Pages

Minggu, 14 November 2021

Materi Ajar : Senin , 13 September 2021

Kelas              : III
Tema 4           : Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 4    : Kewajiban dan hakku sebagai warga negara
Hari/Tanggal  : Senin, 12 November 2021
Pembelajaran : 1

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat memahami kewajiban dan hak sebagai warga negara

2. Siswa dapat memahami pembagian dua bilangan cacah


Assalamalaikum wr wb, good morning anak soleh soleha miss Puji, jangan lupa untuk selalu semangat, mengerjakan murojaah dan solat 5 waktu ya...



kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 3 , hari ini kita masuk ke tema 4 subtema 4 pembelajaran 1 , di pembelajaran kemarin ananda sudah mempelajari kewajiban dan hak sebagai anggota masyarakat,hari ini kita akan mempelajari tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara

Mari kita pelajari pembelajaran hari ini,☺☺☺


Aku adalah warga negara Indonesia. Aku lahir dan tinggal di Indonesia.  Aku memiliki kewajiban dan hak sebagai warga negara. Aku harus melaksanakan kewajibanku. Aku harus menjadi warga negara yang baik. Aku harus belajar sungguh-sungguh. Aku harus menjadi anak yang sehat dan kuat. 

Aku sudah banyak mendapatkan hakku. Aku tinggal di lingkungan yang aman. Aku bersekolah dengan gembira. Di dekat rumahku ada klinik dan tempat ibadah.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut ini dengan percaya diri!

Lingkungan Hijau 

Dayu ke sekolah berjalan kaki. Jalan di dekat rumah  Dayu dipenuhi pohon  rindang. Udara terasa sejuk dan segar.  Jalan di depan sekolah Dayu gersang. Tidak ada pohon besar yang hijau. Di siang hari udara terasa panas. Dayu menutupi kepalanya dengan buku saat pulang.

Dayu ingin jalan di dekat sekolahnya sejuk. Dayu  berdiskusi dengan  temantemannya. Mereka sepakat menanam pohon di sekitar sekolah. Mereka akan mengajak orang tua bekerja sama. Ibu Guru mendukung keputusan anak-anak.


Ayo Berlatih

Setiap orang wajib menjaga lingkungannya agar nyaman. Salah satu cara agar lingkungan nyaman
adalah dengan menanam pohon. Lingkungan di tempat tinggal Dayu akan ditanami pohon. Pohon yang akan ditanam adalah pohon angsana. Hari ini, kecamatan akan membagikan bibit pohon angsana.
Kecamatan akan membagikannya ke seluruh kelurahan. Di kecamatan tempat tinggal Dayu ada 10 kelurahan. 

Cobalah hitung berapa banyak bibit pohon angsana yang ada di kecamatan? Hitung juga berapa banyak
bibit pohon angsana yang diterima oleh satu kelurahan?
Banyaknya kelurahan      :  10
Banyaknya bibit               :    ?
Jatah untuk 1 kelurahan   :    ?

Langkah penyelesaian :
1.  Langkah penyelesaian :
  1. Tentukan banyaknya bibit. Banyaknya bibit diwakili oleh bilangan yang harus habis dibagi 10.
  2. Tentukan jatah pohon setiap kelurahan (banyaknya bibit dibagi dengan banyaknya kelurahan)
Banyak Bibit
Jatah Pohon
Banyak Kelurahan
800:80=10

Kemungkinan lain:

Banyak Bibit
Jatah Pohon
Banyak Kelurahan
1.000:100=1

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lancar!

Siti Demam Siti kepanasan saat pulang sekolah. Di malam harinya ia demam dan badannya panas.
Ibu mengompres Siti dengan air hangat. Ibu pun menyelimutinya dengan selimut tipis. Siti masih merasa demam saat bangun tidur. Ibu ingin Siti sehat. Ibu pun membawa Siti ke Puskesmas. 
Sebagai warga negara, kita berhak mendapat fasilitas tempat berobat. Oleh karena itu, pemerintah mendirikan Puskesmas dan Rumah Sakit. Di Puskesmas dan Rumah Sakit ada dokter dan perawat yang bertugas. 
Dokter lalu memeriksa Siti. Setelah diperiksa, dokter memberinya obat dan vitamin. Dokter menyarankan agar Siti menjaga kesehatan. Ia harus banyak minum air putih hangat. Ia harus memilih jajanan yang sehat. Ia juga harus rajin mencuci tangan. Ibu dan Siti berterima kasih kepada dokter. Mereka senang berobat di Puskesmas.

TUGAS 

Kerjakan Penilaian Harian Tema 4 subtema 3
Klik link dibawah ini 

 
Kerjakan sendiri, setelah mengerjakan kirimkan foto hasil atau saat mengerjakan soal ke grup kelas ya
Smoga mendapatkan hasil yang memuaskan..
tetap semangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 15 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...