MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Senin,27 September 2021
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 3
Siswa dapat menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku,untuk panjang , berat dan waktu
Assalamalaikum wr wb, good morning anak soleh soleha miss Puji, jangan lupa untuk selalu semangat, mengerjakan murojaah dan solat duha dan 5 waktunya...
kemarin ananda sudah mengerjakan tema 3 subtema 2 pembelajaran 1, hari ini kita masuk ke tema 3 subtema 2 pembelajaran 2 , di pembelajaran kemarin ananda sudah mempelajari volume benda, hari ini kita akan mempelajari sifat benda
Vidio pembelajaran hari ini:
Benda Padat
Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa benda-benda tersebut digolongkan sebagai benda padat? Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut!
2. Tuliskan sifat benda padat berdasarkan pengamatanmu!
Bentuk benda padat tidak dipengaruhi wadahnya. Benda padat tidak berubah bentuk jika hanya berpindah tempat. Misalnya saja, kacang goreng yang ada di piring.
Bentuk benda padat dapat diubah. Piring yang jatuh berserakan, kertas sobek, dan kacang tanah yang hancur setelah digerus, adalah contoh dari benda padat yang diubah. Perlakuan tertentu yang dilakukan oleh manusia pada berbagai benda padat itu disebut juga dengan gaya.
Ayo Mencoba
Kamu telah menuliskan pendapatmu berdasarkan pengamatan. Sekarang, lakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda padat.
Mengetahui Sifat Benda Padat
Lakukan secara berkelompok. Kumpulkan benda-benda padat di sekitar sekolahmu.
A. Alat dan Bahan
1. Ember
2. Gelas
3. Kantong plastik
B. Langkah-Langkah Percobaan
Masukkan benda yang kamu kumpulkan ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
Catatlah hasil percobaanmu ke dalam tabel di bawah ini. Lihat contoh nomor 1.
No. | Nama Benda | Bentuknya Berubah Sesuai Tempat | Bentuknya Tetap Walaupun Tempatnya Berubah | Dapat Digenggam | Tidak Dapat Digenggam |
---|---|---|---|---|---|
1. | Pensil | x | √ | √ | x |
2. | Karet Penghapus | x | √ | √ | x |
3. | Kerikil | x | √ | √ | x |
4. | Kelerang | x | √ | √ | x |
5. | Rautan Pensil | x | √ | √ | x |
Gerakkanlah kakimu dengan dua jenis gerakan.
LATIHAN
Selesaikan soal di bawah ini di buku latihanmu
1. Udin dan Beni akan berlomba lari. Jarak yang akan ditempuh 350 m.
2. Jarak rumah Edo ke sekolah 4500 m. Jarak rumah Siti ke sekolah 3000 m.
3. Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda.
4. Lani dan keluarganya pergi ke Bandung naik bus. Jarak Jakarta ke Bandung 130 km. Bus telah menempuh jarak dari Jakarta ke Bandung sejauh 50.000 m.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar