Kelas : III
Tema 4 : Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 4 : Kewajiban dan hakku sebagai warga negara
Hari/Tanggal : Selasa, 16 November 2021
Pembelajaran : 2 dan 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat memahami kewajiban dan hak sebagai warga negara
2. Siswa dapat melakukan pembagian dua bilangan cacah
PKN
Ayo Membaca
Siti Demam
Siti kepanasan saat pulang sekolah. Di malam harinya ia demam dan badannya panas. Ibu mengompres Siti dengan air hangat. Ibu pun menyelimutinya dengan selimut tipis.
Siti masih merasa demam saat bangun tidur. Ibu ingin Siti sehat. Ibu pun membawa Siti ke Puskesmas. Sebagai warga negara, kita berhak mendapat fasilitas tempat berobat. Oleh karena itu, pemerintah mendirikan Puskesmas dan Rumah Sakit. Di Puskesmas dan Rumah Sakit ada dokter dan perawat yang bertugas.
Dokter lalu memeriksa Siti. Setelah diperiksa, dokter memberinya obat dan vitamin. Dokter menyarankan agar Siti menjaga kesehatan. Ia harus banyak minum air putih hangat. Ia harus memilih jajanan yang sehat. Ia juga harus rajin mencuci tangan.
Ibu dan Siti berterima kasih kepada dokter. Mereka senang berobat di Puskesmas.
Amati kembali teks ‘Siti Demam’! Temukan kewajiban dan hak pada teks!
Ayo Berdiskusi
Dapatkah kamu menemukan kewajiban dan hak lain? Diskusikan dengan keluargamu!
Kewajiban | Hak |
---|---|
|
|
Ayo Menulis
Amati kembali teks “Siti Demam”! Tuliskan kalimat-kalimat yang menunjukkan masalah!
Masalah dan Cara Mengatasinya | |
---|---|
Masalah | Cara Mengatasi |
Siti demam dan badanya panas |
|
Siti masih merasa demam saat bangun tidur. |
|
Bahasa Indonesia
Ayo Membaca
Di Kantor Kelurahan
Siti sangat senang dapat ke sekolah lagi. Siti sudah tidak demam. Siti dan teman-temannya mengunjungi kantor kelurahan. Mereka mengajukan permintaan bibit pohon angsana. Mereka membawa surat dari sekolah.
Pak Lurah sangat senang dikunjungi anak-anak. Beliau menyampaikan agar semua orang menjaga lingkungan. Lingkungan harus bersih dan hijau. Setiap anak seharusnya memiliki satu pohon untuk dirawat. Pak Lurah memberikan anak-anak beberapa bibit pohon angsana untuk ditanam.
Anak-anak merasa sangat senang menerima bibit pohon angsana tersebut. Tidak lupa mereka mengucapkan terima kasih kepada Pak Lurah. Mereka berjanji untuk menanam dan merawat pohonnya dengan baik.
Kalimat yang menunjukan saran diantaranya adalah :
- Pak Lurah menyampaikan agar semua orang menjaga lingkungan. Lingkungan harus bersih dan hijau.
- Beliau juga menyarankan agar setiap anak seharusnya memiliki satu pohon untuk dirawat.
Ayo Mencoba
Semua orang berhak mendapat lingkungan yang hijau dan bersih. Akan tetapi, masih banyak saluran air yang tertutup sampah. Pohon-pohon juga banyak yang habis ditebang bukan? Bagaimana perasaanmu mengenai hal ini? Bagaimana pula saranmu mengenai hal ini?
Saluran air yang tertutup sampah tentu sangat mengganggu. Saluran air bukanlah tempat sampah, melainkan tempat mengalirnya air. Jika saluran air tersebut banyak digenangi sampah maka air tidak dapat mengalir dengan lancar. Beberapa saran mengenai saluran air yang tertutup sampah antara lain sebagai berikut :
- Warga masyarakat sebaiknya membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.
- Sebaiknya setiap bulan sekali diadakan kegiatan gotong royong membersihkan saluran air.
- Sebaiknya warga masyarakat mendaur ulang sampah sehingga tidak menambah jumlah sampah.
- Setiap warga sebaiknya memiliki satu lobang sampah sehingga sampah tidak dibuang ke saluran air.
Pohon-pohon yang tumbuh di lingkungan sekitar rumah meniciptakan lingkungan bersih dan hijau. Namun saat ini banyak pohon yang ditebang untuk berbagai alasan. Penebangan pohon tentunya sangat memperihatinkan. Beberapa saran mengenai banyak pohon yang habis ditebang antara lain sebagai berikut :
- Setiap warga sebaiknya tidak menebang pohon secara sembarangan.
- Warga sebaiknya melakukan penanaman kembali (tebang-tanam) daerah yang pohonya telah ditebang.
- Warga sebaiknya merawat pohon sehingga pohon-pohon terjaga kelestariannya.
- Warga sebaiknya membuat dan melaksanakan program lingkungan hijau.
Matematika
Ayo Berlatih
Pak Lurah ingin membuat wilayahnya hijau. Beliau menugaskan setiap Rukun Tetangga (RT) untuk menanam pohon angsana. Di wilayah itu terdapat 10 RT. Beliau menugaskan 10 RT untuk menanam. Berapa banyak bibit yang dimiliki Pak Lurah? Berapa banyak bibit yang diterima setiap RT? Tentukan Jumlah bibit yang dimiliki Pak Lurah! Tentukan banyak bibit yang diterima setiap RT! Berlatihlah dengan menulis lima kemungkinan!
berikut contoh 5 kemungkinannya :
Banyak Bibit di Kelurahan | Dibagi | Banyak Bibit untuk RT | Sama Dengan | Banyak RT yang Ditugaskan |
---|---|---|---|---|
950 | : | 95 | = | 10 |
1.000 | : | 100 | = | 10 |
900 | : | 90 | = | 10 |
980 | : | 98 | = | 10 |
920 | : | 92 | = | 10 |
Ayo Mencoba
Buatlah cerita seperti teks "Di Kantor Kelurahan"! Tentukan banyaknya RT, banyaknya bibit di Kelurahan, dan banyaknya bibit yang diterima RT!
Bapak Ketua Rukun Warga 04 Desa Lumbir ingin melaksanakan program penghijauan di lingkungan wilayahnya. Beliau menugaskan setiap Rukun Tetangga (RT) untuk menanam pohon mahoni. Di wilayah RW 04 Desa Lumbir terdapat 8 RT. Beliau menugaskan 8 RT untuk menanam pohon mahoni. Berapa banyak bibit yang dimiliki Pak Ketua RW? Berapa banyak bibit yang diterima setiap RT? Tentukan Jumlah bibit yang dimiliki Pak Ketua RW! Tentukan banyak bibit yang diterima setiap RT! Berlatihlah dengan menulis lima kemungkinan!
Banyak Bibit di RW 04 | Dibagi | Banyak Bibit untuk RT | Sama Dengan | Banyak RT yang Ditugaskan |
---|---|---|---|---|
1.000 | : | 125 | = | 8 |
880 | : | 110 | = | 8 |
920 | : | 115 | = | 8 |
720 | : | 90 | = | 8 |
960 | : | 120 | = | 8 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar