Pages

Minggu, 26 September 2021

Materi ajar : Senin, 27 September 2021

MATERI AJAR


Hari/Tanggal : Senin,27 September 2021
Kelas : III
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 3

Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari

Siswa dapat mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku,untuk panjang , berat dan waktu



Assalamalaikum wr wb, good morning anak soleh soleha miss Puji, jangan lupa untuk selalu semangat, mengerjakan murojaah dan solat duha dan 5 waktunya...


kemarin ananda sudah mengerjakan tema 3 subtema 2 pembelajaran 1, hari ini kita masuk ke  tema 3 subtema 2 pembelajaran 2 , di pembelajaran kemarin ananda sudah mempelajari volume benda, hari ini kita akan mempelajari sifat benda 

Vidio pembelajaran hari ini:


Bahasa Indonesia 3.1

Benda Padat

Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa benda-benda tersebut digolongkan sebagai benda padat? Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut!
 
Lakukan pengamatan sebagai berikut!
1. Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!
2. Tuliskan sifat benda padat berdasarkan pengamatanmu!

Bentuk benda padat tidak dipengaruhi wadahnya. Benda padat tidak berubah bentuk jika hanya berpindah tempat. Misalnya saja, kacang goreng yang ada di piring.

Bentuk benda padat dapat diubah. Piring yang jatuh berserakan, kertas sobek, dan kacang tanah yang hancur setelah digerus, adalah contoh dari benda padat yang diubah. Perlakuan tertentu yang dilakukan oleh manusia pada berbagai benda padat itu disebut juga dengan gaya.

Ayo Mencoba
Kamu telah menuliskan pendapatmu berdasarkan pengamatan. Sekarang, lakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda padat.

Mengetahui Sifat Benda Padat
Lakukan secara berkelompok. Kumpulkan benda-benda padat di sekitar sekolahmu.

A. Alat dan Bahan
1. Ember
2. Gelas
3. Kantong plastik

B. Langkah-Langkah Percobaan

Masukkan benda yang kamu kumpulkan ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
Catatlah hasil percobaanmu ke dalam tabel di bawah ini. Lihat contoh nomor 1.

No.Nama BendaBentuknya Berubah Sesuai TempatBentuknya Tetap Walaupun Tempatnya BerubahDapat DigenggamTidak Dapat Digenggam
1.Pensilxx
2.Karet Penghapusxx
3.Kerikilxx
4.Kelerangxx
5.Rautan Pensilxx


https://www.youtube.com/watch?v=K_Lcke4W4fE

Gerakkanlah kakimu dengan dua jenis gerakan. 
Gerakan yang lemah lembut dan gerakan yang kuat! 
Lakukan dengan iringan lagu di atas. 
Lakukan gerakan kaki yang telah diajarkan sebelumnya!

Matematika
Contoh pengerjaan latihan :
Soal
Raka dan Aisyah akan berlomba lari. Jarak yang akan ditempuh 500 m. 
Lomba pun segera dimulai. Saat Raka telah sampai ke garis akhir, 
Aisyah baru menempuh 200 m. 
Berapa meter sisa jarak yang harus ditempuh Aisyah sampai ke garis akhir!

Jawab:
jarak 500m
Aisyah baru menempuh 200m
500m-200m = 300m


LATIHAN

Selesaikan soal di bawah ini di buku latihanmu
1. Udin dan Beni akan berlomba lari. Jarak yang akan ditempuh 350 m. 
Lomba pun segera dimulai. Saat Udin telah sampai ke garis akhir, 
Beni baru menempuh 200 m. 
Berapa meter sisa jarak yang harus ditempuh Beni sampai ke garis akhir!

2. Jarak rumah Edo ke sekolah 4500 m. Jarak rumah Siti ke sekolah  3000 m. 
Berapa meter perbedaan jarak rumah Siti dan Edo dari sekolah?

3. Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda. 
Jarak yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km. 
Setelah menempuh jarak 2 km dari rumahnya, ban sepeda Udin bocor. 
Akhirnya, Udin menuntun sepedanya sampai ke sekolah. 
Berapa km jarak yang ditempuh Udin menuntun sepeda sampai ke sekolah?

4. Lani dan keluarganya pergi ke Bandung naik bus. 
Jarak Jakarta ke Bandung 130 km. Bus telah menempuh jarak dari Jakarta ke Bandung sejauh 50.000 m. 
Berapa km sisa jarak yang harus ditempuh bus tersebut!
1 Km = 1000 m

Setelah selesai mengerjakan , tugas dapat dikirimkan ke wa ibu guru , tetap semangat anak soleh soleha..
Wassalammualaikum wr wb



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 15 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...