun sendiri ada dua, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Berikut ini penjelasannya:


1. Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik merupakan unsur yang berasal dari dalam pantun. Seperti alur, tempat dan waktu, tema, tokoh dan lain-lain. Yang menjadi ciri khas dalam unsur intrinsik adalah sajak atau rima dengan bunyi akhiran yang sama. Hal ini jadi daya tarik tersendiri dalam sebuah pantun.


2. Unsur Ekstrinsik

Kalau unsur intrinsik berasal dari dalam, maka unsur ekstrinsik merupakan unsur pantun yang berasal dari luar. Unsur ini merupakan latar belakang yang memunculkan pantun sehingga akan berpengaruh pada isi pantun.

SBDP


Contoh lagu yang bertangga nada mayor adalah, Maju Tak Gentar, Halo-halo Bandung, Garuda Pancasila, Bintang Kecil, Indonesia Raya, Mars Pelajar.

Contoh lagu yang bertangga nada  minor adalah, Syukur, Tuhan. Gugur Bunga, Bungong Jeumpa, Ayam Den Lapeh

4. Contoh Soal

Contoh lagu bertangga nada mayor...

Indonesia Raya

5. Evaluasi (Latihan Soal) 

1. Darah adalah salah satu bagian penting dari tubuh manusia. Organ tubuh manusia yang memompa darah agar tetap mengalir adalah ….
a. Paru-paru
b. Jantung
c. Hati
d. Ginjal

2. Ketika darah mengalir ke seluruh tubuh, aliran darah tersebut juga turut mengalirkan ….
a. Tulang
b. Oksigen
c. Nitrogen
d. Daging

3. Mengalirnya darah ke seluruh tubuh dinamakan sistem ….
a. Pengaliran darah
b. Pernafasan darah
c. Rotasi darah
d. Peredaran darah

4. Baris pertama dan kedua dalam pantun dinamakan ….
a. Sampiran
b. Syair
c. Isi
d. Sajak

5. Anak itik selesai berenang
Nampak lucu di tengah sawah
Sungguh hatiku merasa senang
Hari ini aku diberi hadiah

Pantun di atas tergolong pantun ….
a. Muda
b. Tua
c. Kanak-kanak
d. Jenaka

6. Lagu di bawah ini yang bertangga nada minor adalah ….
a. Garuda Pancasila
b. Halo-Halo Bandung
c. Maju Tak Gentar
d. Gugur Bunga

7. Ciri-ciri lagu bertangga nada mayor antara lain adalah ….
a. Bersemangat
b. Sedih
c. Gelisah
d. Tertawa

8. Pada sistem peredaran darah tertutup jantung memompa darah secara terus menerus sehingga tekanan darah yang didapatkan menjadi ….
a. Lemah
b. Lambat
c. Cepat
d. Stabil

9. Contoh hewan yang mempunyai sistem peredaran darah terbuka adalah ….
a. Serangga
b. Katak
c. Ikan
d. Kadal

10. Berakit-rakit ke hulu

Berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit dahulu
Bersenang-senang kemudian

Pantun di atas termasuk pantun ….
a. Jenaka
b. Nasihat
c. Kiasan
d. Teka-Teki

6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak

7. Kesimpulan
Dalam pertemuan sebelumnya yaitu remedial tema pada hari srabu, dapat disimpulkan, 7,3% siswa yaitu sebanyak 4 orang siswa dari total 24 siswa kelas 5B masih belum memahami materi ciri ciri pantun
Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...