Pages

Senin, 03 Januari 2022

Materi Ajar : Selasa, 04 Januari 2022

MATERI AJAR

Kelas              : III
Tema 5           : Cuaca
Sub Tema 1    : Keadaan cuaca
Hari/Tanggal  : Selasa, 04 Januari 2022
Pembelajaran : 1 dan 2

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat mengenal pecahan 1/2, 1/3, 1/4

2. Siswa dapat memahami tentang perubahan cuaca yang ada disekitar 

Materi dapat dilihat di buku tematik tema 5 dimulai dari halaman 2

Vidio pembelajaran 





Ayo Membaca

Udin dan Beni bermain bola di lapangan. Udara sore itu terasa sejuk. Angin bertiup sepoi-sepoi. Mereka asyik bermain. Tiba-tiba, langit berubah mendung. Awan hitam menutupi matahari. Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola.


Langit makin gelap. Angin bertiup cukup kencang. Hujan rintik-rintik mulai turun. Udin dan Beni berlari. Mereka mencari tempat untuk berteduh.

Keadaan cuaca memang sering berubah-ubah. Pagi hari, cuaca terasa dingin. Saat siang hari, cuaca  terasa sangat panas. Sore hari, cuaca terasa dingin. Angin bertiup lebih kencang.

Hujan mulai reda. Beni dan Udin bergegas pulang ke rumah. Mereka membersihkan diri dengan

mandi air hangat. Badan mereka kembali terasa segar. Cuaca malam hari terasa lebih dingin.

Ayo Mengamati

Udara malam sehabis hujan terasa lebih dingin. Udin melanjutkan aktivitas dengan belajar. Ayo, kita bantu Udin menyelesaikan soal-soal berikut ini.

Tuliskan keadaan cuaca berdasarkan gambar di bawah ini!




Ayo Menulis

Cuaca dapat berubah sewaktu-waktu. Terkadang cerah, berawan, mendung, atau hujan.

Di bawah ini adalah simbol-simbol cuaca. Amati baik-baik.


Cuaca apa yang sering terjadi di daerahmu lima hari ini …………………..


Ayo Berlatih

Udin menonton berita prakiraan cuaca di televisi. Ibu membawakan kue bolu kesukaan Udin. Satu loyang kue bolu dengan aroma cokelat. Harum cokelatnya mengundang selera.

Lalu, kue tersebut dipotong menjadi dua. Satu kue dipotong menjadi dua. Setiap potongan disebut satu perdua atau seperdua.

Kedua potongan satu per dua dibagi lagi menjadi empat.

Sekarang setiap potongan disebut satu perempat atau seperempat.      

Ibu memotong kue menjadi delapan bagian. Berarti, setiap potongnya merupakan seperdelapan

bagian dari kue yang utuh.

Kata seperdua, seperempat, dan seperdelapan merupakan bilangan pecahan.

Ayo Berlatih

A. Mengenal pecahan sederhana

Mengenal pecahan setengah, sepertiga, seperempat, dan seperenam.

Perhatikan potongan kue A dan B di bawah ini.

Kue A

1. Satu dibagi 2 bagian yang sama.

2. Nilai tiap bagian satu per dua atau seperdua.

3. Yang diarsir 1 dari 2 bagian, nilainya 1 per 2 atau seperdua.

4. Lambang pecahan seperdua adalah 1/2

5. 1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut.

Kue B

1. Satu dibagi 4 bagian yang sama.

2.  Nilai tiap bagian satu per empat atau seperempat.

3.  Yang diarsir 1 dari 4 bagian, nilainya 1 per 4 atau seperempat.

4.  Lambang pecahan seperempat adalah  1/4

5.  1 disebut pembilang dan 4 disebut penyebut.

Ayo Beraktifitas

Hujan deras turun semalaman. Pagi hari terasa lebih dingin. Udin, Edo, dan Beni berangkat sekolah bersama. Edo memakai jaket ke sekolah. Jaket berguna untuk melindungi tubuh dari udara dingin. 

Kita memerlukan pakaian tambahan saat udara dingin. Pakaian tambahan jaket atau sweater membuat tubuh hangat.  Makanan juga dapat membuat tubuh hangat. Begitu juga minuman. Banyak makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh.

Edo dan kawan-kawan berdiskusi dengan serunya. Mereka akan mengadakan festival makanan daerah. Setiap siswa membawa makanan dari daerah asalnya. Kemudian, mereka memberikan penjelasan singkat tentang makanan tersebut.



lagu ambilkan bulan bu


Indonesia terdiri atas bermacam - macam suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki budaya yang berbeda. Namun berbeda beda tetap satu jua. Kita Bhineka Tunggal Ika artinya walau berbeda-beda tetap satu jua.


Setiap orang di dalam kelas berasal dari daerah yang berbeda - beda. Ada yang berasal dari daerah sumatera, jawa, kalimantan dan sebagainya. Setiap daerah ada suku yang berbeda - beda pula. Misalnya ada suku jawa, sunda, batak, melayu, minang.

Bebeberapa contoh suku yang ada di Indonesia antara lain :
Suku batak dari provinsi Sumatera Utara
Suku minang atau melayu dari Sumatera Barat
Suku gayo dari Aceh
Suku Jawa dari daerah jawa
Suku sunda dari jawa barat
Suku asmat dari papua dan sebagainya


Unsur - unsur yang mempengaruhi cuaca antara lain : suhu, tekanan udara dan kelembaban.


Udara yang dingin membutuhkan pakaian dan makanan yang hangat. Sedangkan udara yang panas membutugkan makanan yang menyegarkan.


 Tugasmu !


Kerjakan di buku latihan Tematik jangan lupa tulis menggunakan tulisan tegak bersambung.
Tulislah lambang pecahan untuk soal di bawah ini. (no. 1-5)


3. Bagaimana cuaca hari ini?

4. Gambarlah simbol cuaca cerah?

5. Gambarlah sebuah benda yang melambangkan bilangan 1/2?


Kerjakan latihan di buku tematik dan setelah mengerjakan latihan hari ini kalian bisa mengirimkan ke wa miss Puji ya, tetap semangat semoga kita bisa segera tatap muka 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 22 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...