MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA,
KELAS/SEMESTER : III/1
TEMA 4 : KEWAJIBAN DAN HAKKU
SUB TEMA 3 : KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA
PEMBELAJARAN KE- : 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak dalam bertentangga
2. Siswa dapat memahami perkalian dua bilangan cacah
Assalamualaikum wr wb , Apa kabar anak soleh solehah?
Semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan bersemangat
Sebelum mulai pembelajaran jangan lupa untuk solat duha dan murojaah terlebih dahulu
kemarin kita sudah mempelajari tema 4 subtema 2 pembelajaran 5 dan 6 ,hari ini kita masuk ke subtema 3 pembelajaran 1, tentang kewajiban dan hakku dalam bertetangga
silahkan simak vidio pelajaran hari ini anak soleh soleha
Materi :
Kalimat Saran
Perkalian Dua Bilangan Cacah
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, tetangga adalah orang yang tinggal disebelah rumah kita, orang yang tinggal berdekatan rumah dengan kita, sedangkan bertetangga adalah hidup berdekatan karena bersebelahan rumah.
Ayo Membaca
Orang yang tinggal di dekat rumahmu disebut tetangga. Apakah kamu mengenal tetanggamu? Ceritakanlah!
Bacalah percakapan Lani dan ibunya berikut ini!
Tetangga Baru
Lani | : | Ibu, aku mempunyai teman baru. Sudah hampir seminggu dia tinggal di dekat rumah kita. |
Ibu | : | Bagus sekali, nak! Kamu pasti sangat senang. |
Lani | : | Tentu, ibu. Ibu Guru berpesan sebaiknya kita mengenal tetangga. Mengenal tetangga adalah kewajiban kita. |
Ibu | : | Betul sekali, nak. Mereka juga mempunyai hak untuk dikenal. Apakah kamu senang mengenalnya, nak? |
Lani | : | Tentu, bu. Dia sudah kelas V SD. Dia pandai menggambar. |
Ibu | : | Sebaiknya kau ajak dia ke rumah! Kenalkan kepada ibu. Kenalkan juga kepada teman-temanmu. |
Lani | : | Tentu, ibu. Terima kasih mengizinkan aku bermain dengannya. |
Berikut beberapa pernyataan dan sarannya!
- Lani mempunyai tetangga baru. Lani belum mengenalnya. Apa saranmu untuk Lani?Sebaiknya Lani mengenalkan dirinya terlebih dahulu kepada tetangga baru tersebut.
- Tetangga Lani baru saja menempati rumah barunya. Dia belum berkenalan dengan tetangganya. Apa saranmu untuknya? Sebaiknya Lani mendatangi rumah tetangga baru tersebut dan memperkenalkan diri.
- Lani harus dapat memulai perkenalan. Lani belum tahu cara memulai perkenalan. Apa saranmu?
- Lani bertemu dengan ibu Dayu di jalan. Apa yang seharusnya Lani lakukan?
- Senangkah kamu mempunyai tetangga? Apa yang seharusnya kamu lakukan kepada tetanggamu?
Matematika
Lani dan ibunya ingin berkunjung ke rumah tetangga baru mereka. Ibu membuat kue bawang untuk dibawa. Jumlah kue bawang ibu sebanyak 800 batang. Ibu meletakkan kue bawang ke dalam empat buah toples. Masing-masing toples terisi kue bawang yang sama banyak. Berapa kemungkinan toples yang digunakan? Berapa isi kue bawang di masing-masing toples?
Bila ibu membeli 10 buah toples, berapa isi masingmasing toples?
10 x ... = 800
Maka jawabannya adalah: 80. Jadi, masing-masing toples berisi 80 buah kue bawang.
Tuliskan kemungkinan lainnya!
Ingatlah bahwa setiap toples harus terisi kue bawang yang sama banyak.
1 | 2 | x | 400 | = | 800 |
2 | 4 | x | 200 | = | 800 |
3 | 5 | x | 160 | = | 800 |
4 | 8 | x | 100 | = | 800 |
5 | 10 | x | 80 | = | 800 |
TUGAS
Hari ini kita mengambil ulangan TEMA 4 SUBTEMA 2
silahkan klik link dibawah ini
semoga mendapatkan hasil yang memuaskan anak soleh soleha
Apabila sudah mengerjakan foto hasil atau foto saat mengerjakan bisa dikirim ke miss Puji ya...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar