Pages

Minggu, 07 November 2021

Materi Ajar : Senin, 08 November 2021


MATA PELAJARAN         : BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA, 

KELAS/SEMESTER         : III/1

  TEMA 4                                : KEWAJIBAN DAN HAKKU

SUB TEMA 3                       : KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA

PEMBELAJARAN  KE-    : 1


Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak dalam bertentangga

2. Siswa dapat memahami perkalian dua bilangan cacah

 


Assalamualaikum wr wb , Apa kabar anak soleh solehah? 

Semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan bersemangat
Sebelum mulai pembelajaran jangan lupa untuk solat duha dan murojaah terlebih dahulu

kemarin kita sudah mempelajari tema 4 subtema 2 pembelajaran 5 dan 6 ,hari ini kita masuk ke subtema 3 pembelajaran 1, tentang kewajiban dan hakku dalam bertetangga

silahkan simak vidio pelajaran hari ini anak soleh soleha


Materi  :


Kalimat Saran

Perkalian Dua Bilangan Cacah





Orang yang tinggal di dekat rumahmu disebut tetangga.  Setiap orang berkewajiban menjadi tetangga yang baik. Kita wajib bersyukur memiliki tetangga yang baik. Jadilah tetangga yang baik!


Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, tetangga adalah orang yang tinggal disebelah rumah kita, orang yang tinggal berdekatan rumah dengan kita, sedangkan bertetangga adalah hidup berdekatan karena bersebelahan rumah.


Ayo Membaca

Orang yang tinggal di dekat rumahmu disebut tetangga. Apakah kamu mengenal tetanggamu? Ceritakanlah!

Bacalah percakapan Lani dan ibunya berikut ini!




Tetangga Baru

Lani:Ibu, aku mempunyai teman baru. Sudah hampir seminggu dia tinggal di dekat rumah kita.
Ibu:Bagus sekali, nak! Kamu pasti sangat senang.
Lani:Tentu, ibu. Ibu Guru berpesan sebaiknya kita mengenal tetangga. Mengenal tetangga adalah kewajiban kita.
Ibu:Betul sekali, nak. Mereka juga mempunyai hak untuk dikenal. Apakah kamu senang mengenalnya, nak?
Lani:Tentu, bu. Dia sudah kelas V SD. Dia pandai menggambar.
Ibu:Sebaiknya kau ajak dia ke rumah! Kenalkan kepada ibu. Kenalkan juga kepada teman-temanmu.
Lani:Tentu, ibu. Terima kasih mengizinkan aku bermain dengannya.

Berikut beberapa pernyataan dan sarannya!
  1. Lani mempunyai tetangga baru. Lani belum mengenalnya. Apa saranmu untuk Lani?Sebaiknya Lani mengenalkan dirinya terlebih dahulu kepada tetangga baru tersebut. 
  2. Tetangga Lani baru saja menempati rumah barunya. Dia belum berkenalan dengan tetangganya. Apa saranmu untuknya? Sebaiknya Lani mendatangi rumah tetangga baru tersebut dan memperkenalkan diri.
  3. Lani harus dapat memulai perkenalan. Lani belum tahu cara memulai perkenalan. Apa saranmu? 
  4. Lani bertemu dengan ibu Dayu di jalan. Apa yang seharusnya Lani lakukan? 
  5. Senangkah kamu mempunyai tetangga? Apa yang seharusnya kamu lakukan kepada tetanggamu? 


Matematika

Lani dan ibunya ingin berkunjung ke rumah tetangga baru mereka. Ibu membuat kue bawang untuk dibawa. Jumlah kue bawang ibu sebanyak 800 batang. Ibu meletakkan kue bawang ke dalam empat buah toples. Masing-masing toples terisi kue bawang yang sama banyak. Berapa kemungkinan toples yang digunakan? Berapa isi kue bawang di masing-masing toples?




Bila ibu membeli 10 buah toples, berapa isi masingmasing toples?
10 x ... = 800
Maka jawabannya adalah: 80. Jadi, masing-masing toples berisi 80 buah kue bawang.
Tuliskan kemungkinan lainnya!

Ingatlah bahwa setiap toples harus terisi kue bawang yang sama banyak.
12x400=800
24x200=800
35x160=800
48x100=800
510x80=800

TUGAS
Hari ini kita mengambil ulangan TEMA 4 SUBTEMA 2
silahkan klik link dibawah ini



semoga mendapatkan hasil yang memuaskan anak soleh soleha 

Apabila sudah mengerjakan foto hasil atau foto saat mengerjakan bisa dikirim ke miss Puji ya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 15 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...