MATERI AJAR
Kelas : III
Tema 5 : Cuaca
Sub Tema 1 : Keadaan cuaca
Hari/Tanggal : Selasa, 04 Januari 2022
Pembelajaran : 1 dan 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengenal pecahan 1/2, 1/3, 1/4
2. Siswa dapat memahami tentang perubahan cuaca yang ada disekitar
Materi dapat dilihat di buku tematik tema 5 dimulai dari halaman 2
Vidio pembelajaran
Ayo Membaca
Udin dan Beni bermain bola di lapangan. Udara sore itu terasa sejuk. Angin bertiup sepoi-sepoi. Mereka asyik bermain. Tiba-tiba, langit berubah mendung. Awan hitam menutupi matahari. Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola.
Langit makin gelap. Angin bertiup cukup kencang. Hujan rintik-rintik mulai turun. Udin dan Beni berlari. Mereka mencari tempat untuk berteduh.
Keadaan cuaca memang sering berubah-ubah. Pagi hari, cuaca terasa dingin. Saat siang hari, cuaca terasa sangat panas. Sore hari, cuaca terasa dingin. Angin bertiup lebih kencang.
Hujan mulai reda. Beni dan Udin bergegas pulang ke rumah. Mereka membersihkan diri dengan
mandi air hangat. Badan mereka kembali terasa segar. Cuaca malam hari terasa lebih dingin.
Ayo Mengamati
Udara malam sehabis hujan terasa lebih dingin. Udin melanjutkan aktivitas dengan belajar. Ayo, kita bantu Udin menyelesaikan soal-soal berikut ini.
Tuliskan keadaan cuaca berdasarkan gambar di bawah ini!
Ayo Menulis
Cuaca dapat berubah sewaktu-waktu. Terkadang cerah, berawan, mendung, atau hujan.
Di bawah ini adalah simbol-simbol cuaca. Amati baik-baik.
Cuaca apa yang sering terjadi di daerahmu lima hari ini …………………..
Ayo Berlatih
Udin menonton berita prakiraan cuaca di televisi. Ibu membawakan kue bolu kesukaan Udin. Satu loyang kue bolu dengan aroma cokelat. Harum cokelatnya mengundang selera.
Lalu, kue tersebut dipotong menjadi dua. Satu kue dipotong menjadi dua. Setiap potongan disebut satu perdua atau seperdua.
Kedua potongan satu per dua dibagi lagi menjadi empat.
Sekarang setiap potongan disebut satu perempat atau seperempat.
Ibu memotong kue menjadi delapan bagian. Berarti, setiap potongnya merupakan seperdelapan
bagian dari kue yang utuh.
Kata seperdua, seperempat, dan seperdelapan merupakan bilangan pecahan.
Ayo Berlatih
A. Mengenal pecahan sederhana
Mengenal pecahan setengah, sepertiga, seperempat, dan seperenam.
Perhatikan potongan kue A dan B di bawah ini.
Kue A
1. Satu dibagi 2 bagian yang sama.
2. Nilai tiap bagian satu per dua atau seperdua.
3. Yang diarsir 1 dari 2 bagian, nilainya 1 per 2 atau seperdua.
4. Lambang pecahan seperdua adalah 1/2
5. 1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut.
Kue B
1. Satu dibagi 4 bagian yang sama.
2. Nilai tiap bagian satu per empat atau seperempat.
3. Yang diarsir 1 dari 4 bagian, nilainya 1 per 4 atau seperempat.
4. Lambang pecahan seperempat adalah 1/4
5. 1 disebut pembilang dan 4 disebut penyebut.
Ayo Beraktifitas
Hujan deras turun semalaman. Pagi hari terasa lebih dingin. Udin, Edo, dan Beni berangkat sekolah bersama. Edo memakai jaket ke sekolah. Jaket berguna untuk melindungi tubuh dari udara dingin.
Kita memerlukan pakaian tambahan saat udara dingin. Pakaian tambahan jaket atau sweater membuat tubuh hangat. Makanan juga dapat membuat tubuh hangat. Begitu juga minuman. Banyak makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh.
Edo dan kawan-kawan berdiskusi dengan serunya. Mereka akan mengadakan festival makanan daerah. Setiap siswa membawa makanan dari daerah asalnya. Kemudian, mereka memberikan penjelasan singkat tentang makanan tersebut.
Tugasmu !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar